Advertorial

Membedah Keunggulan Mobil Listrik dan Mobil Hybrid

Kompas.com - 18/12/2023, 21:16 WIB

KOMPAS.com – Mobil listrik dan mobil hybrid adalah dua jenis kendaraan yang populer di Indonesia beberapa waktu belakangan. Kesadaran masyarakat akan keberlanjutan bumi dan alasan efisiensi menjadi pendorong kepopuleran keduanya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil battery electric vehicle (BEV) di Indonesia pada September 2023 mencapai 1.857 unit, sementara mobil hybrid electric vehicle (HEV) mencapai 5.026 unit.

Mobil listrik sendiri digerakkan sepenuhnya oleh motor listrik. Komponen ini mendapatkan tenaganya dari baterai yang harus diisi ulang secara berkala. Mobil listrik diklaim bebas emisi atau nol emisi sehingga lebih ramah lingkungan jika dibandingkan mobil konvensional.

Sementara itu, mobil hybrid menggunakan kombinasi mesin pembakaran internal berbahan bakar minyak (BBM) sebagai penggerak roda dan motor listrik untuk membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Meski memakai bahan bakar konvensional, emisi yang dihasil tetap lebih rendah daripada kendaraan konvensional.

Meski populer, kepemilikan mobil listrik ataupun hybrid masih berbanding jauh dengan mobil konvensional. Hal ini terlihat dari survei yang dilakukan Kompas.com sepanjang Januari-September 2023. Hasilnya, 97 persen responden memang belum memiliki mobil listrik ataupun hybrid.

Akan tetapi, minat mereka terhadap kedua kendaraan tersebut terbilang tinggi. Sebab, 93 persen di antaranya mengaku tertarik untuk memiliki mobil listrik ataupun hybrid di masa mendatang.

Sedikitnya, ada enam hal yang membentuk ketertarikan tersebut. Pertama, ingin membantu mengurangi emisi gas buang.

Seperti diketahui, di dalam emisi gas buang, terdapat sejumlah zat kimia berbahaya, seperti karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), nitrogen dioksida (NO2), dan hidrokarbon (HC). Tak hanya memicu pemanasan global, zat-zat tersebut juga berdampak buruk bagi kesehatan.

Mobil listrik dan hybrid memiliki emisi gas buang yang jauh lebih rendah ketimbang mobil konvensional. Hal ini dikarenakan mobil listrik tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM), sedangkan mobil hybrid hanya menggunakan BBM di saat dibutuhkan saja.

Dengan minimnya gas buang yang dihasilkan, penggunaannya dapat membantu mengurangi pencemaran udara dan memitigasi perubahan iklim.

Kedua, irit konsumsi bahan bakar. Ini karena mobil listrik tidak menggunakan BBM sama sekali, sedangkan mobil hybrid hanya menggunakan BBM di saat dibutuhkan saja.

Ketiga, performa mesin halus atau tidak bising. Mobil listrik tidak menggunakan mesin pembakaran internal. Sementara, pada mobil hybrid, pembakaran terjadi saat dibutuhkan saja.

Keempat, fitur dan desain modern. Ini mengingat, kehadiran mobil listrik dan hybrid merupakan bagian dari pembaruan teknolog.

Kelima, pajak lebih murah. Seperti diketahui, pemerintah memberikan subsidi pajak untuk pembelian mobil listrik dan hybrid. Hal ini membuat harga keduanya menjadi lebih terjangkau ketimbang mobil konvensional.

Terakhir, lebih hemat perawatan karena mobil listrik dan hybrid tidak memiliki komponen mesin yang perlu diganti secara berkala.

Berdasarkan alasan-alasan tersebut, mobil listrik ataupun hybrid bisa menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat yang ingin berkontribusi terhadap lingkungan, menghemat pengeluaran, dan mendapatkan kendaraan dengan performa terbaik.

