Advertorial

Ma'ruf Amin Buka Perhelatan UI Industrial- Government Expo 2023

Kompas.com - 08/12/2023, 12:56 WIB

KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin membuka perhelatan UI Industrial- Government Expo 2023 di Auditorium R Soeria Atmadja, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat (Jabar).

UI I-GOV Expo 2023 hadir dengan tema “Sinergi dan Kolaborasi Pendorong Kesejahteraan Rakyat Melalui Digitalisasi” dan diselenggarakan selama dua hari, yakni pada Kamis (5/12/2023) hingga Rabu (6/12/2023) di Balairung UI.

Acara itu diadakan dengan tujuan untuk membangun kolaborasi pentahelix antara pihak akademisi, pelaku usaha, masyarakat, pemerintah, dan media massa untuk mendorong kesejahteraan bangsa melalui inovasi digitalisasi.

Pada kesempatan tersebut, Ma’ruf mengatakan, dirinya mengapresiasi perhelatan UI I-GOV Expo Expo 2023.

Menurutnya, acara itu dapat membantu mendorong pengembangan inovasi dan digitalisasi di Tanah Air demi peningkatan kesejahteraan umat.

Ia juga menilai bahwa kampus adalah tempat lahirnya gagasan dan inovasi serta sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan inovatif

“Masa depan akan banyak dibentuk oleh penerapan inovasi dan teknologi canggih. Sekarang, kita telah menyaksikan dan merasakan dampak dari disrupsi teknologi yang mengubah cara pandang dan cara hidup kita,

Ma’ruf pun berpesan kepada mahasiswa UI yang hadir agar terus mengikuti tren di tingkat global yang dapat memengaruhi model bisnis dan keuangan syariah.

Hal itu diperlukan agar mereka dapat mengantisipasi perubahan, merebut peluang, dan memenangkan persaingan.

Ia juga tak lupa mengingatkan tentang pentingnya kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan agar dapat terus menghasilkan terobosan-terobosan yang inovatif.

Sebagai informasi, selain hadir di pembukaan UI I-GOV Expo 2023, Ma’ruf juga meresmikan peluncuran Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) yang dipublikasikan oleh Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS) FEB UI.

Pada peresmian tersebut, Ma’ruf didampingi oleh Penjabat Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI Dr (HC) Noni Purnomo B.Eng, MB.A, Rektor UI Prof Ari Kuncoro SE, MA, PhD, dan Dekan FEB UI Teguh Dartanto PhD.

Sementara itu, Ari menjelaskan bahwa tema Sinergi dan Kolaborasi Pendorong Kesejahteraan Rakyat Melalui Digitalisasi dipilih karena digitalisasi merupakan kunci untuk mendorong pemulihan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini menjadi momentum baik untuk berbagai pihak bersinergi sehingga dapat menghasilkan produk inovatif dan program digitalisasi yang mendorong efektivitas. Kami berharap, UI I-GOV Expo 2023 dapat menjadi wadah untuk berbagi ide dan pengalaman,” ujar Ari.

Sebagai informasi, pada UI I-GOV Expo 2023, UI juga memberikan sejumlah kategori penghargaan kepada para kolaborator dari mitra eksternal sebagai bentuk apresiasi atas kerja sama yang telah berlangsung.

Penghargaan itu diberikan kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero sebagai Kolaborator Mitra Akademik pada kategori Filantropis, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai Kolaborator Inovasi, PT Bayan Resources Tbk sebagai Kolaborator Bantuan Industri/Hibah, dan penghargaan untuk Mitra Binaan UI Halal Center.

Hadirkan diskusi panel

Selain penghargaan, UI I-GOV Expo 2023 juga menghadirkan sejumlah acara diskusi panel yang membahas perkembangan digitalisasi di Indonesia, baik di sektor bisnis maupun sektor publik.

Dalam sesi diskusi panel pertama yang bertajuk “Perkembangan Digitalisasi di Indonesia”, Direktur Utama PT BRI Sunarso menjadi narasumber utama pada sesi ini.

