Advertorial

Aplikasi JOOB Hadir di Indonesia, Platform Talent Marketplace Khusus UMKM dan Pencari Kerja

Kompas.com - 15/12/2023, 21:02 WIB

KOMPAS.com – Perusahaan joint venture antara EnterpriseBlockchain Corp (EBC) dan Grab meluncurkan platform talent marketplace JOOB.

Platform tersebut hadir untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merekrut pekerja secara mudah dan cepat.

Dalam pengembangannya, JOOB memberikan akses bagi para pencari kerja untuk memperoleh pekerjaan yang lebih luas.

JOOB sendiri telah melakukan penelitian dan uji coba pasar sejak 2022. Setelah melalui berbagai tahapan, aplikasi JOOB yang juga dapat diakses melalui website kini resmi tersedia di Play Store (Android) dan App Store (iOS) yang dapat diunduh pemilik UMKM ataupun pencari kerja. Aplikasi ini pun dapat diakses melalui GrabMerchant–aplikasi besutan Grab untuk mitra merchant.

Untuk diketahui, JOOB menyediakan sejumlah fitur andal yang dapat dioptimalkan pemilik UMKM ataupun manajer HR, antara lain pasang lowongan pekerjaan, penyaringan (filter) curriculum vitae (CV), pengaturan wawancara, dan pengiriman tawaran pekerjaan kepada kandidat.

Khusus fitur filter, pemilik UMKM ataupun manajer HR dapat mengoptimalkan fitur ini untuk menentukan kriteria dan persyaratan kandidat. Dengan begitu, proses penyaringan kandidat dapat lebih efisien hingga 95 persen.

Pemilik UMKM dan manajer HR pun dapat berkomunikasi dengan kandidat di aplikasi JOOB. Hal ini memberikan kenyamanan serta meningkatkan efisiensi lantaran mereka tidak perlu menggunakan platform media sosial lain untuk berkomunikasi dengan kandidat.

Seluruh fitur tersebut pun dapat diakses secara gratis sehingga dapat membantu perusahaan untuk menghemat bujet proses perekrutan.

Indra Setiawan menjadi salah satu manajer HR yang telah menjajal aplikasi JOOB untuk merekrut karyawan. HR perusahaan asal Bandung ini menilai, aplikasi JOOB mempermudah dirinya dalam menjalankan tanggung jawab merekrut kandidat potensial.

"Dengan aplikasi JOOB, sekarang saya tidak perlu lagi menghabiskan waktu dengan membuka CV kandidat satu per satu. Hal ini memberikan kenyamanan dalam proses perekrutan", ujar Indra dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (15/12/2023).

Bagi para pencari kerja, JOOB menyediakan fitur pembuatan CV yang mudah serta proses lamar pekerjaan secara praktis.

Setelah CV dibuat, mereka dapat melamar ke berbagai lowongan yang tersedia. Hal ini dinilai dapat meningkatkan peluang kandidat untuk memperoleh pekerjaan.

Setiap kandidat juga dapat mengonfirmasi seluruh proses perekrutan dengan pemilik UMKM atau manajer HR melalui fitur chat.

Fitur tersebut juga dapat memberikan pembaruan status untuk para pencari kerja agar mendapatkan informasi tentang kemajuan proses perekrutan.

-Dok. JOOB -

Dukungan bagi UMKM dan pekerja lepas

Kehadiran platform JOOB sejalan dengan upaya EBC dan Grab dalam merespons pertumbuhan ekonomi gig yang cepat di Asia Tenggara.

Fenomena tersebut pun mendorong kedua perusahaan untuk membentuk joint venture guna mendukung UMKM dan pekerja lepas di Indonesia.

Head of JOOB Indonesia Imaduddin Amin mengatakan, JOOB hadir menjadi solusi untuk masyarakat di Tanah Air, baik bagi pelaku UMKM maupun pencari kerja.

"JOOB sudah memiliki rencana menarik untuk pembaruan besar di masa mendatang yang menambahkan solusi sumber daya manusia (SDM) yang lebih mendalam, seperti kehadiran dan penggajian untuk pengguna kami," kata Immaduddin.

Sebagai informasi, EBC adalah anak perusahaan teknologi asal Korea Selatan (Korsel) dari Grup Hanwha. Adapun Hanwha merupakan grup bisnis Korsel terbesar ke-7 berdasarkan total aset dan juga merupakan perusahaan Fortune Global 500. Perusahaan ini menggunakan teknologi blockhain dan smart contract untuk mencatat data individu on-chain dan memberikan kepemilikan data kepada individu. Selain itu, EBC juga menghubungkan individu dengan layanan keuangan melalui DATA ID.

Sebagai salah satu platform on-demand di Asia Tenggara untuk berbagai layanan, seperti taksi online, makanan, barang kebutuhan sehari-hari, pengiriman paket, dan pembayaran seluler, Grab menyediakan informasi dan akses ke setiap jaringannya.

Platform talent marketplace JOOB pun memungkinkan para penggunanya untuk menjaga data terkait bisnis dan talenta yang berasal dari kegiatan perekrutan dan pekerjaan.

Ke depan, JOOB berencana memanfaatkan data tersebut untuk menawarkan produk layanan keuangan, seperti penggajian.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com