Advertorial

Puncak Peringatan HDI 2023, Pemkab Klaten Luncurkan Aksidifa

Kompas.com - 06/12/2023, 14:54 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 di Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (6/12/2023).

Pada kegiatan yang diikuti ratusan perwakilan kelompok difabel se-Kabupaten Klaten itu, Bupati Klaten Sri Mulyani turut meluncurkan aplikasi Aksidifa.

Ketua Panitia Penyelenggara Peringatan HDI 2023 Kabupaten Klaten, sekaligus Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Klaten Muh Nasir mengatakan, Aksidifa merupakan aplikasi berbasis website untuk penyediaan data dan informasi penyandang disabilitas di Kabupaten Klaten.

“Melalui Aksidifa, kami bisa mengetahui potensi dan hambatan yang dihadapi oleh penyandang disabilitas,” jelas Nasir dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Ia menambahkan, dengan aplikasi tersebut, pihaknya dapat mengimplementasikan kebijakan terkait perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

“Diharapkan dengan data yang terhimpun, kebijakan yang dihasilkan berbasis pada perencanaan yang lebih tepat sasaran,” tambah Nasir.

Selain peluncuran Asdifa, Bupati Klaten juga mengukuhkan Komite Disabilitas Kabupaten Klaten masa bakti 2023—2028. Kehadiran komite ini diharapkan dapat menyuarakan dan menjamin pemenuhan hak disabilitas dan menjadikan Kabupaten Klaten sebagai wilayah yang inklusif.

Sri Mulyani menjelaskan sejumlah kebijakan hingga layanan yang diselenggarakan Pemkab Klaten bagi masyarakat telah mempertimbangkan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Hal ini menegaskan komitmen Pemkab Klaten dalam menjamin hak penyandang disabilitas.

“Pada peringatan HDI 2023, diharapkan tujuan pembangunan berkesinambungan mampu memperlihatkan keberpihakan kepada penyandang disabilitas. Tidak hanya menempatkan difabel sebagai obyek pembangunan, tetapi juga sebagai subyek atau aktor pembangunan. Prinsip tidak ada satu orang pun tertinggal harus benar-benar diwujudkan,” tegas Sri.

Puncak peringatan HDI 2023 Kabupaten Klaten juga dimeriahkan seni pertunjukan yang dibawakan siswa sekolah luar biasa (SLB) di Kabupaten Klaten dan pameran produk yang dihasilkan oleh kelompok difabel.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com