Advertorial

Baru, Buumi Playscape Hadirkan Tempat Bermain Inklusif di Plaza Senayan

Kompas.com - 11/12/2023, 17:07 WIB

KOMPAS.com – Sarana bermain edukatif terintegrasi pertama di Indonesia yang fokus pada pendidikan anak usia dini, Buumi Playscape, resmi membuka gerai playground terbarunya di Plaza Senayan, Jakarta.

Playground tersebut hadir dengan tema ‘Wonder Forest’ dan berusaha untuk mengajak anak bermain sambil berimajinasi di suasana hutan yang menyenangkan.

Co-founder Buumi Playscape dan Chief Executive Officer PT Sentra Bermain Pacific Natasha Guna selaku mengatakan, lewat playground itu, Buumi Playscape coba untuk menghadirkan tempat bermain indoor bagi anak berusia 12 bulan hingga 10 tahun dengan ragam kegiatan inklusif, baru, dan berbeda dari playground lainnya.

Sebagai informasi, Buumi hadir di industri playground Tanah Air pada 2018. Saat itu, Buumi menghadirkan Buumi Playscape di Pacific Place dan Buumi Playclub di Urban Forest Cipete.

Upaya tersebut Buumi lakukan karena aktivitas screen time pada anak terus meningkat seiring perkembangan zaman dan berpotensi mengalihkan kegiatan bermain yang sesungguhnya.

“Buumi Playscape Plaza Senayan menghadirkan rangkaian kegiatan dan fasilitas yang berbeda dari lokasi sebelumnya. Seluruh area bermain telah dirancang dengan berbagai permainan inovatif dan edukatif untuk memfasilitasi aktivitas bermain sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak,” ujar Natasha dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (8/12/2023).

Pada hutan kreatif penuh imajinasi Wonder Forest, lanjut Natasha, Buumi menyediakan berbagai area bermain, seperti Tree House, Caterpillar Tunnel, Ant's House, Baby's Lounge, Rayya's Classroom, Satya's Night Forest, dan Imaginative Leaves Climbing.

Selain itu, ada pula kelas-kelas yang dapat diikuti, seperti kelas sensori, literasi, art and craft, dance, dan STEAM.

Tak hanya tempat bermain, Buumi Playscape juga menyediakan area yang dikhususkan untuk event, seperti acara ulang tahun, product launching, seminar, dan gathering.

“Kami juga menghadirkan retail space yang menyediakan mainan, fashion and accessories, serta skincare anak yang telah dikurasi dengan baik. Ada juga kafe menarik yang dihadirkan untuk memuaskan rasa lapar serta dahaga si kecil dan orangtua setelah seru bermain di Buumi Playscape,” kata Natasha.

Tak sampai di situ, Buumi juga selalu memberikan desain interior dan taman bermain yang dapat membantu pertumbuhan anak-anak pada setiap playground-nya.

“Buumi selalu melibatkan spesialis pertumbuhan anak dan arsitek pemenang penghargaan untuk memastikan pengalaman yang menyeluruh serta berkesan bagi anak-anak dan orangtua (pada fasilitas yang dihadirkan Buumi),” ujar Natasha dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (8/12/2023).

Dengan beragam fasilitas dan pelayanan itu, Buumi berharap, fasilitas yang dihadirkannya di Plaza Senayan sebagai tempat bermain yang dapat memenuhi kebutuhan bermain anak dan orangtua secara menyeluruh.

Terkait Plaza Senayan sebagai lokasi terbaru Buumi Playscape, mal tersebut dipilih karena letaknya yang berada di pusat Jakarta dan dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan yang nyaman, aman, dan lengkap.

Teman Buumi dapat mengajak si kecil bermain di Buumi Playscape Plaza Senayan dengan membeli tiket bermain seharga Rp 195.000 pada hari kerja dan Rp 225.000 pada akhir pekan.

Harga tersebut berlaku untuk satu anak dan satu pendamping dengan dengan durasi bermain selama dua jam.

Sebagai informasi, Buumi Playscape Plaza Senayan akan memberikan ruang bermain yang aman dan nyaman bagi setiap anak termasuk bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus atau disabilitas sebagai bagian dari kampanye #BuumiUntukSemua.

“Dalam rangka menjadi ruang bermain yang inklusif bagi setiap anak, Buumi Plaza Senayan mempersiapkan area yang dapat dinikmati oleh children with all abilities, mulai dari usia 12 bulan hingga 10 tahun. Kami ingin semua anak bisa bermain. Maka itu, pemilihan mainan, tempat, dan ruangan disesuaikan juga untuk menjadi inklusif,” tutur Natasha.

Bermain sekaligus belajar bagus untuk anak

Menghadirkan sarana bermain dengan konsep edukatif adalah salah satu hal penting yang dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak.

Pasalnya, bermain adalah fondasi kritis dalam membentuk keterampilan sosial, kognitif, dan fisik pada anak.

Montessori dan Classroom Educator Damar W Wijayanti menjelaskan bahwa melalui bermain, anak-anak dapat belajar mengeksplorasi, menemukan, dan berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka. Hal ini pun dapat menjadi pembelajaran seumur hidup bagi mereka.

Natasha, Damar, dan Caca di Buumi Playscape.Dok. Buumi Playscape Natasha, Damar, dan Caca di Buumi Playscape.

Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk bisa menyediakan lingkungan bermain yang aman dan stimulatif agar anak dapat berkembang secara alami dan sesuai dengan ritme mereka."

"Real play dalam perkembangan anak itu penting dan tidak bisa diremehkan. Utamanya, pada masa awal tumbuh kembang,” ujar Damar.

Atas alasan itu, tak heran jika saran playground edukatif di era modern seperti sekarang sangat diperlukan untuk membantu perkembangan anak.

Hal itu pun diakui oleh salah seorang mom influencer, Caca tengker. Menurutnya, pengalaman bermain di playground seperti Buumi dapat menjadi momen quality time bagi anak dan orangtua.

“Main ke Buumi selalu jadi momen yang dinantikan anak-anakku. mereka selalu semangat main di Buumi. Melihat mereka main di Buumi bikin aku ikutan senang karena bisa main bareng dan makin dekat,” jelas Caca.

Bagi Caca, pengalaman tersebut penting dirasakan orangtua untuk membentuk ikatan positif dengan anak.

“Sebab, selain perlu dipahami, anak juga perlu merasa ditemani, perlu merasa orangtua mau terlibat dalam pengasuhan, dan mereka jadi merasa berharga dan pantas diutamakan. Di Buumi, aku juga bisa ajak anak bermain sambil belajar. Tidak cuma anaknya yang belajar, tapi aku juga” katanya.

Untuk informasi lebih lanjut, Teman Buumi dapat mengakses Instagram resmi Buumi di akun Instagram @buumiplayscape.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com