Advertorial

Hadapi Pancaroba, Begini Cara Jaga Imun Anak biar Enggak Gampang Flu

Kompas.com - 04/12/2023, 12:45 WIB

KOMPAS.com – Sejumlah wilayah di Indonesia mulai mengalami peralihan dari musim kemarau ke musim hujan atau pancaroba.

Pada musim itu, cuaca cenderung tidak menentu. Terkadang, cuaca terasa panas dan kering. Pada waktu lain, cuaca dingin disertai angin kencang.

Dengan kondisi tersebut, virus lebih mudah berkembang biak. Anak-anak pun rentan terkena paparan virus, khususnya flu.

Oleh sebab itu, peningkatan daya tahan tubuh atau imunitas menjadi kunci penting untuk mencegah anak terserang flu saat musim pancaroba.

Orangtua perlu tahu, kunci penting untuk menjaga imunitas adalah memastikan kualitas tidur terjaga. Sebab, kualitas tidur yang terganggu dapat membuat stamina menurun dan tubuh pun mudah terserang penyakit.

Menurut National Sleep Foundation, waktu tidur ideal anak-anak berusia 3-5 tahun adalah 10-13 jam per hari. Sementara, anak berusia 6-13 tahun disarankan tidur antara 9-11 jam per hari.

Kemudian, orangtua juga perlu memastikan tubuh anak tetap dalam keadaan hangat agar flu tidak mudah menyerang. Sebab, suhu dingin dan berangin pada musim pancaroba dapat melemahkan ketahanan tubuh.

Saat keluar rumah, biasakan anak untuk menggunakan pakaian hangat atau jaket. Kemudian, sediakan payung, jas hujan, dan pakaian ganti.

Hal yang juga perlu dilakukan untuk melindungi anak dari serangan virus flu saat pancaroba adalah memastikan kebersihan anak dan lingkungannya tetap terjaga.

Udara yang lembap saat pancaroba membuat mikroorganisme, termasuk virus flu, berkembang biak lebih cepat.

Untuk menangkalnya, pastikan anak untuk menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari. Kemudian, ajak anak untuk disiplin menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PBHS) dengan rajin mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir.

Vaksinasi influenza dan pola makan sehat

Tak hanya dari luar, perlindungan tubuh dari serangan virus flu juga perlu dilakukan dari dalam. Salah satunya adalah dengan melakukan vaksinasi influenza.

Seperti diketahui, vaksinasi merupakan langkah preventif untuk melindungi tubuh anak dari paparan virus.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa vaksinasi flu pada anak-anak dapat menurunkan risiko komplikasi influenza hingga 60 persen.

“Berdasarkan jadwal imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) 2020 mengenai aturan vaksin, anak berusia di bawah 9 tahun yang belum pernah diberikan vaksin flu perlu diberikan dosis vaksin flu sebanyak dua kali dengan jeda waktu satu bulan,” jelas Siti seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (19/11/2023).

Untuk anak berusia di atas 9 tahun, pemberian vaksin flu harus dilakukan secara rutin setiap satu tahun sekali.

Selain vaksin, daya tahan tubuh anak saat pancaroba juga dapat terjaga dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Sebab, asupan gizi seimbang berperan penting dalam menjaga imunitas.

Gizi yang seimbang bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, serta menjaga kecukupan cairan tubuh.

Pastikan anak untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B, vitamin C, seng, dan vitamin D. Kemudian, batasi konsumsi gula, garam, dan minyak berlebih.

Untuk mendukung pemenuhan nutrisi, orangtua juga dapat memberikan susu pertumbuhan ke dalam menu harian anak, seperti produk dari Morinaga MoriCare+ Triple Bifi.

Susu Pertumbuhan tersebut merupakan sinergi nutrisi yang mendukung kecerdasan multitalenta dan pertahanan tubuh ganda.

Sebagai informasi, Morinaga MoriCare+ Triple Bifi dilengkapi probiotik Triple Bifi dan prebiotik GOS yang dapat meningkatkan jumlah probiotik bifidobakterium atau bakteri baik dalam usus sehingga kesehatan anak selalu terlindungi, terlebih saat musim pancaroba.

Adapun Morinaga MoriCare+ Triple Bifi hadir dengan formula baru, yakni vitamin C, zink, dan vitamin A yang lebih banyak untuk membantu menjaga daya tahan tubuh si kecil, serta zero sugar.

Susu pertumbuhan tersebut juga mengandung magnesium, vitamin D, kalsium, dan mineral yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

Kandungan omega-3 dan omega-6, zat besi, serta arachidonic acid (AA) dan docosahexanoic acid (DHA) lebih tinggi juga terdapat dalam Morinaga MoriCare+ Triple Bifi. Kandungan ini dapat membantu anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan multitalenta.

Informasi lebih lanjut mengenai Morinaga MoriCare+ Triple Bifi bisa Anda dapatkan dengan mengeklik tautan ini.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com