Advertorial

Program Salira Panggungrawi Terbukti Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Kompas.com - 06/12/2023, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Pelaksanaan Program Sarana dan Prasarana Lingkungan (Salira) di Kelurahan Panggungrawi, Kecamatan Jombang, Cilegon, Banten, terbukti mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Pembangunan dan peningkatan kualitas infrastruktur yang dilakukan lewat program tersebut dapat mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses atau tempat usaha.

Lurah Panggungrawi Agustini Hermayati mengatakan bahwa berkat peningkatan fasilitas, beberapa warga mulai membuka usaha kecil di sekitar taman bermain.

“Selain itu, pemasangan penerangan jalan umum (PJU) membuat aktivitas masyarakat pada malam hari semakin ramai. Hal ini mendukung usaha kuliner dan kegiatan ekonomi lain,” kata Lurah Panggungrawi dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (6/12/2023).

Agustini memaparkan, program pembangunan berkelanjutan melalui Salira di Kelurahan Panggungrawi telah menghasilkan dampak positif yang signifikan terhadap perekonomian masyarakat, terutama terhadap pertumbuhan bisnis lokal.

“Pembangunan infrastruktur tidak sekadar memperindah lingkungan, tetapi juga membuka peluang usaha baru bagi masyarakat,” tuturnya.

Pembangunan infrastruktur, lanjut Agustini, mencakup pemasangan PJU, pemagaran tempat pemakaman umum, paving block, taman bermain, perbaikan drainase, serta pembangunan pos ronda dan pos pelayanan terpadu (posyandu). Pembangunan ini telah membawa perubahan yang menguntungkan bagi masyarakat.

“Pada 2023, kami telah melakukan pembangunan yang berdampak positif terhadap perekonomian warga di Kelurahan Panggungrawi," kata Agustini.

Terkait realisasi program Salira, Agustini menargetkan pembangunan drainase guna membantu mencegah banjir karena menghambat aktivitas warga. Sementara itu, keberadaan pos ronda dan posyandu untuk memberikan rasa aman dan dukungan kesehatan bagi masyarakat.

“Program Salira telah membuktikan bahwa investasi dalam infrastruktur bukan hanya mengubah wajah lingkungan, melainkan juga membangun pondasi yang kokoh bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar,” tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com