Advertorial

Pelindo Multi Terminal Lakukan Go-Live Standarisasi dan Sistemasi di Branch Gresik

Kompas.com - 16/12/2023, 08:36 WIB



KOMPAS.com – PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) melakukan Go-Live Standarisasi dan Sistemasi Operasi Pelindo Multi Terminal di SPMT Branch Gresik pada Jumat (15/12/2023).

Standarisasi dan Sistemasi ini merupakan upaya SPMT untuk meningkatkan kualitas layanan bagi para pengguna jasa di Branch Gresik dan sekaligus menjadi bagian dari program Transformasi dan Standarisasi Operasi Pelabuhan di Pelindo Group.

SPMT merupakan salah satu subholding PT Pelindo, yang dalam bisnisnya bergerak pada kepelabuhanan di bidang operasi terminal multipurpose di Indonesia, seperti curah cair, curah kering, dan kargo umum.

Adapun Transformasi dan Standarisasi Operasi Pelabuhan yang dilakukan Pelindo Group berpegang pada enam pilar transformasi, yakni Proses Bisnis, Teknologi, Peralatan, sumber daya manusia (SDM), Infrastruktur, dan Health Safety Security & Environment (HSSE).

Manager PT Pelindo Multi Terminal Branch Gresik Sutopo mengungkapkan, dengan terpenuhinya enam pilar transformasi, langkah selanjutnya adalah mengimplementasikan keseluruhan pilar-pilar tersebut.

"Standarisasi dan Sistemasi Operasi Pelindo Multi Terminal di SPMT Branch Gresik ini menjadi cikal bakal tercapainya milestone dalam menjalani amanah dari Pelindo. Besar harapan kita semua agar Go-Live ini dapat memberikan dampak yang positif untuk kemajuan perusahaan," kata Sutopo dalam siaran persnya, Sabtu (16/12/2023).

Sutopo menegaskan, hal terpenting adalah menjaga komitmen dalam pelaksanaan transformasi dan standarisasi operasional di SPMT Branch Gresik hingga membawa SPMT menjadi lebih baik pada khususnya dan Pelindo pada umumnya.

Aktivitas di ruang Planning & Control Pelindo Multi Terminal di SPMT Branch Gresik, Jawa TimurDOK. Pelindo Aktivitas di ruang Planning & Control Pelindo Multi Terminal di SPMT Branch Gresik, Jawa Timur

Sekretaris Perusahaan SPMT, Fiona Sari Utami menambahkan, peningkatan layanan operasional ini juga ditandai dengan angka kinerja operasional perusahaan yang tumbuh positif sepanjang semester I-2023.

Ia mengatakan, hingga Juni 2023, kinerja SPMT mengalami tren positif dengan tumbuhnya angka bongkar muat di pelabuhan yang dikelolanya.

“Dengan transformasi dan peningkatan pelayanan yang secara kontinyu terus berlangsung, SPMT berharap tren positif kinerja perusahaan akan terus berlanjut dan mencapai target yang telah ditetapkan hingga akhir tahun 2023," terang Fiona.

Transformasi SPMT Branch Gresik merupakan bagian dari upaya Pelindo Multi Terminal untuk terus menghadirkan layanan operasional yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan para pengguna jasa dengan kinerja yang terstandarisasi di seluruh Indonesia.

Sebelum transformasi di Branch Gresik, SPMT juga telah melakukan transformasi di Branch Jamrud Nilam Mirah, Branch Bagendang, Branch Tanjung Wangi, Branch Makassar, dan Branch Belawan.

Selanjutnya, SPMT juga akan melakukan transformasi operasional di terminal-terminal lain yang dikelolanya di seluruh Indonesia. Hal ini bertujuan menciptakan standarisasi layanan operasional multipurpose dalam mendukung kinerja Pelindo Multi Terminal untuk konektivitas Indonesia sesuai dengan visi SPMT, yaitu Indonesia’s Connectivity Champion.

Untuk diketahui, selain melaksanakan kegiatan Go- Live Standarisasi dan Sistemasi Operasi Pelindo Multi Terminal, SPMT Branch Gresik juga menyelenggarakan acara syukuran tumpengan dan santunan anak yatim.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Senior Vice President Pengelolaan Operasi, Zevy Wandono Diargo dan Senior Vice President Transformation Management Office, Rezza Mahyudin.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com