Advertorial

Uji Coba Motor Listrik, Eiger dan SMEV Gelar Ekspedisi 2.000 Km dari Bandung ke Bali

Kompas.com - 12/12/2023, 19:33 WIB

KOMPAS.com - Jenama penyedia perlengkapan untuk berkegiatan luar ruang, Eiger Adventure, berkolaborasi dengan produsen kendaraan listrik, SMEV, melakukan uji coba motor listrik SMEV EM-1 dengan menempuh perjalanan darat sejauh 2.000 km dari Bandung, Jawa Barat, ke Denpasar, Bali.

Perjalanan yang dipimpin oleh Brand Ambassador Eiger Adventure Ramon Tungka itu dimulai dari Eiger Jalan Sumatera, Bandung, pada Minggu (10/12/2023), dan berakhir di Eiger Sunset Road, Denpasar. Sepanjang perjalanan, ia dan tim SMEV akan singgah di sejumlah kota, seperti Yogyakarta, Pacitan, Malang, dan Banyuwangi.

Ramon menuturkan, perjalanan tersebut diberi tajuk “Jejak Berkesadaran” lantaran ingin menyampaikan pesan tentang perjalanan yang penuh kesadaran.

“Sadar bahwa Bumi sedang tidak baik-baik saja, kami melakukan perjalanan dengan motor listrik SMEV. Perjalanan ini 0 persen sampah dan 0 persen jejak karbon demi Bumi yang lebih baik,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (12/12/2023).

Motor listrik SMEV EM-1 hasil kolaborasi SMEV dan Eiger Adventure.Dok. Eiger Motor listrik SMEV EM-1 hasil kolaborasi SMEV dan Eiger Adventure.

Meski begitu, Ramon mengaku bahwa ekspedisi tersebut memiliki tantangan tersendiri, bahkan dua kali lipat dari motor konvensional.

“Tantangannya terkait persiapan yang menjadi lebih terukur, lebih sesuai prosedur keselamatan, dan yang paling penting tantangan untuk mengajak sebanyak-banyaknya orang memulai ekspedisi yang berkesadaran, nol sampah, dan nol pencemaran,” jelas Ramon.

Founder SMEV Donny Ariyanto menjelaskan, pihaknya dan Eiger mengembangkan dan menyiapkan prototipe motor listrik. SMEV EM-1 merupakan motor listrik yang didesain khusus untuk ekspedisi. Motor ini memiliki daya jelajah hingga 70-100 km untuk sekali pengisian ulang baterai.

“Sejalan dengan pesan yang disampaikan Eiger untuk keberlanjutan lingkungan, sepanjang perjalanan ini, kami juga akan berbincang dengan berbagai komunitas dan mengajak sebanyak-banyaknya pihak untuk melanjutkan Jejak Berkesadaran bahwa motor listrik pun bisa digunakan untuk berekspedisi,” kata Donny.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com