Advertorial

Genap Berusia 128 Tahun, Berikut Sederet Capaian BRI

Kompas.com - 17/12/2023, 13:30 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) genap berusia 128 tahun pada 16 Desember 2023.

Di usia tersebut, BRI telah menunjukan sejumlah komitmen mereka dalam berkontribusi untuk negeri. Komitmen ini dibuktikan melalui kinerja yang berkelanjutan serta berbagai prestasi penting, baik dalam industri keuangan maupun secara sosial dan lingkungan.

Hingga Desember 2023, BRI telah menyabet lebih dari 190 penghargaan. Penghargaan tersebut datang dari berbagai lembaga maupun organisasi, mulai dari tingkat nasional hingga internasional.

Di kancah internasional, BRI juga berhasil menduduki peringkat strategis pada publikasi Forbes bertajuk “Forbes The Global 2000 Tahun 2023”.

Sebagai informasi, publikasi tersebut berisikan daftar 2.000 perusahaan publik terbesar di dunia berdasarkan penjualan (sales), laba (profit), aset (assets), dan nilai pasar (market value).

Pada ranking Forbes, peringkat BRI juga terus naik selama 13 tahun terakhir. Pada 2021, BRI menempati urutan 362 sebagai perusahaan terbesar di Indonesia.

Angka tersebut kemudian naik menjadi peringkat 349 pada 2022, lalu naik kembali menjadi urutan 307 pada 2023.

Kenaikan peringkat tersebut menunjukkan bahwa perseroan mampu menduduki peringkat teratas di antara perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

Kinerja BRI juga diapresiasi banyak pihak melalui penghargaan Global Finance 30th Annual Best Bank Awards 2023: Best Bank in Indonesia dan Euromoney Awards (Rank 1): Market Leader–Indonesia.

BRI juga berhasil memborong sembilan penghargaan di FinanceAsia’s 23rd Award, salah satunya Best Companies in Asia Poll: Best Financial Company (Gold).

Dari sisi transformasi digital, The Banker Innovation in Digital Banking Awards 2023 juga memberikan penghargaan kepada BRI untuk inisiatif Agen BRILink.

Layanan Agen BRILink sendiri hadir untuk memudahkan masyarakat yang jauh di pelosok untuk bisa mengakses layanan perbankan.

Hingga Oktober 2023, jumlah Agen BRILink telah mencapai 710.000 agen yang tersebar di lebih dari 60.000 desa atau menjangkau lebih dari 80 persen dari total desa di Indonesia.

Sementara untuk kinerja secara umum, BRI berhasil menjaga kinerja positif dengan peningkatan aset sebesar 9,93 persen year-on-year (yoy) senilai Rp 1.851,97 triliun per kuartal III-2023.

Pertumbuhan aset tersebut juga diiringi dengan perolehan laba dalam sembilan bulan yang mencapai Rp 44,21 triliun atau tumbuh 12,47 persen yoy. BRI juga berhasil mendorong penyaluran kredit tumbuh 12,53 persen yoy menjadi Rp 1.250,72 triliun.

Penyaluran kredit UMKM juga tercatat tumbuh 11,01 persen, dari semula Rp 935,86 triliun pada akhir kuartal III-2022 menjadi Rp 1.038,90 triliun pada akhir kuartal III-2023. Secara total, porsi kredit UMKM BRI terhadap total kredit mencapai 83,06 persen.

Berkaitan dengan core bisnis yang menaungi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Bank Indonesia (BI) juga memberikan tiga penghargaan kepada BRI.

Penghargaan tersebut diantaranya adalah Bank Pendukung Pembiayaan Inklusif Terbaik, Bank Pendukung Keuangan Hijau Terbaik, dan Bank Konvensional Pendukung pengendalian Moneter Valas Terbaik.

Di bidang lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG), BRI berhasil meraih Best Corporate ESG Strategy (Gold) dalam acara FinanceAsia's 23rd Best Companies in Asia Poll, serta mendapatkan peringkat Platinum untuk Laporan Keberlanjutan 2022 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dari Asia Sustainability Reporting Rating (ASSRAT) 2023.

Bank BRI berhasil meraih penghargaan Best Corporate ESG Strategy (Gold) dalam acara FinanceAsia's 23rd Best Companies in Asia Poll, serta mendapatkan peringkat Platinum untuk Laporan Keberlanjutan 2022 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dari Asia Sustainability Reporting Rating (ASSRAT) 2023.

Dalam pemeringkatan Euromoney Banking Rankings, BRI juga diakui sebagai pemain yang tangguh di bidang ESG.

Komitmen BRI dalam mengimplementasikan ESG tersebut tercermin dari peningkatan skor BRI dalam Sustainability Yearbook Member S&P Global Corporate Sustainability Assessment (CSA), yaitu dari skor 46 pada tahun 2020 menjadi 52 pada 2021 dan 63 pada 2022. Skor ini diberikan dalam skala 1-100.

Pencapaian terbaik BRI ini tidak lepas dari kontribusi para Insan BRILiaN, yakni pekerja BRI yang mendukung kinerja perusahaan dengan kemampuan dan dedikasi mereka.

Bakat dan perhatian yang diberikan oleh BRI kepada para pekerjanya pun diakui melalui penghargaan di bidang sumber daya manusia, yakni HR Asia Best Companies to Work For in Asia 2023 dan HR Asia Diversity, Equity & Inclusion Award 2023.

Sementara itu, penghargaan Diversity, Equity, and Inclusion (DIE) memberikan pengakuan atas komitmen BRI dalam menciptakan lingkungan yang menghargai keragaman dan kesetaraan.

BRI sendiri telah lama menerapkan prinsip-prinsip keberagaman, kesetaraan, dan inklusi ini. Hal ini sejalan dengan tujuan BRI untuk melayani nasabah dari berbagai lapisan masyarakat di seluruh negeri. 

Baru-baru ini, BRI juga meraih penghargaan The Winner of Best Workplace (Top of Mind) Survey 2023 dari Korn Ferry Indonesia & SWA, masuk dalam daftar LinkedIn Top Companies 2023 di Indonesia, serta menerima sebelas penghargaan dari Brandon Hall Group, di antaranya HCM Excellence Award 2023 untuk Best New Hire Onboarding Program (Gold Award).

Direktur Utama (Dirut) BRI Sunarso mengatakan, deretan prestasi tersebut merupakan bukti bahwa BRI mampu menjaga kinerja positif yang berkelanjutan lewat manajemen risiko yang terukur.

Paparan tersebut disampaikan Sunarso dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-128 BRI pada Sabtu (16/12/2023).

Puncak perayaan ulang tahun BRI tersebut dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan dihadiri oleh 65.000 Insan Brilian serta keluarga yang berada di Jakarta dan sekitarnya.

“Masih banyak prestasi BRI lainnya yang membanggakan sehingga dapat menjadi pelecut semangat bagi kami untuk terus berkarya dan memberikan hasil yang terbaik,” ungkap Sunarso.

Untuk menjaga prestasi diatas, BRI akan terus berfokus pada pemberdayaan dan penyelamatan segmen UMKM pada masa sulit, serta menjadi mitra strategis pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional.

“Oleh karena itu, sangat layak jika prestasi tersebut didedikasikan bagi seluruh nasabah BRI dan Insan BRILiaN di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com