Advertorial

Bangun TPS3R di Desa Keliki Bali, Tim Peneliti Politeknik Negeri Bali dan Universitas Dwijendra Terapkan Tri Hita Karana

Kompas.com - 13/12/2023, 21:08 WIB

KOMPAS.com – Pembangunan tempat pengelolaan sampah reduce reuse recycle (TPS3R) di Desa Keliki, Tegallalang, Gianyar, Bali, semula mendapat penolakan dari masyarakat setempat. Mereka menganggap, TPS3R merupakan tempat yang kotor. Namun, perlahan masyarakat mau menerima.

Bukan hal mudah. Untuk mengubah pandangan tersebut, tim peneliti dari Politeknik Negeri Bali dan Universitas Dwijendra membuat kajian penataan TPS3R Desa Keliki berbasis infrastruktur hijau.

Ketua Peneliti Dr Ir I Wayan Suparta, MSi, MT mengatakan bahwa pembangunan fasilitas tersebut berlandaskan loka genius, yakni Tri Hita Karana, Asta Kosala Kosali, dan Asta Bumi.

“Kajian tersebut menghasilkan Masterplan Penataan Kawasan TPS3R,” ucap Suparta dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (13/12/2023).

Suparta menjelaskan, penelitian itu dilakukan berlandaskan skema matching fund (MF) pada platform Kedai Reka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian yang dilaksanakan pada periode Mei hingga Desember 2023 itu juga menggandeng tim peneliti dari Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Gianyar.

Suparta menambahkan, tim peneliti juga melakukan penguatan kelompok masyarakat dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan pengelolaan ekowisata.

“Kami melakukan pembuatan dan pemeliharaan puspa aman, pendampingan pembangunan berbasis Tri Hita Karana, Asta Kosala Kosali dan Asta Bumi, serta peningkatan kemampuan pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes),” jelas Suparta.

Pihaknya juga melakukan peningkatan kemampuan kelompok sadar wisata (pokdarwis) dalam pengelolaan ekowisata, peningkatan kemampuan petani dalam pengelolaan tanah, pembuatan paket eduwisata, pendampingan pengelolaan homestay, dan pendampingan pembuatan oleh-oleh khas Desa Keliki.

Dalam pelaksanaannya, tim peneliti bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar, Pemerintahan Desa Keliki, dan BUMDesa Yowana Bakti Desa Keliki.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com