Advertorial

PropertyGuru Group Umumkan Pemenang PropertyGuru Asia Property Awards ke-18, Indonesia Paling Unggul

Kompas.com - 15/12/2023, 14:06 WIB

KOMPAS.com – Perusahaan teknologi properti (Proptech) PropertyGuru Group mengumumkan pemenang Grand Final PropertyGuru Asia Property Awards Tahunan ke-18 yang digelar di The Athenee Hotel, Bangkok, Thailand, Jumat (8/12/2023).

Penghargaan tersebut merupakan persembahan Kohler serta dukungan Dongpeng Ceramic dan Subzero Wolf.

Pada gelaran tersebut, para pemenang dari 13 property markets seluruh Asia bersaing untuk mendapatkan nilai tertinggi dalam real estate development, construction, architecture, and design pada tahap final rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards 2023.

Lebih dari 50 golden statuettes diberikan sebagai penghargaan kepada pengembang dan proyek terbaik di kawasan ini yang dipresentasikan dalam the black-tie gala dinner and presentation ceremony.

Untuk diketahui, GuocoLand tahun ini memenangkan penghargaan terbesar sebagai Best Developer (Asia). Ini merupakan capaian ketiga dalam sejarah ajang penghargaan tersebut.

Capaian tersebut menandai salah satu dari lima kemenangan regional bagi developer dari Singapura.

GM of PropertyGuru Asia Property Awards and Events Jules Kay dalam Grand Final PropertyGuru Asia Property Awards Tahunan ke-18 yang digelar di di The Athenee Hotel, Bangkok, Thailand, Jumat (8/12/2023). Ia mengatakan, pengakuan dan penghargaan atas keunggulan pada 2023 membawa pihaknya pada perjalanan yang penuh wawasan melalui beragam pasar properti di Asia. Dok. PropertyGuru Group GM of PropertyGuru Asia Property Awards and Events Jules Kay dalam Grand Final PropertyGuru Asia Property Awards Tahunan ke-18 yang digelar di di The Athenee Hotel, Bangkok, Thailand, Jumat (8/12/2023). Ia mengatakan, pengakuan dan penghargaan atas keunggulan pada 2023 membawa pihaknya pada perjalanan yang penuh wawasan melalui beragam pasar properti di Asia.

Kemudian, Frasers Property Singapura memenangkan penghargaan Best Mixed Use Developer (Asia) dan UOL Group Limited dan Pan Pacific Hotels Group memenangkan penghargaan Best Hospitality Developer (Asia).

Adapun UOL Group Limited juga memenangkan penghargaan kategori Best Sustainable Developer (Asia), sedangkan EL Development Pte Ltd memenangkan penghargaan Best Hospitality Interior Design (Asia).

Developer dari Tanah Air pun turut mengukir prestasi cemerlang dalam ajang PropertyGuru Asia Property Awards 2023 dengan memperoleh delapan kemenangan regional, terbanyak dibandingkan negara mana pun.

PT Sinar Mitbana Mas meraih predikat Best Breakthrough Developer (Asia), bersama parent company Sinar Mas Land dan anak perusahaan PT BSD Diamond Development berhasil meraih kemenangan regional.

Sejumlah proyek besutan Agung Sedayu Group dan Salim Group, Summarecon Agung, serta Summarecon Serpong juga berhasil memenangkan beberapa kemenangan regional.

Menyusul Indonesia, developer asal Filipina berhasil meraih tujuh kemenangan regional. Rinciannya, Aboitiz InfraCapital Economic Estates memenangkan Best Industrial Developer (Asia) dan Pembangunan Industri Terbaik (Asia).

Kemudian, developer kenamaan, seperti RLC Residences, Robinsons Hotels and Resorts, North Bonifacio Landmark Realty and Development Inc., Shang Robinsons Properties, Inc, dan Sunshine Fort North Bonifacio Realty Development Corporation berhasil merebut golden statuettes untuk berbagai proyek.

Tak mau kalah, developer dari Vietnam menerima enam penghargaan regional. Adapun pengembang SonKim Land Corporation berhasil memimpin dengan memenangkan Best Luxury Developer (Asia) dan Best Boutique Mixed Use Development (Asia) awards.

