Advertorial

Tingkatkan Mutu Pendidikan di Wilayah Operasional KNC, YITK Serahkan Bantuan 34 PC untuk 2 SMA di Kecamatan Busang

Kompas.com - 06/12/2023, 17:36 WIB

KOMPAS.com – Yayasan Insan Tabur Kasih (YITK) menyerahkan 34 unit personal computer (PC) kepada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Busang di Kecamatan Busang, Kutai Timur, Kalimantan Timur, Rabu (22/11/2023) dan Kamis (23/11/2023).

Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya YITK dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah operasional PT Kaltim Nusantara Coal (KNC).

YITK sendiri merupakan yayasan yang didirikan oleh PT Ithaca Resources, induk perusahaan KNC. Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara tersebut beroperasi di Kecamatan Busang dan sekitarnya.

Ketua YITK Hari Witono mengatakan, PT Ithaca Resources senantiasa mendukung implementasi sekaligus perluasan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) sebagai bentuk corporate social responsibility (CSR).

“Bantuan 34 PC diharapkan dapat mendukung implementasi penerapan kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 dan 2 Busang,” ujarnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (4/12/2023).

Hari menambahkan bahwa ke depan, YITK akan memperluas program CSR, seperti merambah ke bidang kesehatan, sosial dan budaya, serta pemberdayaan ekonomi.

“Program sosial dan budaya akan berfokus pada pelestarian kearifan lokal dan seni tradisional, sedangkan kegiatan pemberdayaan ekonomi akan mendukung produktivitas pertanian, peternakan, dan perikanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan perusahaan,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Busang Drs Achmad Sofyan menyambut baik dan berterima kasih atas bantuan tersebut.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Imam meyakini bahwa kehadiran peralatan belajar itu bakal mendukung kegiatan belajar para murid. Apalagi, kurikulum “Merdeka Belajar” membutuhkan media digital dalam proses belajar mengajar.

Keyakinan serupa juga disampaikan Kepala Desa Rantau Sentosa Hermansyah dan Kepala Desa Long Lees Asmuni Leonardus. Mereka optimistis, PC yang diberikan YITK dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan di Busang.

Mereka pun berharap, perusahaan bisa terus berkontribusi dalam peningkatan taraf hidup masyarakat setempat melalui berbagai kegiatan pemberdayaan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com