Advertorial

Unair Juara 3 Terbaik Nasional di Ajang PIMNAS Ke-36

Kompas.com - 04/12/2023, 16:06 WIB

KOMPAS.com – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 yang berlangsung di Universitas Padjadjaran (Unpad) resmi ditutup pada Kamis (30/11/2023).

Pada ajang tersebut, kontingen Universitas Airlangga (Unair) berhasil menyabet gelar Juara 3 Nasional.

Direktur Kemahasiswaan Unair Prof Dr M Hadi Subhan, SH, MH, CN, mengatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur mengenai capaian tersebut. Pasalnya, capaian itu diraih oleh hampir setengah dari tim yang berangkat.

“Tim kami yang berangkat hanya sembilan (orang). Setengahnya mendapatkan medali. Empat di antaranya adalah medali emas,” ujar Prof Hadi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (4/12/2023).

Prof Hadi mengatakan, capaian tersebut juga menjadi bukti bahwa Unair memiliki kualitas tim yang unggul, meski tim yang berangkat tidak sebanyak kampus lain.

Apalagi, beberapa kampus yang masuk pada lima besar nasional hampir semuanya mengirimkan tim lebih besar dari tim Unair.

“Kita semua tahu, beberapa kampus yang lolos ke PIMNAS (ke-36) mengirimkan banyak tim, tapi raihan emasnya hanya selisih sedikit dengan Unair. Ini membuktikan kualitas tim kami sangat bagus,” jelasnya.

Siap jadi tuan rumah

Tidak hanya itu, Prof Hadi juga menekankan bahwa capaian juara tiga nasional juga sebagai salah satu pelecut semangat bagi Unair. Terlebih, Unair bakal menjadi tuan rumah PIMNAS ke-37 pada 2024.

“Prestasi ini akan menjadi pelecut semangat kita semua. Mengingat tahun depan, Unair akan menjadi tuan rumah PIMNAS. Dari juara tiga, semoga tahun depan Unair bisa meraih juara umum,” tutur Prof Hadi.

Mahasiswa bertalenta

Tidak hanya raihan medali emas, tiga mahasiswa Unair juga meraih penghargaan sebagai mahasiswa bertalenta. Penghargaan ini diraih atas penilaian pribadi mahasiswa selama proses kompetisi di laga PIMNAS ke-36.

“Prestasi yang membanggakan juga diraih mahasiswa-mahasiswa kami dalam PIMNAS ini. Terdapat 3 mahasiswa Unair yang mendapatkan penghargaan sebagai mahasiswa bertalenta,” ungkapnya.

Terakhir, Prof Hadi berpesan kepada semua tim dan seluruh sivitas akademika Unair untuk menargetkan gelar juara umum pada PIMNAS ke-37.

“Sudah saatnya Unair meraih juara umum. Setelah lebih dari 20 tahun tidak menjadi tuan rumah, tahun depan adalah momen tepat untuk Unair meraih itu,” tegasnya.

Menurutnya, PIMNAS sebagai kompetisi ilmiah merupakan bagian dari semua sivitas akademika.

“Jadi, jangan takut untuk terus mengasah kemampuan dan nalar ilmiah kita. Karena ini (PIMNAS) adalah bagian dari kita,” jelas Prof Hadi.

Sebagai informasi, berikut rincian capaian Unair pada gelaran PIMNAS ke-36 di Unpad.

  • 3 Emas Presentasi PKM-RE
  • 1 Emas Presentasi PKM-K
  • 1 Perunggu Presentasi PKM-PM
  • 1 Perak Poster PKM GFT
  • 1 Favorit PKM-KC

Posisi Unair berada di bawah UGM sebagai juara umum dan IPB sebagai juara dua. Unair berada di atas ITS sebagai juara keempat dan UM sebagai juara kelima.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com