Advertorial

Jadi Top of Mind Orang Indonesia, Begini Deretan Keunggulan Innova Zenix Hybrid

Kompas.com - 18/12/2023, 21:12 WIB

KOMPAS.com – Di tengah perkembangan pasar kendaraan listrik di Indonesia, nama Toyota didapuk sebagai merek top of mind untuk kategori mobil hybrid atau hybrid electric vehicle (HEV) di masyarakat.

Hal tersebut terungkap dari survei yang dilakukan Kompas.com pada Oktober 2023 mengenai pemahaman mengenai mobil listrik di Indonesia. Hasil survei itu mendapati bahwa 61 persen dari 303 responden menyebut merek Toyota sebagai top of mind.

Lebih rinci, sebanyak 74 persen responden yang memilih Toyota menyebutkan secara spesifik tipe mobil yang menjadi top of mind mereka, yaitu Innova Zenix Hybrid.

Tak hanya itu, Toyota juga termasuk ke dalam tiga brand mobil hybrid yang paling dikenal responden. Bahkan, sebanyak 44 persen responden mengaku tertarik untuk membeli mobil hybrid dari Toyota di masa mendatang.

Temuan riset itu menunjukkan bahwa Innova Zenix Hybrid dari Toyota menjadi salah satu kendaraan listrik yang cukup melekat di benak masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan.

Innova Zenix Hybrid atau All New Kijang Innova Zenix HEV merupakan generasi ketujuh dari keluarga mobil Kijang di Indonesia. Seperti diketahui, Kijang sudah sejak lama dikenal sebagai mobil keluarga pilihan masyarakat Indonesia.

Innova Zenix Hybrid sendiri menghadirkan perubahan besar ketimbang generasi sebelumnya. Tidak hanya mengusung teknologi baru, mobil ini juga menawarkan pengalaman berkendara dengan mobil keluarga ramah lingkungan.

Mengenal lebih jauh Innova Zenix Hybrid

Innova Zenix Hybrid merupakan mobil hybrid Toyota produksi lokal pertama yang mengadopsi platform dan mesin Toyota New Global Architecture (TNGA), serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5.

Arsitektur TNGA itu memberikan kesempatan kepada desainer Toyota untuk mengembangkan performa kendaraan di level terbaiknya.

All New Kijang Innova Zenix sendiri menggunakan mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FKS DynamicForce Engine yang efisien dan powerful. Dapur pacu 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i itu mampu menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm serta torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 rpm.

Sementara itu, teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5 merupakan sistem baru yang dapat mengoptimalkan kontrol produksi tenaga pada motor bakar dan motor listrik. Dengan demikian, dapat menghasilkan performa mesin yang superior, efisiensi yang lebih baik, serta rendah emisi gas buang.

Dari segi fitur berkendara, Innova Zenix Hybrid punya fitur yang cukup lengkap dan canggih, mulai dari fitur keselamatan, kemudahan berkendara, hingga hiburan.

Fitur pertama yang menjadi unggulan mobil tersebut adalah teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 sebagai perangkat keselamatan aktif untuk melindungi pengendara dan penumpang.

Diberitakan Kompas.com, Kamis (24/11/2022), TSS 3.0 sebelumnya sudah digunakan oleh Toyota pada seri Voxy terbaru. Namun, ada beberapa pengembangan yang dilakukan pada TSS 3.0 untuk Innova Zenix Hybrid.

Pertama, jarak deteksi ke depan menjadi lebih luas, baik ke atas maupun ke bawah juga sisi kanan-kiri. Deteksi ke depan juga bisa melihat obyek bergerak lebih luas, bahkan dengan jarak yang lebih dekat. Kedua, peningkatan aspek teknis pada radar.

Selain itu, teknologi TTS 3.0 yang disematkan pada Innova Zenix Hybrid juga memiliki empat fitur keselamatan, yakni Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) and Lane Tracing Assist (LTA), serta Automatic High Beam (AHB).

Tampilan interior Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista. Dok. TAM Tampilan interior Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista.

Aspek keselamatan pada mobil tersebut semakin diperkuat dengan kehadiran enam airbag, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Monitor, dan kamera 360.

Selain itu, Innova Zenix Hybrid juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur modern yang memberikan kemudahan dalam berkendara. Sebut saja, electric parking brake + brake hold pada semua varian, start stop button dan smart entry, power back door with voice command, panoramic view monitor, serta fitur telematik T Intouch.

Pada bagian interior, Innova Zenix Hybrid menyuguhkan banyak fitur canggih untuk kemudahan dan hiburan pengguna. Mobil ini sudah dilengkapi dengan instrumen digital 7 inci, Wi-Fi, head unit 10 inci lengkap dengan Apple CarPlay, Android Auto, wireless charger, serta fitur NFC untuk mengecek saldo kartu elektronik.

Tak ketinggalan, Innova Zenix Hybrid juga disematkan fitur Air Ionizer yang mampu membersihkan udara di dalam kabin mobil.

Pada baris kedua mobil itu, terdapat layar Rear Seat Entertainment dengan konektivitas internet. Layar 10 inci ini dapat menampilkan hiburan dari Netflix atau mendengarkan Spotify.

Masih di baris kedua, Innova Zenix Hybrid memiliki Panoramic Retractable Roof dan kursi Captain Seat with Ottoman yang memberikan kesan mewah dan kenyamanan untuk pengguna.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Innova Zenix Hybrid cocok bagi pengendara yang tidak hanya mencari mobil keluarga yang nyaman, tetapi juga mobil yang irit dengan performa baik, punya fitur keselamatan unggul, serta ramah lingkungan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com