Advertorial

Dukung Pelestarian Lingkungan, Taspen Tanam 1.000 Pohon di Kupang

Kompas.com - 13/12/2023, 15:49 WIB

KOMPAS.com – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Terbaru, Taspen berkolaborasi dengan Srikandi Taspen dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang untuk menanam 1.000 pohon trembesi dan cemara di Civic Center, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan penanaman pohon itu merupakan bentuk implementasi environmental social governance (ESG) Taspen untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan sebagai respons perseroan terhadap isu pemanasan global dan perubahan iklim yang mengakibatkan kemarau panjang di Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi aktif Taspen bersama Srikandi Taspen dan Pemkab Kupang untuk menciptakan lingkungan yang baik bagi masyarakat,” kata Direktur Keuangan Taspen Rena Latsmi Puri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (13/12/2023).

Rena menambahkan, Taspen memahami pentingnya lingkungan yang sehat untuk menciptakan kesejahteraan yang utuh. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan hidup dengan kualitas udara yang lebih sehat sehingga dapat mendukung kesejahteraan masyarakat.

Jenis pohon yang ditanam pada kegiatan tersebut telah disesuaikan dengan lokasi dan kondisi tanah serta letak geografis lokasi penanaman. Kegiatan ini pun diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap kondisi alam Kupang dan sekitarnya yang saat ini mengalami kekeringan.

Sementara itu, Bupati Kupang Korinus Masneno mengapresiasi Taspen atas penanaman pohon yang dilakukan di daerahnya. Pasalnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang diharapkan dapat menjadi langkah bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan setempat.

“Kegiatan ini juga menjadi motivasi bagi masyarakat Kupang untuk menjaga kelestarian, kesuburan tanah, dan menjaga curah hujan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kupang,” ujar Bupati Kupang.

Penanaman 1.000 pohon di Kupang merupakan penutup kegiatan serupa yang telah dilaksanakan oleh Taspen sepanjang 2023. Secara total, Taspen telah melakukan penanaman lebih dari 3.000 bibit pohon bakau, trembesi, dan cemara di enam wilayah Kantor Cabang Taspen, antara lain wilayah Cirebon, Bekasi, Denpasar, Pangkal Pinang, Aceh dan Kupang.

Dengan berkolaborasi aktif bersama pemerintah daerah dan instansi kota dan kabupaten terkait, Taspen berkomitmen untuk turut melestarikan lingkungan hidup ke lebih banyak wilayah di seluruh Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com