Advertorial

Kemenag Luncurkan Video Bahasa Isyarat Ayat Alkitab untuk Penyandang Disabilitas Tunarungu

Kompas.com - 14/12/2023, 11:49 WIB

KOMPAS.com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan Video Bahasa Isyarat Ayat Alkitab bagi masyarakat disabilitas tunarungu di Arya Duta Hotel Bandung, Jawa Barat.

Video bahasa isyarat ayat alkitab itu diluncurkan bersamaan dengan Perayaan Natal Ditjen Bimas Kristen yang digelar pada Rabu (13/12/2023). Hal ini menjadi kado Natal sekaligus langkah awal untuk meningkatkan aksesibilitas kebutuhan rohani bagi masyarakat disabilitas tunarungu di Indonesia.

Sebagai langkah awal, video tersebut mengambil ayat-ayat Alkitab populer dengan tema Natal, Paskah, Doa Bapa Kami, dan Buah-Buah Roh.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Jeane Marie Tulung menuturkan, peluncuran Video Bahasa Isyarat Ayat Alkitab sebagai salah satu wujud pemerintah meningkatkan kesetaraan, kesempatan, dan aksesibilitas bagi masyarakat disabilitas tunarungu.

“Untuk menegaskan kepedulian dan memperkuat solidaritas dalam meletakkan dasar yang kuat bagi perlindungan penyandang disabilitas, khususnya teman tuli, pemerintah melalui Kemenag ingin berkontribusi meningkatkan kesetaraan, kesempatan, dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, khususnya akses terhadap kebutuhan rohani,” tutur Jeane dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (14/12/2023).

Ia juga mengungkapkan komitmen Ditjen Bimas Kristen Kemenag untuk terus menyediakan video serupa pada tahun-tahun mendatang.

“Ke depan, kami akan menyediakan lebih banyak lagi video bahasa isyarat ayat alkitab bagi teman tunarungu. Tujuannya, untuk membantu mereka menghayati firman Tuhan dengan nyaman. Dengan demikian diharapkan iman Kristianinya dapat bertumbuh dan memberi dampak positif bagi diri sendiri dan sekitar sehingga orang lain dapat mengenal karakter Kristus melalui pribadinya,” jelasnya.

Jeane menambahkan, pihaknya akan merancang program serupa bagi masyarakat disabilitas lainnya, termasuk internalisasi program moderasi beragama yang digaungkan oleh Kemenag.

Sebagai informasi, pembuatan Video Bahasa Isyarat Ayat Alkitab merupakan hasil kerja sama Ditjen Bimas Kristen Kemenag dengan Yayasan Suluh Insan Lestari. Salah satu fokus pelayanan yayasan tersebut adalah menerjemahkan Alkitab dalam beberapa bahasa di Indonesia, termasuk bahasa isyarat.

Peluncuran video itu menuai respons positif dari masyarakat tunarungu. Salah satunya adalah Yessica Ayu Daraningrum. Ia menyampaikan bahwa Video Bahasa Isyarat Ayat Alkitab sangat membantu dirinya memahami firman Tuhan.

“Waktu saya melihat video ini, saya semakin mudah memahami dan mengerti tentang firman Tuhan. Video seperti inilah yang dibutuhkan oleh sahabat tuli,” ungkap Yessica.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com