Advertorial

Tingkatkan Kompetensi,PNM Fasilitasi Nasabah Mekaar Studi Banding ke Thailand

Kompas.com - 06/12/2023, 09:19 WIB

KOMPAS.com – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) kembali memfasilitasi studi banding bagi nasabah binaannya. Kali ini, PNM memberangkatkan 15 nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia untuk studi banding ke Thailand.

Kelima belas nasabah itu berasal dari Jambi, Lampung, Kabanjahe, Medan, Jakarta, Bandung, Purwokerto, Pati, Balikpapan, Bekasi, Makassar, Malang, Manado, Lamongan, dan Madiun.

Studi banding tersebut bertujuan untuk memberikan modal intelektual bagi nasabah PNM Mekaar, selain modal finansial dan sosial.

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengatakan bahwa studi banding bukan hanya soal perjalanannya, melainkan juga potensi ide untuk pengembangan usaha nasabah.

"Selain menambah wawasan dan cakrawala, ibu-ibu bisa mengambil informasi yang bisa ditiru dan disesuaikan dengan kemampuan usaha masing-masing," ujar Arief dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (5/12/2023).

Studi banding itu, lanjutnya, juga dimaksudkan untuk mendorong nasabah PNM Mekaar agar dapat meningkatkan relasi serta pengetahuan baru tentang cara usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Thailand berkembang.

Ia pun berharap, para peserta dapat termotivasi untuk mengembangkan usaha, memperluas mindset agar bisa bersaing secara global, dan menjadi penyemangat bagi nasabah lainnya.

Adapun pemilihan Thailand sebagai tempat studi banding didasari kemiripan Program One Tambon One Product (OTOP) dengan salah satu program di PNM.

Arief menuturkan, program tersebut sesuai dengan program klasterisasi yang telah dilakukan oleh PNM, baik secara sektoral maupun teritorial.

“OTOP di Thailand sama dengan program klasterisasi di PNM, yaitu mendorong satu desa (memiliki) satu produk unggulan,” tambah Arief.

Ia juga berharap, nasabah yang mengikuti studi banding bisa meningkatkan pengetahuan dan produktivitas usahanya serta berbagi pengalaman dengan sesama anggota PNM Mekaar setelah kembali dari Thailand.

Salah satu nasabah asal Balikpapan, Nurbaya, mengaku sangat bahagia karena terpilih menjadi peserta studi banding. Baginya, pengalaman tersebut sangat berharga karena bisa belajar sampai ke luar negeri.

“Ini pertama kalinya saya naik pesawat dan langsung ke Thailand. Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PNM karena tidak pernah bermimpi bisa belajar sampai ke luar negeri,” katanya dengan haru.

Sebagai informasi, penyelenggaraan studi banding merupakan komitmen PNM dalam memberdayakan nasabah lewat pendampingan, selain pembiayaan.

Studi banding sebagai salah satu bentuk pendampingan agar nasabah memiliki kepercayaan diri dalam penguasaan pasar ke depan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membuka akses dan cakrawala bagi para nasabah.

Lewat kegiatan itu pula, PNM mendatangkan nasabah dari pulau yang berbeda-beda untuk berkumpul dan belajar bersama-sama tanpa dikenakan biaya apa pun. Karena itu, program tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh para nasabah.

Tidak berhenti sampai studi banding, nasabah terpilih akan dibina secara berkelanjutan dan diharapkan mampu memberikan semangat kepada nasabah lain.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com