Advertorial

Produk FMCG Lokal Berjaya di Festival Belanja Lazada 11.11

Kompas.com - 04/12/2023, 09:48 WIB

KOMPAS.com – Produk kategori kebutuhan sehari-hari atau fast-moving consumer goods (FMCG), khususnya subkategori Household, Personal Care, dan Beauty, dari jenama lokal laris manis pada kampanye Lazada Festival Belanja 11.11 yang digelar pada Sabtu (11/11/2023) hingga Rabu (15/11/2023).

Pertumbuhan penjualan tersebut menunjukkan dukungan kuat dari konsumen terhadap produk lokal asli Indonesia.

Category Director LazMall FMCG Lazada Indonesia Lia Kurtz mengatakan bahwa Lazada senantiasa memberikan dukungan penuh terhadap semua jenama yang berpartisipasi pada Lazada Festival Belanja 11.11, khususnya jenama lokal yang semakin berjaya.

“Kategori FMCG tetap menjadi kategori yang selalu dicari masyarakat secara daring. Kategori ini juga mencatatkan pertumbuhan yang signifikan sejak pandemi Covid-19,” ujar Lia dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com.

Lia menjelaskan, sebagai mitra e-commerce resmi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2023 dan dengan kesuksesan Lazada Festival Belanja 11.11, Lazada Indonesia kembali menegaskan komitmennya untuk terus mendukung produk-produk lokal.

“Kami juga berkomitmen penuh untuk membangun ekosistem bisnis yang kuat serta memberikan pengalaman belanja online yang menyenangkan dan bermakna bagi konsumen di Indonesia,” kata Lia.

Kategori Beauty alami peningkatan signifikan

Pada hari pertama gelaran Lazada Festival Belanja 11.11, kategori Beauty mencatat peningkatan yang signifikan ketimbang gelaran festival sebelumnya.

Dalam satu hari, jenama kecantikan lokal Somethinc, bahkan mencatatkan penjualan yang lebih tinggi ketimbang total penjualan selama lima hari pada gelaran Lazada Festival Belanja 9.9.

“Konsumen juga menunjukkan minat tinggi terhadap produk tabir surya (sunscreen) serta kecantikan dari jenama lokal lain, seperti Azarine, Facetology, dan Emina,” jelas Lia.

Sementara, penjualan sunscreen dari jenama Facetology sendiri mencatatkan peningkatan dua kali lipat pada hari pertama Lazada Festival Belanja 11.11 jika dibandingkan penjualan pada festival belanja sebelumnya.

Lia menambahkan, produk perawatan wajah (skincare) pria juga mencuri perhatian konsumen di kanal LazBeauty, terutama dari jenama Kahf.

Adapun tiga produk utama dari Kahf yang paling dicari adalah face wash and scrub, sunscreen, dan fragrance.

Pertumbuhan positif kategori Household

Lia menjelaskan, Lazada Festival Belanja 11.11 juga mencatatkan pencapaian mengesankan pada kategori produk Household.

“Penjualan WINGS Group untuk kategori Household meningkat sebesar 30 persen. Top 10 item Household dari WINGS Group tumbuh 20 persen. Penjualan deterjen DAIA sendiri mencapai pertumbuhan hampir 100 persen,” papar Lia.

Sementara, permintaan produk lokal Household lain, seperti Mama Lemon, Rapika, Sosoft, dan Supersol, mengalami pertumbuhan tiga digit.

Hal tersebut juga terlihat pada peningkatan kunjungan (traffic) konsumen yang memberikan dukungan tambahan bagi produk-produk lokal, seperti pada produk laundry supplies DAIA dan Soklin yang memimpin kategori tersebut.

Lia menambahkan, peningkatan hasil penjualan jenama lokal juga tidak luput dari sistem mekanisme gratis ongkos kirim (ongkir) di Lazada.

Tanpa perlu mengumpulkan voucer, pengguna bisa menikmati layanan gratis ongkir secara otomatis tanpa batasan pembelian minimum. Layanan ini tersedia hingga 11 kali dalam seminggu.

“Promosi lain seperti Buy 1 Get 1 juga memberikan dampak signifikan dalam memastikan pengalaman yang 100 persen happy bagi konsumen,” imbuh Lia.

Dengan kesuksesan Lazada Festival Belanja 11.11, Lazada Indonesia kembali menegaskan komitmennya untuk terus mendukung produk-produk lokal, membangun ekosistem bisnis yang kuat, serta memberikan pengalaman belanja online yang menyenangkan dan bermakna bagi konsumen di Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com