Advertorial

J&T Express Kuatkan Komitmen Inklusi Sosial melalui Pemberdayaan UKM dalam Negeri

Kompas.com - 17/12/2023, 11:15 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan logistik asal Indonesia J&T Express berkomitmen untuk mendukung perkembangan pengusaha lokal, khususnya pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Brand Manager J&T Express Herline Septia mengatakan, dukungan yang diberikan pihaknya berikan berupa aksi membantu UKM dalam menjangkau para pembeli yang ada di pelosok negeri melalui jasa pengantaran yang diberikan perusahaan.

Seperti diketahui, UKM adalah salah satu pilar penting yang berpengaruh besar pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Namun, tak bisa dimungkiri, peran strategis dari UKM itu juga tak lepas dari keberadaan penyedia jasa logistik yang membantu UKM dalam menjangkau berbagai lapisan masyarakat.

“Kami secara konsisten telah mengimplementasikan serangkaian program pengembangan bisnis yang mendukung pertumbuhan UKM. Kami yakin bahwa inklusi sosial adalah kunci untuk membangun masyarakat yang berkelanjutan,” ujar Herline dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (12/12/2023).

Herline menambahkan, komitmen J&T untuk menyediakan kesempatan dan dukungan bagi para UKM akan terus dilakukan agar mereka dapat semakin berdaya, berkembang, dan memaksimalkan bisa potensinya melalui pendampingan logistik yang tepat.

Adapun salah satu upaya pemberdayaan UKM yang J&T lakukan adalah dengan mengadakan program J&T Youngpreneur untuk mahasiswa.

Dalam program tersebut, J&T Express melakukan roadshow ke sejumlah universitas di tiap kota yang ada di Tanah Air untuk menjangkau para pebisnis lokal.

“Pada setiap kunjungan, kami kerap mengadakan seminar bisnis demi menggali potensi wirausaha muda,” kata Herline.

Selain itu, tambah Herline, ada juga J&T Super Seller yang merupakan program kompetisi sekaligus inkubator bisnis untuk memberikan dukungan khusus bagi usaha UKM mahasiswa. Program ini sudah hadir sejak 2021.

Lewat program itu, para mahasiswa diberikan modal usaha dan kesempatan untuk mengelola bisnis selama periode tiga bulan.

Selama periode tersebut, para pelaku UKM harus bersaing dan diwajibkan untuk mempresentasikan pergerakan bisnis yang dijalankan.

Kemudian, J&T akan memilih tiga UKM mahasiswa terbaik sebagai pemenang J&T Super Seller.

-Dok. J&T -
Upaya J&T sepanjang 2023

Tak berhenti di situ, J&T Express juga telah menggelar berbagai kegiatan untuk mengangkat UKM lokal dari berbagai daerah sepanjang 2023.

“J&T Express berpartisipasi dalam Festival Pesta Anak Bangsa yang diselenggarakan bersama Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). Kegiatan ini menjadi platform bagi UKM untuk bersaing dan memperluas jangkauan pasar mereka,” terang Herline.

Menuju akhir 2023, tambah Herline, J&T Express pun kembali mengukuhkan komitmennya untuk mendukung UKM dalam negeri dengan mengadakan program Deliver Possibilities.

Program tersebut dihadirkan tidak hanya untuk fokus pada pemberdayaan UKM, tetapi juga untuk mendukung UKM disabilitas.

Dengan kata lain, program Deliver Possibilities hadir untuk memberdayakan para pelaku UKM disabilitas agar mereka bisa naik kelas dan meraih peluang lebih besar untuk usahanya

Upaya itu akan J&T lakukan bersama Yayasan Berdaya Menembus Batas dan telah mendapat dukungan penuh dari Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM.

“Melalui semua program kegiatan untuk mendukung perkembangan UKM dalam negeri, J&T Express secara aktif melanjutkan komitmennya dan siap menjadi jembatan untuk membangun kesempatan yang lebih inklusif serta berdaya bagi semua pihak yang terlibat,” tutur herline.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com