Advertorial

Telkomsel Raih Penghargaan dari Ditjen PPI Kominfo, Bukti Komitmen Dorong Kemajuan Indonesia melalui Layanan Broadband

Kompas.com - 20/12/2023, 19:24 WIB

KOMPAS.com – Jelang penutupan 2023, Telkomsel kembali menorehkan capaian apik. Teranyar, Telkomsel menerima tiga penghargaan sekaligus di ajang Evaluasi Capaian Program Prioritas dan Pemberian Apresiasi Bidang Penyelenggaraan Pos dan Informatika Tahun 2023 yang digelar Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Di acara bertema “InterAKSI: Indonesia Terkoneksi dan Siap Beraksi” itu, Telkomsel menyabet predikat sebagai “Penyelenggara Telekomunikasi dengan Spot 5G Terbanyak”, “Penyelenggara dengan Kualitas Layanan Seluler Terbaik”, dan “Peringkat Pertama Wajib Bayar PNBP Biaya Hak Penyelenggaraan Telekomunikasi Terbesar untuk Tahun Buku 2022”.

Penghargaan tersebut diberikan atas upaya Telkomsel dalam memberikan layanan telekomunikasi yang mumpuni di Indonesia.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkomsel Mohamad Ramzy menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari Ditjen PPI. 

Ia mengatakan, penghargaan tersebut akan menjadi motivasi bagi Telkomsel untuk terus menghadirkan inovasi yang relevan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan sektor industri secara keseluruhan.

“Selaras dengan semangat Indonesia untuk menghubungkan bangsa dan menggerakkan kemajuan negeri, Telkomsel akan terus bersinergi bersama Kemenkominfo dan Ditjen PPI ataupun lembaga pemerintahan lainnya, serta para stakeholders dan mitra, demi akselerasi kemajuan ekosistem dan ekonomi digital Indonesia,” tutur Ramzy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (20/12/2023).

Penyelenggara telekomunikasi dengan spot 5G terbanyak

Hingga Desember 2023, Telkomsel telah mengoperasikan lebih dari 470 menara base transceiver station (BTS) 5G di 48 kota di Indonesia. Hal ini dilakukan secara bertahap dan terukur untuk memberikan layanan dan kualitas jaringan yang mampu memberi nilai tambah bagi pengguna, serta mendukung produktivitas, meningkatkan efisiensi, dan proses bisnis di berbagai sektor industri dan bisnis.

Sebelumnya, Telkomsel telah berkolaborasi dengan para pelaku industri untuk mengimplementasikan 5G di berbagai kegiatan operasionalnya. Salah satunya, kerja sama Telkomsel dengan PT Freeport Indonesia untuk menerapkan 5G Underground Smart Mining pertama di Asia Tenggara. Kerja sama ini bertujuan meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam kegiatan penambangan.

Selain itu, Telkomsel juga bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II untuk memperkuat transformasi digital operasional bandara, serta meningkatkan pelayanan dan keamanan bagi penumpang pesawat.

Telkomsel juga berkolaborasi dengan Kawasan Jababeka untuk membangun solusi digitalisasi kawasan berbasis infrastruktur 5G atau Jababeka Digitalized Township Ecosystem.

Terakhir, Telkomsel bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk melakukan uji coba 5G Robotic Telesurgery pertama di Indonesia

Penyelenggara telekomunikasi dengan kualitas layanan seluler terbaik

Penobatan Telkomsel sebagai penyelenggara layanan seluler terbaik di Indonesia didasari hasil pengukuran throughput rata-rata nasional oleh Managed Service QOS PMT periode Maret-September 2023 dan hasil pengukuran standar kualitas layanan (compliance) kinerja jaringan 2022 oleh Ditjen PPI.

Capaian itu tidak lepas dari kesuksesan Telkomsel dalam menuntaskan pengalihan (upgrade) seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE hingga ke 504 kota dan kabupaten pada Juni 2023. Pengalihan ini berdampak pada penambahan bandwidth spektrum, khususnya pada frekuensi 2.100 MHz.

Dengan pemanfaatan spektrum 4G yang lebih efisien, Telkomsel mampu menghadirkan peningkatan pengalaman pelanggan broadband. Hal ini dibuktikan dengan capaian kapabilitas konektivitas digital Telkomsel yang tercatat pada Ookla® Speedtest Awards™ periode Januari-Juni 2023.

Sepanjang periode itu, Telkomsel tercatat memiliki kecepatan akses broadband tertinggi di Indonesia dengan capaian speed score 35.33, rata-rata kecepatan download 26,74 Mbps, dan kecepatan upload 12,98 Mbps.

Selain itu, Telkomsel juga memiliki capaian Video Score 69.92 untuk pengalaman video streaming yang lancar dan Game Score 76.45 untuk pengalaman bermain mobile game yang berkualitas.

Sebagai operator dengan pengguna spektrum frekuensi telekomunikasi terbesar di Indonesia dan pelanggan terbanyak, yakni lebih dari 158,3 juta pelanggan mobile, Telkomsel pun terus melanjutkan upaya pemerataan akses jaringan broadband hingga menjangkau lebih dari 97 persen wilayah populasi.

Telkomsel telah mengoperasikan lebih dari 183.600 BTS 4G/LTE dari total hingga 233.000 BTS yang tersebar di seluruh Indonesia.

Guna menghadirkan pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat sekaligus meningkatkan efisiensi operasional, Telkomsel pun telah bertransformasi menjadi penyedia layanan konvergensi terbesar pertama yang mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) dengan Autonomous Network di Indonesia.

Arsitektur jaringan memberikan kecepatan dan stabilitas layanan jaringan melalui skema zero touch self-assurance berbasis AI untuk mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis.

Wajib pajak dengan kontribusi terbesar

Pada 2022, Telkomsel menjadi wajib pajak dengan kontribusi terbesar untuk Indonesia. Perusahaan telekomunikasi ini telah membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar lebih dari Rp 460 miliar, serta kewajiban pajak hingga lebih dari Rp 26 triliun.

Kontribusi tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan bangsa dan kemajuan ekosistem digital Indonesia. Perusahaan ini telah berkontribusi dalam menyediakan akses jaringan broadband yang luas dan berkualitas, serta mendukung inovasi teknologi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com