Advertorial

Kabupaten Gunungkidul Raih Penghargaan Smart City dari Kemenkominfo

Kompas.com - 07/12/2023, 18:32 WIB

KOMPAS.com – Kabupaten Gunungkidul mendapatkan penghargaan Smart City untuk kategori Smart Branding and Smart Society pada ajang Forum Smart City Nasional, Pameran, dan Awarding Gerakan Menuju Smart City 2023 yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Ajang penghargaan itu diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Banten , Kamis (7/12/2023).

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, penghargaan tersebut adalah bukti bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul sudah melakukan kinerja dan kolaborasi lintas perangkat daerah dengan baik.

“Target berikutnya adalah mewujudkan smart village agar tidak hanya kota cerdas saja, tapi juga seluruh desanya,” ujar Sunaryanta dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Pada kesempatan itu, Sunaryanta juga menjadi narasumber pada kegiatan Diskusi Penjelasan Tentang Gerakan Menuju Smart City dan Smart Province 2023.

Sunaryanta pun memaparkan sejumlah hal yang menguatkan status Gunungkidul sebagai smart city. Salah satunya adalah dengan membangun komunikasi dan kerja sama dengan berbagai universitas.

"Dengan bantuan mahasiswa, kami bisa mengajarkan anak-anak di daerah banyak pelajaran, seperti Bahasa Inggris, Fisika, dan Matematika. Upaya ini kami lakukan saat mahasiswa melakukan kuliah kerja nyata,” terang Sunaryanta.

Sunaryanta menambahkan, pihaknya juga memberdayakan komunitas informasi masyarakat dan anak muda agar dapat lebih memahami digitalisasi. Pihaknya pun gencar melakukan branding smart city kepada sejumlah pihak.

Namun, Sunaryanta mengakui bahwa pengembangan dan peningkatan branding tidak bisa dilakukan tanpa kolaborasi dengan pemerintah daerah (pemda), masyarakat, dan akademisi.

Ke depan, Sunaryanta berharap agar branding smart city di Kabupaten Gunungkidul bisa sampai ke tingkat desa atau kelurahan.

Para pemerintah daerah yang mendapatkan Penghargaan Smart City.Dok. Pemkab Gunungkidul Para pemerintah daerah yang mendapatkan Penghargaan Smart City.

"Kami (pemda) juga sedang melakukan branding tentang pariwisata. Untuk 2023, kami menargetkan pengunjung atau wisatawan itu hampir 2,8 juta. Sampai saat ini, sudah mencapai 2,7 juta (pengunjung) dan saya yakin targetnya tercapai," ucapnya.

Pemkab Gunungkidul beserta lima pemenang penghargaan lainnya pun mendapat apresiasi dari Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) Kemenkominfo Aris Kurniawan.

“Selamat untuk enam kabupaten/kota yang menerima penghargaan terkait dengan smart city. Selamat juga untuk Kabupaten Gunungkidul yang mendapatkan penghargaan pada kategori Smart Branding and Smart Society," kata Aris.

Aris menambahkan, Forum Smart City Nasional, Pameran, dan Awarding Gerakan Menuju Smart City 2023 adalah wadah untuk saling berbagi informasi terkait inovasi smart city di masa depan.

"Program yang telah dijalankan Kemenkominfo diharapkan dapat terus berlanjut dan terus dilaksanakan. Sejauh ini, kami sudah mendampingi 241 kabupaten/kota dan dua provinsi terkait penerapan smart city," jelasnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com