Advertorial

Sambang Warga Desa Canan, Sri Mulyani Resmikan Canan Edupark

Kompas.com - 06/12/2023, 16:02 WIB

KOMPAS.com - Bupati Klaten Sri Mulyani meresmikan Taman Canan Edupark dalam kegiatan Sambang Warga di Lapangan Desa Canan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (6/12/2023).

Wisata edukasi anak itu diresmikan dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Klaten.

Sri Mulyani menyampaikan, kegiatan Sambang Warga mampu membangkitkan perekonomian masyarakat sekaligus membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengenali potensi unggul di wilayah yang dikunjungi.

Melalui program tersebut, pihaknya juga melihat proses pembangunan yang telah dilaksanakan secara langsung.

“Hari ini (Rabu), kami meninjau Taman Canan Edupark di Desa Canan secara langsung. Kami juga meresmikan Taman Canan Edupark sebagai desa wisata edukasi anak,” kata Sri Mulyani dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa melalui kegiatan Sambang Warga, Pemkab Klaten dapat berkomunikasi dan mendengarkan usulan atau masukan dari masyarakat untuk membangun wilayahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Canan Herning Jati Widagdo memaparkan, Taman Edukasi Anak atau Canan Edupark dibangun untuk memberikan hiburan dan pendidikan anak di Desa Canan dan sekitarnya.

“Taman tersebut sudah pernah mendapatkan bantuan dari Bupati Klaten dan dilanjutkan dengan Dana Desa. Untuk penyempurnaanya, kami juga minta bantuan kepada Bupati Klaten,” ujar Hening.

Herning juga mengutarakan beberapa hal terkait sarana prasarana, akses jalan, dan saluran irigasi pertanian. Ia juga meminta pendampingan penyelesaian sertifikat tanah kas desa.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten turut menyerahkan bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) senilai Rp 12 juta, Bantuan Tabungan Simpanan Pelajar Rp 2,5 juta dari Bank Klaten, serta Bantuan sembako PDAM Tirta Merapi Rp 2 juta.

Selanjutnya, bantuan kursi roda dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKPPKB) dan bantuan sembako dan alat tulis kantor dari PT Aneka Usaha Perseroda.

Selain itu, program Sambang Warga juga mendekatkan sejumlah pelayanan kepada masyarakat, seperti kesehatan, pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan keluarga berencana (KB), pelayanan informasi pendidikan, bazar paket murah, dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sebagai informasi, acara tersebut turut dihadiri anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jateng, staf ahli, Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Dapil I, kepala desa se-Kecamatan Wedi, pelajar, warga Desa Canan, dan tamu undangan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com