Advertorial

Ingin Wujudkan Rumah Impian? Saatnya Disiplin Nabung DP Rumah dengan Mandiri Tabungan Rencana

Kompas.com - 14/12/2023, 10:00 WIB

KOMPAS.com – Setiap orang tentu mendambakan memiliki rumah idaman. Pasalnya, rumah adalah salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap orang.

Dengan memiliki tempat tinggal yang layak, kebutuhan fisiologis seseorang bisa terjamin, baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

Namun, memiliki rumah impian tak semudah yang dibayangkan. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor. Salah satunya, harga rumah yang terus meningkat. 

Kondisi tersebut pun membuat sebagian orang kesulitan untuk memiliki rumah sendiri, terutama generasi muda.

Meski demikian, memiliki rumah bukan hal yang mustahil selama ada kemauan kuat dan kedisiplinan menabung.

Sebagai langkah awal, Anda mencari rumah impian beserta rentang harganya. Sesuaikan pula hunian pilihan dengan kemampuan finansial Anda, terutama nominal cicilan kredit pemilikan rumah (KPR).

Setelah itu, Anda bisa mulai menabung uang muka atau down payment (DP) rumah terlebih dahulu. Umumnya, DP pembelian rumah berada di kisaran 10–20 persen dari harga hunian.

Dengan menabung DP rumah secara disiplin dan konsisten, Anda sudah selangkah ke depan untuk memiliki hunian impian.

Benefit tabungan berjangka

Seiring dengan kebutuhan masyarakat untuk mewujudkan berbagai rencana finansial, termasuk memiliki rumah impian, bank plat merah kenamaan di Tanah Air, PT Bank Mandiri (Persero), menghadirkan produk Mandiri Tabungan Rencana (MTR).

Untuk diketahui, MTR adalah produk tabungan berjangka dari Bank Mandiri dengan setoran wajib bulanan yang akan ditarik dari rekening tabungan utama selama jangka waktu atau periode tertentu. Produk tabungan ini juga sudah dilengkapi dengan perlindungan asuransi.

Berkat perlindungan asuransi tersebut, jika nasabah meninggal atau cacat tetap total, iuran rutin bulanan akan diteruskan hingga jangka waktu MTR selesai dengan maksimal nilai perlindungan Rp5.000.000 per rekening per bulan.

Dengan MTR, setiap nasabah Bank Mandiri bisa mewujudkan berbagai tujuan finansial untuk jangka pendek maupun panjang, mulai dari pemilikan rumah, pendidikan, liburan, dana pensiun, hingga dana darurat.

MTR memberikan fleksibilitas tinggi, baik dari nominal maupun jangka waktu setoran. Adapun setoran minimal tabungan berjangka ini cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 100.000.

Nasabah pun dapat menentukan sendiri periode waktu yang diinginkan, mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun sehingga dapat disesuaikan dengan tujuan dan rencana finansial.

Keuntungan lain menabung di MTR juga mendapatkan bunga dengan nilai di atas suku bunga tabungan reguler. Selain itu, nasabah yang baru membuka tabungan MTR berkesempatan untuk mendapatkan voucher elektronik (e-voucher) hingga logam mulia. Info lengkap program cek link berikut.

Pembukaan Mandiri Tabungan Rencana pun cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Livin' by Mandiri di App Store atau Play Store.
  2. Setelah itu, buka aplikasi Livin' by Mandiri dan lakukan registrasi.
  3. Selanjutnya, pilih menu “Tabungan Rencana”.
  4. Baca syarat dan ketentuan yang ditampilkan secara menyeluruh. Lalu, klik “Setuju” jika menyetujuinya.
  5. Langkah berikutnya, klik "Tujuan Menabung". Pada laman ini, Anda dapat memilih kategori tujuan finansial yang ingin dicapai, mulai dari uang muka properti, investasi, dana pensiun, hingga wisata.
  6. Kemudian, buatlah nama tabungan sesuai dengan preferensi dan tentukan nominal target yang ingin dicapai.
  7. Berikutnya, pilih periode menabung sesuai preferensi. Tersedia pilihan mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun. Nominal autodebit bulanan otomatis disesuaikan dengan target dan periode menabung.
  8. Selanjutnya, atur tanggal autodebit. Autodebit akan diambil dari rekening sumber yang Anda tentukan.
  9. Kemudian, pada laman "Penerima Manfaat Asuransi", tentukan siapa penerima manfaat. Dalam hal ini, Bank Mandiri telah memilihkan asuransi untuk Tabungan Rencana Anda.
  10. Setelah itu, konfirmasi buka tabungan. Kemudian, masukkan personal identification number (PIN). 
  11. Pembukaan tabungan MTR selesai.
  12. Langkah lengkap pembukaan MTR dapat klik klik tautan berikut

Untuk informasi lebih lanjut seputar produk MTR dari Bank Mandiri, klik tautan berikut

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com