Advertorial

Taspen Raih Penghargaan BUMN Terbaik Nasional Keterbukaan Informasi Publik 2023

Kompas.com - 20/12/2023, 11:10 WIB

KOMPAS.com – PT Taspen (Persero) meraih penghargaan kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023 yang digelar di Istana Wakil Presiden, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2023).

Pada acara yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP) itu, PT Taspen meraih total poin sebesar 97,54.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin kepada Direktur Utama Taspen ANS Kosasih. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Komisi Informasi Donny Yoesgiantoro.

Penghargaan tersebut menjadi bukti komitmen Taspen dalam memberikan pelayanan informasi yang transparan kepada para peserta. Penghargaan ini juga menjadi wujud konkret implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik pada seluruh bisnis Taspen.

ANS Kosasih mengatakan, pihaknya berkomitmen memberikan layanan keterbukaan informasi yang inklusif bagi semua pihak.

Inisiatif tersebut dilakukan agar semua pihak memperoleh informasi yang sama, termasuk penyandang disabilitas. Hal ini sesuai Peraturan Komisi Informasi RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Menurutnya, keterbukaan informasi merupakan fondasi utama dalam penerapan tata kelola perusahaan yang baik. Taspen akan terus memantapkan implementasi bisnis dan layanan yang transparan guna menciptakan layanan dan kinerja yang memuaskan bagi peserta dan pemangku kepentingan.

“Penghargaan tersebut diharapkan dapat menjadi pemicu seluruh Insan Taspen untuk senantiasa memberikan upaya maksimal dalam melayani seluruh peserta. Semoga penghargaan ini dapat meningkatkan kenyamanan layanan bagi seluruh peserta Taspen,” ujar Kosasih dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (20/12/2023).

Pada kesempatan sama, KH Ma’ruf Amin mengatakan, keterbukaan informasi publik merupakan unsur esensial dalam wujud dan tata kelola pemerintahan yang baik. Keterbukaan informasi publik menjadi salah satu penentu keberhasilan program-program reformasi birokrasi.

“Transparansi informasi menjadi jalan untuk merawat demokrasi yang tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata Ma’ruf Amin.

PT Taspen meraih penghargaan kategori BUMN dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023. DOK. Taspen PT Taspen meraih penghargaan kategori BUMN dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023.

Sebagai informasi, Taspen sudah empat kali mendapatkan penghargaan tersebut dalam enam tahun terakhir. Adapun parameter penilaian KIP dalam penghargaan tersebut, antara lain sarana prasarana, kualitas informasi, dan jenis informasi yang disampaikan kepada konsumen.

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi kepada seluruh badan publik, mulai dari perguruan tinggi negeri, BUMN, pemerintah provinsi, lembaga negeri dan lembaga pemerintah non-kementerian, lembaga struktural, kementerian, serta partai politik atas keterbukaan informasi yang dilakukan.

Tercatat ada total 101 permohonan layanan informasi yang disampaikan melalui PPID Taspen sepanjang 2023. Permohonan ini direspons dengan rata-rata waktu jawab 2 hari kerja. Periode jawab ini lebih cepat dari ketentuan yang diwajibkan, yakni maksimal 10 hari kerja.

Selain itu, terdapat 16.266 permintaan informasi dan pengaduan melalui aplikasi TASPEN Care yang telah terselesaikan.

Taspen senantiasa berinovasi serta memanfaatkan teknologi dan tren terkini dalam menyampaikan informasi perusahaan, termasuk penyandang disabilitas. Taspen telah menyediakan website yang memiliki berbagai fitur layanan ramah disabilitas, baik pada website utama maupun website pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Beberapa fitur disabilitas yang tersedia di antaranya adalah opsi peningkatan ukuran teks website, pengaturan kontras tampilan website, serta fitur suara penyebutan opsi website.

Sementara untuk layanan fisik, Taspen menyediakan akses khusus bagi penyandang disabilitas. Sebut saja, jalur khusus kursi roda, parkiran, dan toilet khusus disabilitas pada seluruh wilayah Kantor Cabang PT Taspen.

Selain itu, Taspen juga menyediakan formulir permintaan informasi publik untuk penyandang tuna netra dalam bentuk braille.

Masyarakat dapat memperoleh informasi publik PT Taspen (Persero) melalui secara online melalui website PPID TASPENwww.eppid.taspen.co.id dan melalui email ke layanan@taspen.co.id. Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh informasi publik PT Taspen (Persero) melalui 57 kantor cabang Taspen yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com