Advertorial

11 Layanan BPJS Kesehatan yang Bisa Diakses Peserta di Mobile JKN

Kompas.com - 19/12/2023, 18:06 WIB

KOMPAS.com – Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) besutan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus mengalami pembaruan sejak dirilis pada November 2017.

Kini, di versi terbaru V4.7.0, Mobile JKN menghadirkan sejumlah fitur unggulan dalam ikon bulat berformat vektor. Fitur ini meliputi Info Program JKN, Info Lokasi Fasilitas Kesehatan (Faskes), Info Riwayat Pelayanan, Rehab (Cicilan), Penambahan Peserta, Info Peserta, Pendaftaran Pelayanan (Antrean).

Kemudian, Konsultasi Dokter, Perubahan Data Peserta, Pengaduan Layanan JKN, Info Ketersediaan Tempat Tidur, Info Jadwal Tindakan Operasi, Info Iuran, Pendaftaran Auto Debit, Info Riwayat Pembayaran, Skrining Kesehatan, dan Info Virtual Account.

Aplikasi Mobile JKN bisa digunakan untuk layanan di faskes atau mengurus kebutuhan administrasi.

Berikut adalah ulasan fitur di Mobile JKN.

  1. Info Program JKN

Fitur Info Program JKN memuat enam informasi, mulai dari persyaratan pendaftaran peserta, hak dan kewajiban peserta, informasi sanksi dari segala bentuk pelanggaran yang dapat dilihat secara praktis dan lengkap, fasilitas, hingga manfaat program JKN.

Fitur tersebut juga memuat informasi cara pembayaran premi BPJS Kesehatan berikut metode pembayaran yang telah disediakan. Terdapat ragam metode pembayaran yang dapat diakses peserta, yakni Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Tokopedia, serta kartu kredit seperti Visa, Master Card, dan JCB.

  1. Info Peserta

Fitur Info Peserta memuat informasi nomor peserta, fasilitas kesehatan tingkat pertama yang dapat dipilih peserta, dan status kepesertaan.

Bagi peserta yang merupakan kepala keluarga, menu ini menampilkan seluruh anggota keluarganya dalam satu kartu keluarga yang terdaftar sebagai peserta JKN.

Informasi yang terdapat pada tiap peserta meliputi nama peserta, Nomor Induk Kependudukan (NIK), jenis pekerjaan peserta, kelas perawatan, tanggal lahir, dan lokasi faskes 1.

  1. Penambahan Peserta

Peserta juga bisa menambah kepesertaan JKN dari anggota keluarganya dengan memilih menu Penambahan Peserta.

Setelah menyetujui serangkaian persyaratan yang berlaku, peserta akan diminta menuliskan nomor kartu keluarga untuk melanjutkan proses berikutnya.

Dengan Mobile JKN, peserta pun tak perlu lagi mengantre pengurusan persyaratan administrasi ke kantor BPJS Kesehatan.

  1. Pendaftaran Pelayanan (Antrean)

Peserta JKN bisa mendaftarkan diri di layanan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan fasilitas kesehatan rujukan menggunakan Mobile JKN. Dengan demikian, peserta tak perlu mengantre lama untuk mendaftar di faskes.

Peserta yang sudah mendapatkan nomor antrean juga bisa hadir ke faskes sesuai perkiraan waktu.

  1. Info Riwayat Pelayanan

Peserta JKN bisa mengakses riwayat layanan kesehatan yang telah dijalani melalui fitur Info Riwayat Pelayanan.

Di fitur itu, peserta dapat mengecek riwayat diagnosis penyakit, keluhan kesehatan, serta jenis obat dan terapi.

Peserta juga bisa menyematkan bintang sebagai barometer kepuasan layanan yang diterima dari pelayanan JKN. Terdapat lima ikon bintang yang tersedia. Semakin penuh kolom bintang yang terisi, maka semakin puas penggunanya. Pun sebaliknya.

Fitur tersebut juga menjadi bahan evaluasi layanan pada faskes yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sehingga pelayanan dan mutu bisa ditingkatkan.

  1. Info Lokasi Faskes

Peserta yang berniat mengganti FKTP bisa terlebih dulu mencari informasi terkait faskes yang tersedia melalui menu Info Lokasi Faskes.

Di menu ini, terangkum data FKTP yang melayani peserta program JKN. Faskes yang dapat dipilih meliputi puskesmas, apotek, klinik pratama, laboratorium, optik, dokter gigi, dokter umum, PMI, dan rumah sakit.

