Advertorial

Sukses Wujudkan Kesetaraan Gender, Pemkot Cilegon Raih Penghargaan APE 2023 Kategori Nindya

Kompas.com - 19/12/2023, 21:46 WIB

KOMPAS.com – Kota Cilegon, Jawa Barat (Jabar), meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) untuk kategori Nindya.

Penghargaan prestisius tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PPPA Bintang Puspayoga kepada Wali Kota Cilegon Helldy Agustian di Gedung Metro TV, Jakarta Barat, Selasa (19/12/2023).

Helldy mengaku bersyukur dan mempersembahkan penghargaan tersebut kepada semua pihak di jajaran Pemerintah kota (Pemkot) Cilegon). Utamanya, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Cilegon yang turut berperan dalam mendukung terwujudnya kesetaraan gender di Kota Cilegon.

Prestasi itu pun semakin menegaskan komitmen Kota Cilegon dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di tingkat lokal.

"Dengan penuh rasa syukur, Kota Cilegon meraih penghargaan APE Kategori Nindya pada 2023. Pencapaian ini meningkat dari 2021 yang mana Cilegon meraih penghargaan pada kategori Madya. Semoga, penghargaan ini dapat menjadikan Kota Cilegon sebagai teladan dalam mewujudkan pembangunan pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan di tingkat daerah," ujar Helldy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Helldy menambahkan, prestasi tersebut merupakan dedikasi dan komitmen Pemkot Cilegon untuk bersaing dengan kota-kota lain di Indonesia dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

"Penghargaan ini merupakan bukti nyata atas kerja keras dan komitmen Pemkot Cilegon dalam melayani masyarakat. Ini bukan sekadar penghargaan yang diterima, melainkan hasil dari tahapan penilaian dan survei yang dilakukan oleh tim APE 2023 sebelumnya," kata Helldy.

Sementara itu, Menteri PPPA mengapresiasi kementerian/lembaga, pemerintah daerah (pemda) provinsi, dan pemda kabupaten/kota yang telah menerapkan pengarusutamaan gender di lembaga masing-masing.

"Perempuan merupakan aset bagi negara dan daerah jika mereka berdaya. Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak untuk mendampingi perempuan agar berdaya dan tanpa diskriminasi sehingga kita dapat mencapai kesetaraan dan kedamaian," ungkap Bintang.

Sebagai informasi, penghargaan APE adalah bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pimpinan di kementerian/lembaga dan pemda dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sejak 2004.

Penganugerahan tersebut didasarkan pada hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pengarusutamaan Gender (PUG) 2023 dengan melibatkan 360 instansi dari berbagai tingkatan pemerintahan.

Dari hasil evaluasi mandiri, dilakukan verifikasi administrasi, verifikasi lapangan melalui sampling, dan verifikasi akhir.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com