Nah, bagi Anda yang tengah mencari mobil listrik ataupun hybrid, tidak ada salahnya mempertimbangkan Toyota. Produsen otomotif kenamaan asal Jepang tersebut punya sejumlah produk mobil listrik di setiap kategori, mulai dari BEV, HEV, hingga plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). Berikut adalah rekomendasinya.

  1. Toyota BZ4X BEV

Toyota BZ4X BEV adalah mobil listrik murni pertama yang diluncurkan Toyota di Indonesia pada November 2022. Mobil sport utility vehicle (SUV) kompak ini menawarkan berbagai fitur dan teknologi canggih, termasuk performa mumpuni, jarak tempuh jauh, dan keamanan yang terjamin.

Dari segi performa, Toyota BZ4X didukung motor listrik AC synchronous yang mampu menghasilkan tenaga 244 hp dan torsi 266 Nm. Akselerasi dari 0-100 km per jam dapat ditempuh dalam waktu 8,3 detik.

Untuk kinerjanya, Toyota BZ4X dilengkapi baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh. Dengan sekali pengisian penuh, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 500 km berdasarkan pengujian Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP).

Berbagai fitur canggih, termasuk Toyota Safety Sense 3.0, panoramic roof, head unit layar sentuh 12,3 inci, serta teknologi parkir otomatis disematkan di kendaraan tersebut. Desainnya pun futuristik dan modern.

Meski berdesain kompak, Toyota BZ4X tetap menawarkan ruang interior yang luas dan nyaman.

  1. Toyota Innova Zenix HEV

Innova Zenix HEV merupakan mobil keluarga terbaru dari Toyota yang dibekali dengan mesin hybrid empat silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i. Mobil ini hadir dengan berbagai spesifikasi dan keunggulan yang membuatnya layak dipertimbangkan sebagai pilihan kendaraan keluarga.

Adapun mesin Innova Zenix HEV memiliki kapasitas 1.987 cc dengan tenaga maksimal 152 PS dan torsi maksimal 205 Nm, serta bertransmisi continuously variable transmission (CVT)

Sistem penggerak kendaraan tersebut rear wheel drive (RWD) dengan dimensi 4.755 mm x 1.850 mm x 1.795 mm, serta sumbu roda yang berjarak 2.850 mm.

Dengan dukungan mesin seperti itu, Innova Zenix HEV mampu menghasilkan tenaga yang cukup besar serta berakselerasi dari 0 ke 100 km per jam dalam waktu 9,9 detik. Meski begitu, konsumsi bahan bakarnya tetap irit, yakni sekitar 19,1 km per liter.

Dari segi keselamatan, mobil tersebut sudah dilengkapi fitur pencegah terjadinya kecelakaan, Toyota Safety Sense (TSS).

Sebagai mobil keluarga, kenyamanan Innova Zenix HEV tidak perlu diragukan lagi. Kabinnya didesain mewah dan modern dengan looks sporty.

  1. All New Alphard HEV

All New Alphard HEV merupakan varian tertinggi dari multipurpose vehicle (MPV) premium Toyota, Alphard. Varian ini hadir dengan mesin hybrid yang menawarkan performa yang mumpuni, kenyamanan yang mewah, serta efisiensi bahan bakar.

Mesin yang digunakan mobil ini adalah A25A-FXS 2.5L hybrid yang menghasilkan tenaga 190 PS dan torsi 239 Nm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi CVT yang memberikan perpindahan gigi yang halus dan responsif.

Dengan tenaga yang cukup besar, All New Alphard HEV mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu 8,7 detik. Performa yang mumpuni ini menjadikan All New Alphard HEV sebagai MPV premium yang tetap bertenaga dan responsif.

All New Alphard HEV menawarkan kenyamanan yang mewah. Kabinnya dibalut dengan material berkualitas tinggi, serta dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan premium, seperti kursi elektrik, panoramic sunroof, dan sistem audio premium JBL.