-Dok. PropertyGuru Group -

Pemenang regional, termasuk ParkCity Group, juga memenangkan penghargaan Best Completed Condo Development (Asia).

Selain itu, ada pula Andaman Asset Solution berhasil meraih penghargaan Best Boutique Developer (Asia) award yang merupakan satu dari enam penghargaan regional untuk pengembang dari Thailand.

KingBridge Tower by KingBridge Tower Company Limited (Saha Pathana Inter-Holding Public Company Limited) memperoleh tiga kemenangan regional untuk Kingdom tersebut. Sementara, Rawayana oleh Phuket9 berhasil mencetak dua kemenangan regional.

Dari Australia, pengembang Salvo dinobatkan sebagai Best Lifestyle Developer (Asia). Developer ini merupakan satu dari lima kemenangan regional untuk developer dari Australia.

Developer pemenang regional asal Negara Kanguru berikutnya adalah proyek Capital Luxury Residences, Monaco Property Group, R Corporation, dan Third.i Group.

Kemudian, Malaysia dan Kamboja masing-masing meraih empat kemenangan regional. Perbadanan Kemajuan Negeri Selangor (PKNS) pun dinobatkan sebagai Best Affordable Homes Developer (Asia).

Mewakili Malaysia, developer peraih penghargaan pada ajang award kali ini antara lain proyek-proyek oleh Eastern and Oriental Berhad, Eupe Corporation Berhad, dan Sime Darby Property. Seluruh proyek tersebut meraih gelar regional.

-Dok. PropertyGuru Group -

Adapun proyek-proyek yang dilakukan oleh OCIC Group dan RM Commercial Co Ltd, masing-masing meraih kemenangan regional bagi Kamboja. Sementara, Sir Stamford Raffles (Cambodia) Co Ltd memperoleh dua kemenangan regional untuk proyek Marum Estate.

Berikutnya, developer asal Jepang, Hanacreek oleh Apex Property dan Aki Niseko oleh Takuetsu Co Ltd, menorehkan prestasi sebagai pemenang regional dari renowned Japanese skiing destination.

Kemudian, Fullerton Ocean Park Hotel Hong Kong by Sino Land Company Limited dan M8 by China Construction Engineering (Macau) Company Limited meraih dua kemenangan regional untuk Hong Kong dan Makau.

New Bund 31 by Shun Tak Qiantan (Shanghai) Cultural dan Real Estate Company Limited dinobatkan sebagai Best Mixed Use Development (Asia). Capaian ini merupakan kemenangan regional untuk Tiongkok Daratan.

Tokoh ikonik

Dalam gelaran Grand Final ajang PropertyGuru Asia Property Awards 2023 ada hal yang mencuri perhatian publik.

Salah satu tokoh paling ikonik di industri real estat Hong Kong sekaligus founder and chairman of Lan Kwai Fong Group, Allan Zeman, hadir untuk menerima Icon Award dari editorial team of Property Report by PropertyGuru, the official magazine.

Sebelumnya, ia berhasil pula memenangkan gelar Real Estate Personality of the Year pada 2015.

Salah satu tokoh paling ikonik di industri real estat Hong Kong sekaligus founder and chairman of Lan Kwai Fong Group, Allan Zeman, hadir untuk menerima Icon Award dari editorial team of Property Report by PropertyGuru, the official magazine. Dok. PropertyGuru Group Salah satu tokoh paling ikonik di industri real estat Hong Kong sekaligus founder and chairman of Lan Kwai Fong Group, Allan Zeman, hadir untuk menerima Icon Award dari editorial team of Property Report by PropertyGuru, the official magazine.

“Merupakan suatu kehormatan untuk dianugerahi Icon Award 2023. Lan Kwai Fong telah menjadi merek besar di HK dan seluruh dunia. Ini sangat penting bagi kami dan mitra kami,” ujar Zeman dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa (12/12/2023).

Pada kesempatan sama, Chief Executive Officer (CEO) and Managing Director PropertyGuru Group Hari V Krishnan mengatakan, puncak rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards tahun ini adalah perayaan yang pantas atas para pembuat perubahan yang berkontribusi dalam membentuk kota-kota masa depan.

