Advertorial

Kades Jiwan Pamerkan Potensi Desa di Agenda Sambang Warga Bupati Klaten

Kompas.com - 06/12/2023, 16:13 WIB

KOMPAS.com – Bupati Klaten Sri Mulyani melanjutkan agenda Sambang Warga. Kali ini, Bupati Klaten menyambangi Desa Jiwan di Kecamatan Karangnongko, Selasa (5/12/2023).

Rombongan Bupati Klaten dan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) disambut secara langsung oleh Kepala Desa (Kades) Jiwan, Sulardi.

Sulardi mengaku grogi saat menyambut orang nomor satu di Kabupaten Klaten itu. Pasalnya, ia baru dilantik pada September lalu setelah terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2023.

“Saya sebenarnya grogi. Baru sekali ini saya berdiri dan berbicara di depan Bupati. Apalagi, saya baru dua bulan menjabat sebagai kades,” ujar Sulardi dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Rabu (6/12/2023).

Meski grogi, Sulardi tetap memamerkan potensi desanya, terutama seni budaya, seperti sanggar seni tari jathilan, yang telah dikenal hingga di luar daerah.

Selain itu, ia juga memperkenalkan kelompok seni musik campursari, pedalangan ketoprak, dan karawitan yang telah banyak mengukir prestasi.

“Ada beberapa pemeran ketoprak yang ikut andil mengangkat nama Kecamatan Karangnongko hingga pernah meraih juara dalam festival ketoprak yang digelar Dewan Kesenian Klaten. Kami berharap, deretan potensi desa tersebut mendapat perhatian khusus dari dinas terkait agar dioptimalkan,” kata Sulardi.

Ia pun menyampaikan aspirasi dari warga desa, di antaranya terkait pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta pembangunan kantor pemerintah desa yang hingga saat ini masih terkendala alih status tanah.

Pada kesempatan tersebut, Sri Mulyani mengapresiasi potensi Desa Jiwan. Ia pun mendorong masyarakat untuk terus melestarikan seni budaya sehingga dapat dinikmati generasi yang akan datang.

Sri Mulyani juga menegaskan bahwa kegiatan Sambang Warga menjadi wadah untuk menyerap aspirasi masyarakat di tingkat desa. Aspirasi ini akan dijadikan pedoman dalam perencanaan pembangunan daerah selanjutnya.

“Ke depan, Sambang Warga akan terus diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten agar aspirasi masyarakat dapat tersampaikan dengan baik,” katanya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com