Ma?ruf Amin dan peserta UI I-GOV Expo 2023. Dok. Humas Setwapres RI Ma?ruf Amin dan peserta UI I-GOV Expo 2023.

Dalam kegiatan tersebut, Sunarso menjelaskan tentang risiko terbesar di industri perbankan.

“Salah satunya adalah strategic risk atau risiko ketidaktepatan menyusun strategi dalam menghadapi tantangan yang selalu berubah,” kata Sunarso.

Strategic risk, lanjut Sunarso, dipicu oleh teknologi digital yang berkembang dengan cepat.

Oleh karena itu, pelaku perbankan memerlukan keberanian bertransformasi untuk menjawab tantangan itu dengan baik untuk bisa beradaptasi.

“Saat ini, BRI fokus dalam transformasi digital berbasis information technology (IT). Beberapa inovasi BRI dalam bidang IT adalah BRIVolution dan BRIspot,” ucapnya.

Senada dengan Sunarso, Country Manager Google Cloud Indonesia Anang Efendy juga menekankan pentingnya melakukan transformasi digital.

“Google terus bertahan sebagai mesin pencarian terdepan di dunia karena kemampuannya berinovasi dengan kebutuhan pengguna. Di era artificial intteligence (AI) seperti sekarang, Google terus menelurkan inovasi, di antaranya Chatbot Google Bard AI dan fitur Immersive View di Google Maps,” tutur Anang.

Tak kalah dengan panel pertama, diskusi pada panel kedua pun juga menghadirkan pembahasan yang tak kalah seru dengan narasumber yang kompeten. Yakni Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak.

Diskusi panel kedua itu hadir dengan tajuk “Perkembangan Digitalisasi Sektor Publik di Indonesia”.

Dalam sesi tersebut, Emil pun memaparkan sejumlah strategi terkait transformasi digital yang dimiliki oleh Jatim.

Menurutnya, pengimplementasian strategi terkait transformasi digital perlu didukung dengan penguatan kebijakan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), optimalisasi infrastruktur, dan pembangunan aplikasi.

“Salah satu program digitalisasi pelayanan publik yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Jatim adalah E-Samsat. Layanan ini memungkinkan masyarakat untuk mengecek dan membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) melalui ponsel masing-masing dengan memindai kode QR,” kata Emil.

Berkat terobosan tersebut, Pemerintah Provinsi Jatim pun berhasil meraih Digital Government Award pada kategori Penerapan Layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terbaik dari Kementerian Pendayagunaan Apartur Negera dan Reformasi (KEMENPAN-RB).

Lewat semua kegiatan tersebut, Direktur Kerjasama UI Dr Toto Pranoto ingin penyelenggaraan UI I-GOV Expo 2023 dapat mendorong kerja sama yang lebih intensif di bidang digitalisasi.

“Diharapkan UI I-GOV Expo 2023 dapat membangun jejaring yang kuat. Dalam kegiatan ini, terdapat pula 40 exhibitors dari pihak internal dan eksternal yang ikut dalam pameran. Selain itu, terdapat pula layanan pengaturan paspor oleh kantor imigrasi dan layanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) baru serta penandatanganan 35 dokumen nota kesepahaman bersama (NKB) dan perjanjian kerja sama (PKS) dengan para mitra,” kata Toto.

Penandatanganan NKB dan PKS itu dilakukan oleh UI yang diwakili Ari Kuncoro dengan 13 mitra yang terdiri atas pemerintah daerah, kementerian/lembaga, dan perguruan tinggi.

Selain itu, dilakukan juga penandatanganan PKS yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Kerja sama dan Aset UI Prof Dedi dengan mitra mitra UI, sepeeti PT Mitra Adi Perkasa Tbk, PT Bank Muamalat Indonesia, PT Pembayaran Lintas Usaha Sukses, Kabupaten Lombok Tengah, Komite Seni Budaya Nusantara, Yayasan Pendidikan Sorowako, dan PT Asuransi Astra Syariah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com