Advertorial

DPRD Surabaya: Sinergi Pentaheliks Kunci Kesuksesan Pengembangan Kota Tua Surabaya

Kompas.com - 13/12/2023, 18:13 WIB

KOMPAS.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya mendukung dan mengapresiasi upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk mengembangkan Kota Tua sebagai salah satu destinasi wisata sejarah di Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

“Kami apresiasi program Pemkot Surabaya dalam merevitalisasi kawasan Kota Tua karena sarat dengan sejarah,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya AH Thony dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (13/12/2023).

Dia mengatakan, salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam upaya revitalisasi Kota Tua adalah sinergi pentaheliks antara pemerintah, akademisi, pelaku bisnis, komunitas, dan media.

“Harapannya, Pemkot tidak lagi kerja sendirian,” tegas politikus dari Partai Gerindra itu.

Thony menjelaskan, saat ini, terdapat banyak bangunan di kawasan Kota Tua yang dimiliki sektor swasta dan masyarakat. Oleh sebab itu, mereka harus dilibatkan dalam program revitalisasi tersebut.

Dia menambahkan, sinergi pentaheliks itu ditujukan untuk penguatan karakter Kota Tua yang dibagi menjadi tiga zona, yaitu Zona Pecinan, Zona Melayu, dan Zona Eropa.

Adapun pengelompokan itu juga mewakili tiga karakter utama yang berada kawasan tersebut. Dia mencontohkan, pada Zona Eropa, masyarakat di kawasan ini digambarkan memiliki ekonomi yang baik. Hal ini tecermin dari pola konsumsi mereka yang gemar makan ikan.

Mereka pun tinggal di dekat Pasar Pabean yang menjual bahan baku guna mendukung kuliner ala Eropa dan sekaligus pengembangan kawasan itu.

Agar pelaksanaan revitalisasi berjalan lancar, Thony meminta Pemkot Surabaya untuk menentukan regulasi dan fasilitator. Terlebih, upaya ini akan menggandeng sejumlah pihak terkait.

Menurutnya, sejumlah program Pemkot Surabaya di kawasan tersebut sudah berjalan, misalnya program yang dilakukan di kawasan Ampel dan Kya-Kya. Dia meminta Pemkot untuk terus melakukan pembenahan sehingga wisatawan merasa nyaman dan aman.

"Dengan pembukaan Zona Eropa, kawasan Kota Tua akan semakin lengkap,” imbuh Thony.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com