Advertorial

Pemkot Cilegon Bakal Jadikan Kelurahan Kubangsari sebagai Kawasan Wisata Budaya

Kompas.com - 10/12/2023, 21:54 WIB


KOMPAS.com – Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, menggelar kegiatan “Inovasi Festival Seni Budaya dan UMKM Kubangsari (FESBUK)” di Stadion Krakatau, Cilegon, Provinsi Banten, Minggu (10/12/2023).

Wali Kota (Walkot) Cilegon Helldy Agustian menilai, kegiatan tersebut sejalan dengan rencana pihaknya yang bakal menjadi Kelurahan Kubangsari sebagai kawasan wisata budaya.

“Kami mengapresiasi Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan, yang telah menggelar kegiatan FESBUK. Inisiatif ini senafas dengan upaya Pemkot Cilegon saat ini yang tengah membangun wisata budaya di Kelurahan Kubangsari,” ujar Helldy dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Minggu.

Ia berharap, wisata budaya di Kelurahan Kubangsari nantinya dapat menjadi ruang untuk melestarikan sejumlah budaya khas Cilegon, seperti bendrong lesung.

Pada kesempatan itu, Helldy juga menyampaikan rencana Pemkot Cilegon terkait pembangunan panggung budaya.

“Budaya tersebut jangan sampai hilang. Kami sedang merancang untuk membangun panggung budaya di Alun-alun Cilegon yang diperuntukan untuk mementaskan budaya Cilegon setiap Sabtu,” terang Helldy.

Helldy juga mengapresiasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang turut memeriahkan kegiatan tersebut.

Menurutnya, UMKM berperan penting sebagai tulang punggung perekonomian yang dapat mengurangi angka pengangguran di Kota Cilegon.

“Pemkot Cilegon selalu mendukung UMKM di Kota Cilegon dengan memberikan bantuan, di antaranya bimbingan, sertifikasi halal, serta sosialisasi masa kadaluarsa produk,” tuturnya.

Helldy berharap, kegiatan FESBUK yang digelar Kecamatan Ciwandan dapat mengenalkan sekaligus melestarikan budaya asli Cilegon.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi medium untuk mengenalkan budaya serta menginspirasi anak muda untuk melestarikan budaya lokal,” kata Helldy.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com