Advertorial

Kereta Argo Dwipangga New Generation Produksi PT INKA Resmi Beroperasi

Kompas.com - 14/12/2023, 12:17 WIB

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI resmi mengoperasikan rangkaian kereta api Argo Dwipangga relasi Stasiun Gambir–Solo Balapan (PP) produksi PT INKA (Persero) pada Rabu (13/12/2023).

Rangkaian kereta tersebut terdiri dari kereta jenis "New Generation", baik untuk kelas Eksekutif maupun Luxury. Susunan rangkaian kereta ini terdiri dari 7 kereta kelas Eksekutif, 3 kereta kelas Luxury, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit.

Untuk diketahui, rangkaian kereta New Generation itu merupakan realisasi kontrak pengadaan 612 kereta Eksekutif dan 11 kereta Luxury yang ditandatangani di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (9/3/2023).

“Kami bangga atas peresmian operasional kereta Argo Dwipangga New Generation. Hal ini merupakan sinergi luar biasa antara PT INKA (Persero) dan PT KAI (Persero) untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan setia kereta api," kata Senior Manager Humas dan Kantor Perwakilan PT INKA (Persero) Agung Dwi Cahyono dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis (14/12/2023).

Tampilan interior kelas Luxury pada kereta api Argo Dwipangga New Generation.Dok. PT INKA Tampilan interior kelas Luxury pada kereta api Argo Dwipangga New Generation.

Agung mengatakan, peningkatan pelayanan untuk pelanggan dapat terlihat dari peningkatan fasilitas dan tampilan sarana kereta Argo Dwipangga.

Rangkaian kereta itu, kata Agung, sudah dilengkapi dengan pintu elektrik otomatis, baik pintu masuk maupun pintu antarkereta atau bordes.

"Pada bagian antar kereta juga telah dilengkapi corrugated bellow yang membuat kekedapan suara semakin baik. Kereta juga telah menggunakan tempered double glass untuk bagian kaca jendela," jelasnya.

Setiap kereta Argo Dwipangga New Generation dilengkapi dengan Passenger Information Display System (PIDS) dengan tampilan modern untuk memudahkan penumpang mengetahui informasi perjalanan. Dok. PT INKA Setiap kereta Argo Dwipangga New Generation dilengkapi dengan Passenger Information Display System (PIDS) dengan tampilan modern untuk memudahkan penumpang mengetahui informasi perjalanan.

Agung melanjutkan, untuk memudahkan penumpang mengetahui informasi perjalanan, Passenger Information Display System (PIDS) dengan tampilan modern disematkan pada setiap kereta.

PIDS itu menampilkan sejumlah keterangan, yaitu kecepatan yang sedang ditempuh, suhu ruangan kereta, serta informasi stasiun terdekat. Selain itu, di setiap kereta juga telah dilengkapi kamera pengintai atau CCTV untuk memberikan rasa aman kepada penumpang.

Penumpang juga dimanjakan dengan dukungan USB port charging untuk pengisian daya gadget. Setiap kereta pun dilengkapi fasilitas dua toilet terpisah untuk laki-laki dan perempuan.

Agung menjelaskan, selain kereta penumpang, wajah baru juga tampak pada tampilan interior kereta makan dengan aksen kayu sehingga tampak lebih elegan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com