Mulai dari ibu kota yang ramai hingga kota metropolitan yang luas, serta kota-kota yang terencana dengan baik.

“Masa depan kota-kota di Asia berada di tangan para pengembang yang andal. Pengembang-pengembang ini akan membuka jalan bagi industri yang lebih berkelanjutan, adil, dan inovatif di negara masing-masing. Kepada seluruh pemenang, kami merayakan kesuksesan Anda dan menantikan apa yang Anda ciptakan selanjutnya,” kata Krishnan.

Sementara itu, GM of PropertyGuru Asia Property Awards and Events Jules Kay menambahkan, pengakuan dan penghargaan atas keunggulan pada 2023 membawa pihaknya pada perjalanan yang penuh wawasan melalui beragam pasar properti di Asia.

Merayakan real estat dari kota-kota masa depan, lanjut Kay, PropertyGuru Asia berhasil menemukan kembali aspirasi kualitas di antara pengembang, pembeli, dan pembangun.

-Dok. PropertyGuru Group -

“Kami juga mendapati komitmen yang semakin besar terhadap keberlanjutan di antara residensial, komersial, dan industrial developers sebagai tempat terbaik untuk tinggal sekaligus bekerja. Asia telah menjadi contoh cemerlang dalam hal kualitas,” terangnya.

Kay melanjutkan, para pengembang di Asia berhasil menunjukkan bahwa kawasan secara konsisten fokus pada peningkatan standar pembangunan, mendefinisikan ulang desain, serta mendongkrak perekonomian.

“Selamat kepada seluruh pemenang terbaik di Asia karena Anda terus mendorong perubahan dan inovasi positif,” kata Kay.

Sebagai informasi, sejumlah pihak didapuk sebagai juri independen PropertyGuru Asia Property Awards 2023.

Adapun pemenang regional dipilih oleh juri independen yang terdiri dari head judges of participating markets in the Awards.

Mereka adalah Chairperson of The Grand Final and General Director Group GSA (Vietnam) Thien Duong, CEO 360 degrees Real Estate Services asal India Ajai A Kapoor, President of TAJARA Leisure & Hospitality Group Inc. (Philippines) Cyndy Tan Jarabata, serta CEO Midori no Ki (Greater Niseko) Eddie Guillemette.

Selain itu, ada pula, President Malaysian Institute of Architects 2020-2022 asal Malaysia Datuk Ar. Ezumi Harzani Ismail, Assistant General Manager and Group Head of Marketing B.S.C. Group dari Mainland China Ken Ip, Head of Partnership Growth for APAC at IWG PLC Singapore Kristin Thorsteins, dan Regional Manager for Western Australia Inhabit Group Lui Violanti.

Kemudian, president, board of directors Macao Association of Building Contractors and Developers (Hong Kong and Macau) Paul Tse, Executive Vice President Cambodian Valuers and Estate Agents Association Sorn Seap, CEO Sen X Group PCL dari Thailand Suphin Mechuchep, dan Senior Director And Head of Advisory JLL Indonesia Vivin Harsanto.

Firma akuntansi dan penasihat internasional terkemuka, HLB, memastikan bahwa proses seleksi berlangsung adil dan transparan di bawah pengawasan Paul Ashburn dari HLB International Real Estate Group.

Diselenggarakan oleh PropertyGuru Group, Grand Final PropertyGuru Asia Property Awards ke-18 didukung oleh platinum sponsor Kohler, silver sponsor Dongpeng Ceramic and Subzero Wolf, official portal partner PropertyGuru, official magazine Property Report by PropertyGuru, serta official publicity partner Artemis Associates,

Selain itu, ada pula media partners, yakni Bridges, d+a Magazine, Housing.com, Manila Bulletin, Powderlife, dan The Manila Times. Official beverage partner Fah Mai Holdings, supporting partners REHDA Institute and IFC-EDGE, dan official supervisor HLB juga mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

Untuk rincian daftar pemenang PropertyGuru Asia Property Awards 2023, klik tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com