Informasi kantor BPJS Kesehatan tingkat cabang dan wilayah juga terangkum dalam menu tersebut. Bahkan, informasinya mencakup estimasi jarak dari alamat terdaftar peserta. Dengan demikian, pelayanan kesehatan dapat terukur secara jarak dan waktu.

Fitur tersebut juga terkoneksi dengan aplikasi Google Map yang memudahkan peserta dalam melacak faskes terdekat yang dituju secara akurat. Selain itu, juga tersedia nomor telepon faskes yang dapat dihubungi peserta.

  1. Info Ketersediaan Tempat Tidur

Ketersediaan tempat tidur untuk fasilitas rawat inap sebelumnya harus dicari dengan mengontak satu per satu rumah sakit yang dituju.

Dengan aplikasi Mobile JKN, hal tersebut dimudahkan, Peserta dapat mencari informasi tersebut melalui menu Info Ketersediaan Tempat Tidur.

Jika memilih menu ini, pilihan rumah sakit berikut jaraknya muncul. Kemudian, setiap rumah sakit yang dipilih akan menampilkan informasi ketersediaan tempat tidur di setiap kelas, mulai dari kelas I, II, III, VIP, VVIP, juga ICU, NICU, PICU, hingga kamar isolasi.

Informasi ketersediaan tempat tidur diperbarui secara berkala melalui keterhubungan dengan Sistem Informasi Rumah Sakit.

Mobile JKN juga melengkapi fitur tersebut dengan kolom pencarian berdasarkan nama rumah sakit yang akan dituju.

Sistem secara otomatis melacak daftar rumah sakit terdekat berikut alamat lengkapnya dari domisili peserta untuk mempercepat penanganan medis.

  1. Info Iuran

BPJS Kesehatan juga menghadirkan berbagai upaya agar kepatuhan peserta dalam membayar iuran dapat meningkat. Salah satunya melalui fitur Info Iuran yang kini hadir dengan mengklik ikon Menu Lainnya.

Setelah berhasil masuk, Anda bisa pilih menu Info Iuran untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan. Dalam menu ini, aplikasi akan memberi rincian tagihan peserta.

Selanjutnya, fitur Info Iuran akan memandu peserta untuk melakukan pembayaran sesuai channel autodebit bank dan e-money.

Melalui fitur itu, peserta juga bisa melakukan top up saldo e-money. Setelah melakukan pembayaran, aplikasi Mobile JKN akan menampilkan riwayat pembayaran iuran dan denda.

  1. Info Riwayat Pembayaran

Selain Info Iuran, peserta juga bisa memilih menu Info Riwayat Pembayaran. Menu ini bermanfaat untuk mengetahui riwayat pembayaran iuran dan sekaligus denda yang pernah ditangguhkan kepada peserta.

Peserta pun tidak perlu lagi datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan untuk sekadar melakukan cek tagihan BPJS Kesehatan.

  1. Info Jadwal Tindakan Operasi

Aplikasi Mobile JKN dapat menampilkan jadwal operasi peserta sesuai nama yang terdaftar dalam aplikasi Mobile JKN. Selain itu, peserta juga bisa melihat jadwal operasi di rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Jadwal ini akan terus diperbarui oleh pihak rumah sakit.

Dengan begitu, peserta dapat mengetahui kapan ia akan mendapat pelayanan tindakan operasi. Fitur ini terdiri atas informasi jadwal pelaksanaan, nama rumah sakit, dan tenaga kesehatan yang melakukan tindakan pembedahan.

Peserta pun tidak perlu lagi bolak-balik ke rumah sakit untuk mengecek kapan dia harus dioperasi. Kebijakan ini akan mendorong komitmen rumah sakit untuk memberikan pelayanan tindakan operasi tepat waktu sehingga mengurangi daftar tunggu yang panjang.

  1. Info Virtual Account

Fitur yang tidak kalah penting adalah cara mengetahui kode virtual account BPJS Kesehatan yang kini terangkum lengkap dan mudah di Mobile JKN.

Peserta BPJS Kesehatan yang lupa nomor virtual account keluarga bisa membuka aplikasi Mobile JKN untuk mengeceknya. Seperti diketahui, nomor virtual account BPJS Kesehatan diperlukan saat peserta membayar iuran secara manual lewat bank atau mesin ATM.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com