Advertorial

Bertemu CEO Bandara Jeddah, Menhub Tawarkan Peluang Investasi Bandara Haji dan Umrah di Indonesia

Kompas.com - 03/12/2023, 13:47 WIB

KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) Port Projects Management & Development Co Ltd (PPMDC) Adnan MT Al-Saggaf dalam kunjungan kerjanya ke Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (2/12/2023).

Sebagai informasi, PPMDC merupakan operator bandara pertama di Arab Saudi. Saat ini, PPMDC mengoperasikan Bandara Haji King Abdul Aziz, Jeddah.

Dalam pertemuan tersebut, Menhub menawarkan peluang kerja sama investasi di sejumlah bandara di Indonesia yang melayani penerbangan haji dan umrah.

“Kami menawarkan investasi berbentuk joint venture bersama dengan operator bandara di Indonesia dalam rangka mengembangkan bandara di Indonesia. Kerja sama ini juga dapat meningkatkan konektivitas antara bandara haji dan umrah di Indonesia dengan bandara di Jeddah dan Madinah,” ujar Menhub dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (3/12/2023).

Menhub mengungkapkan bahwa saat ini, Indonesia memiliki sejumlah bandara yang melayani penerbangan haji dan umrah .

"Ada beberapa bandara embarkasi haji dan umrah di Indonesia yang dapat dikerjasamakan,” ucapnya.

Sementara itu, Adnan MT Al-Saggaf menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi di bandara yang melayani penerbangan haji dan umrah di Indonesia.

“Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun dan pengelola bandara haji di Jeddah, PPMDC yakin dapat memberikan yang terbaik bagi pengelolaan bandara haji dan umrah di Indonesia,” tutur Adnan.

Untuk diketahui, PPMDC sudah melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan Angkasa Pura 2 (AP 2) untuk penjajakan kerja sama pengoperasian dan pengembangan terminal haji dan umrah .

Hingga 2023, Indonesia memiliki 13 bandara yang digunakan untuk embarkasi penerbangan haji dan enam bandara embarkasi haji.

Adapun 13 bandara untuk embarkasi penerbangan haji, yakni Sultan Iskandar Muda (BTJ/Banda Aceh), Kualanamu (KNO/Medan), Minangkabau (PDG/Padang), Hang Nadim (BTH/Batam), Mahmud Badaruddin II (PLM/Palembang), Soekarno Hatta (CKG/Cengkareng), Adi Sumarmo (SOC/Solo), Juanda (SUB/Surabaya), Syamsudin Noor (BDJ/Banjarmasin), Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (BPN/Balikpapan), Sultan Hasanuddin (UPG/Makassar), Lombok (LOP/Praya), dan Kertajati (KJT/Majalengka).

Sementara itu, 6 bandara embarkasi haji adalah Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Fatmawati Soekarno Bengkulu, Depati Amir Bangka Belitung, Radin Inten II Lampung, dan Djalaluddin Gorontalo. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com