  1. Camry HEV

Toyota Camry HEV merupakan salah satu sedan mewah yang paling populer di Indonesia. Mobil ini menawarkan perpaduan antara desain yang elegan, performa yang bertenaga, dan konsumsi bahan bakar yang irit. 

Camry HEV mengusung mesin 2.5L Atkinson-cycle 4 silinder yang menghasilkan tenaga 178 PS dan torsi 22,5 kgm. Mesin ini didukung oleh motor listrik bertenaga 120 kW dan torsi 20,6 kgm.

Sistem penggerak Camry HEV adalah penggerak roda depan yang dilengkapi transmisi otomatis CVT yang halus dan responsif. Mobil ini juga memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit, yaitu mencapai 25,4 km per liter.

  1. Altis HEV

Altis HEV merupakan varian tertinggi dari Toyota Corolla Altis yang menggunakan teknologi hybrid. Mobil ini dibekali dengan mesin bensin 2ZR-FXE berkapasitas 1,8 liter yang menghasilkan tenaga 97 daya kuda dan torsi 142 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik P610 HEV transaxle bertenaga 72 daya kuda dan torsi 163 Nm.

Kombinasi mesin bensin dan motor listrik pada Altis HEV menghasilkan performa yang bertenaga. Mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu 7,8 detik.

Fitur keselamatan Altis HEV pun tergolong lengkap, yakni mencakup Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Automatic High Beam (AHB).

  1. Corolla Cross HEV

Corolla Cross HEV memiliki dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Mobil ini memiliki ground clearance 161 mm sehingga cukup mumpuni untuk melintasi jalan yang tidak rata.

Mobil tersebut menggunakan mesin bensin 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc empat silinder DOHC berteknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan tenaga maksimal sebesar 98 PS dan torsi 142,1 Nm.

Mesin tersebut didukung oleh motor listrik yang menghasilkan tenaga sebesar 72 PS dan torsi 162 Nm.

Tenaga dari mesin dan motor listrik kemudian disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT. Kombinasi mesin bensin dan motor listrik ini membuat Corolla Cross HEV memiliki konsumsi bahan bakar yang irit.

  1. All New Yaris Cross HEV

All New Yaris Cross HEV merupakan mobil SUV kompak hybrid yang diluncurkan oleh Toyota pada Juli 2023. Mobil ini tersedia dalam dua varian, yaitu S dan G.

Kendaran tersebut memiliki dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.560 mm. Mesin yang digunakan adalah 2NR-VEX dengan kapasitas 1.496 cc empat silinder yang menghasilkan tenaga 105 hp dan torsi 138 Nm.

Permesinan All New Yaris Cross HEV kian sempurna dengan dukungan motor listrik yang menghasilkan tenaga 59 kW dan torsi 141 Nm.

All New Yaris Cross HEV menggunakan transmisi otomatis CVT yang menghubungkan mesin dan motor listrik. Mobil ini memiliki konsumsi BBM yang irit, yaitu 28 km per liter.

  1. All New RAV4 GR Sport PHEV

All New RAV4 GR Sport PHEV merupakan mobil SUV PHEV yang diluncurkan oleh Toyota pada Agustus 2023. Mobil ini merupakan varian tertinggi dari RAV4 PHEV yang dipasarkan di Indonesia.

Kendaraan tersebut memiliki dimensi panjang 4.695 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.680 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 2.690 mm, dengan ground clearance 190 mm.

All New RAV4 GR Sport PHEV ditenagai oleh mesin bensin 2.500cc Atkinson-cycle yang dikawinkan dengan dua motor listrik. Mesin bensin menghasilkan tenaga 136 kW (182 PS) dan torsi 227 Nm. Sementara, motor listrik menghasilkan tenaga 88 kW (118 PS) dan torsi 202 Nm.

Total tenaga yang dihasilkan mencapai 224 kW (306 PS) dan torsi 339 Nm. Mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu 6,5 detik.

Itulah jenis-jenis mobil listrik dari Toyota yang beredar di pasar Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai semua jenis kendaran listrik dari Toyota, klik tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com