Advertorial

Cara Mengatasi Kelainan Bentuk Kaki Bunion

Kompas.com - 14/12/2023, 15:52 WIB

KOMPAS.com - Bunion adalah kondisi terbentuknya tonjolan tulang pada sendi di pangkal ibu jari (jempol) kaki. Tonjolan terjadi akibat tertariknya jempol kaki ke arah samping sehingga menyebabkan pangkal jempol kaki menonjol keluar.

Selain gejala tersebut, penekanan jempol kaki ke arah jari telunjuk kaki juga terjadi pada kondisi bunion. Penekanan ini dapat menyebabkan posisi tumpang tindih antara jempol dan telunjuk kaki.

Adapun gejala lain yang dirasakan penderita bunion meliputi pembengkakan, kemerahan, nyeri di sekitar sendi jempol kaki, serta keterbatasan gerak pada jempol kaki.

Keluhan dan nyeri akibat bunion dapat ditangani dengan pengobatan yang bervariasi tergantung pada tingkat keparahan dan nyeri yang dirasakan.

Setidaknya, terdapat beberapa faktor risiko terjadinya bunion pada seseorang, yakni kelainan bawaan pada struktur atau bentuk kaki, kondisi kaki yang datar (flatfoot), memiliki riwayat cedera kaki, terjadi radang sendi (arthritis), dan penggunaan sepatu yang tidak sesuai.

Dokter Spesialis Ortopedi Konsultan Kaki dan Pergelangan Kaki Orthopedic Center Mayapada Hospital Bandung Dr dr Andri Primadhi, SpOT (K) menjelaskan bahwa secara umum, jenis pengobatan untuk bunion dapat diatasi dengan dua cara, yaitu pengobatan tanpa operasi dan dengan operasi.

Pasien dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi untuk mendapatkan pemeriksaan fisik dan penunjang sebelum melakukan operasi, seperti rontgen untuk melihat bentuk tulang kaki.

Dokter Andri memaparkan, pengobatan tanpa operasi dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan pada kaki dan mengurangi keluhan nyeri.

Misalnya, mengganti sepatu yang lebih nyaman pada kaki dan menggunakan bantalan (spacer) di antara jempol dan jari telunjuk kaki. Hal ini dilakukan agar bunion tidak semakin parah.

“Untuk membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan, pasien dapat mengompres kaki dengan es. Pasien juga disarankan mengonsumsi obat-obatan analgesik untuk mengurangi keluhan nyeri akibat bunion,” kata dr Andri dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (14/12/2023).

Apabila cara-cara pengobatan tanpa operasi belum berhasil, kata dr Andi, pasien dapat mempertimbangkan tindakan bedah.

Pembedahan dilakukan dengan mengikis jaringan pada sekitar tulang yang menonjol dan meradang serta memperbaiki bentuk jempol kaki. Hal ini agar bentuk pangkal jempol kaki lurus dan kembali normal seperti bentuk kaki pada umumnya.

“Pasien dapat langsung kembali berjalan dan beraktivitas pascabedah, meski perlu menggunakan bantuan sepatu khusus hingga kaki pasien sembuh sepenuhnya,” ujarnya.

Untuk mengetahui penanganan bunion yang tepat, Anda dapat berkonsultasi dengan dr Andri di Orthopedic Center Mayapada Hospital Bandung.

Orthopedic Center Mayapada Hospital Bandung menyediakan layanan terpadu dan komprehensif untuk menangani berbagai kasus orthopedi dengan dukungan tim dokter multidisiplin yang ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com