Advertorial

Peringati Hakordia, Helldy Minta Jajarannya Jaga Transparansi

Kompas.com - 12/12/2023, 17:32 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon memperingati Hari Anti-Korupsi Se-Dunia (Hakordia) bertema "Sinergi Berantas Korupsi" di Aula Sekretaris Daerah (Setda) II Kota Cilegon, Banten, Selasa (12/12/2023).

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan bahwa transparansi dalam menjalankan pelayanan publik berpengaruh terhadap kesejahteraan rakyat.

Pasalnya, pelayanan publik yang baik dan transparan akan membuat masyarakat Cilegon percaya dan sejahtera karena tepat sasaran.

“Jika pelayanan publik tidak transparan dan masih korupsi, baik uang maupun waktu, masyarakat pun menjadi tidak percaya,” kata Helldy dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa (12/12/2023).

Oleh karena itu, Helldy selalu mendorong jajaran Pemkot Cilegon untuk meningkatkan kinerja keterbukaan informasi publik (KIP). Hasilnya, KIP Pemkot Cilegon naik tiga peringkat dari posisi ke-8 ke peringkat 5 se-Provinsi Banten.

Ia juga mengajak berbagai pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan bekerja sama agar dapat meningkatkan peringkat KIP Pemkot Cilegon.

Helldy menilai, transparansi dan akuntabilitas adalah prinsip antikorupsi yang selama ini ditekankan di Cilegon.

Misalnya, Puskesmas Pulomerak menjadi satu-satunya instansi di Banten yang mendapat penghargaan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB).

“Semoga, pencapaian tersebut dapat menjadi motivasi organisasi perangkat daerah (OPD) lain untuk tetap memberantas korupsi," tuturnya.

Kota Cilegon, kata Helldy, telah menjadi proyek percontohan dari pemerintah pusat terkait manajemen risiko. Proyek ini diselenggarakan dalam rangka mengurangi korupsi secara internal di pemerintahan daerah.

Capaian selanjutnya, Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi Kota Cilegon naik dari level 2 menjadi level 3 dan Manajemen Risiko juga menjadi level 3 dari 98 kota se-Indonesia. Hal ini menjadi bukti peningkatan kinerja dan keseriusan Pemkot Cilegon dalam memberantas korupsi.

Pada kesempatan itu, Helldy juga menyampaikan amanat pemerintah pusat untuk mewujudkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia atau Indonesia Emas 2045. Demi mewujudkannya, semua pihak dapat bersinergi, salah satunya, dengan memberantas korupsi.

“Kami meminta seluruh pemangku kepentingan untuk menyukseskan implementasi peta jalan pemberantasan korupsi 25 tahun demi mewujudkan Indonesia sebagai salah satu ekonomi terbesar di dunia," kata Helldy.

Sebagai informasi, acara tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah Cilegon Maman Mauludin, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Cilegon, pejabat eselon II, serta para camat dan lurah se-Cilegon.

Selain diperingati di tingkat daerah, Harkodia juga diperingati secara nasional. Hal ini ditandai dengan pidato Presiden Joko Widodo yang ditayangkan secara virtual dari Jakarta.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com