Advertorial

Gandeng Angga Yunanda dan Merry Riana, TikTok Ajak Masyarakat Kendalikan Penyebaran Konten Jelang Pemilu 2024

Kompas.com - 20/12/2023, 21:39 WIB

KOMPAS.com - Platform distribusi video singkat, TikTok, menggelar program #SalingJaga untuk menjaga integritas dan melawan misinformasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pada program tersebut, TikTok menggandeng Angga Yunanda, Merry Riana, Sania Leonardo, serta Dimas Ramadhan. Bersama kreator, TikTok meluncurkan video panduan kreatif untuk mengedukasi pengguna dan masyarakat tentang cara #SalingJaga dari bahaya misinformasi di platform digital.

Keempat kreator TikTok itu akan memberikan edukasi kreatif yang mudah dipahami dan diterapkan oleh masyarakat dalam melawan misinformasi.

Kreator TikTok Dimas Ramadhan yang lebih dikenal dengan Dims The Meat Guy mengatakan bahwa konten video singkat juga tidak luput dari potensi misinformasi.

Sebagai contoh, konten berbentuk potongan atau kutipan video sengaja diunggah supaya mengarah ke konteks tertentu yang menguntungkan satu pihak. Alhasil, potongan video bisa jadi jauh dari kejadian sebenarnya.

Oleh karena itu, pembuat konten perlu memainkan peran untuk berbagi informasi yang kredibel dan tepercaya.

“Sebelum membagikan suatu konten atau informasi di platform digital, cari tahu dulu kebenarannya supaya kita bisa #SalingJaga sesama kita dari dampak misinformasi," kata Dimas dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (19/12/2023).

Entrepreneur, investor, dan kreator Merry Riana mengatakan, kemajuan teknologi membantu semua kalangan, termasuk generasi muda, untuk berani menyuarakan pendapat. Akan tetapi, kemudahan ini perlu diiringi dengan tanggung jawab besar.

“Kita harus terus melaksanakan peran untuk #SalingJaga. Misalnya, dengan menerapkan kebiasaan cek fakta sebelum membagikan cuplikan video tanpa tahu keseluruhan konteks dan kebenarannya," ujar Merry.

Kendalikan konten

Kreator TikTok Sania Leonardo mengatakan bahwa selain bijak berkonten, warganet juga perlu bijak berkomentar untuk #SalingJaga. Menurutnya, komentar yang tidak dapat dibuktikan pada unggahan orang lain dapat berpengaruh besar, baik mental maupun karier seseorang. 

“Yuk, mulai bijak bermedia sosial dan terus #SalingJaga satu sama lain dari bahaya misinformasi,” ajak Sania.

Aktor Angga Yunanda menuturkan, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi penyebaran konten hoaks. Salah satunya melaporkan konten yang berpotensi mengandung misinformasi yang menyesatkan.

“Kita juga perlu mengingatkan satu sama lain agar terus membagikan konten positif. Tujuannya, supaya warga digital tetap aman dan nyaman beraktivitas di platform digital," tutur Angga.

TikTok menggelar program #SalingJaga bersama Angga Yunanda, Merry Riana, Sania Leonardo, serta Dimas Ramadhan.Dok. TikTok TikTok menggelar program #SalingJaga bersama Angga Yunanda, Merry Riana, Sania Leonardo, serta Dimas Ramadhan.

Sebagai platform digital, TikTok menyediakan serangkaian fitur, tools, serta kebijakan dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan komunitas.

Inisiatif itu dilakukan guna memberikan kendali lebih kepada pengguna untuk mengatur pengalaman mereka di dalam aplikasi.

Sistem rekomendasi di laman “For You” juga dibuat dengan mempertimbangkan preferensi pengguna, yakni berdasarkan interaksi pengguna, informasi video, serta pengaturan perangkat dan akun.

TikTok memastikan, pengguna bisa tetap merasa aman dan nyaman dengan memberikan kendali penuh atas konten yang mereka nikmati melalui berbagai fitur keamanan. Sebut saja, penyaringan konten melalui tagar dan kata kunci, tombol pelaporan, serta penyegaran laman For You sesuai preferensi pengguna.

TikTok percaya seluruh pihak harus #SalingJaga guna melawan penyebaran misinformasi. Penyediaan informasi dan sumber daya yang akurat sangat penting untuk memerangi misinformasi.

Oleh karena itu, TikTok bekerja sama dengan mitra keamanan dan para ahli di bidangnya untuk #SalingJaga informasi yang kredibel dan tepercaya di dalam aplikasi.

TikTok memastikan bahwa konten yang melanggar panduan komunitas, khususnya konten yang mengandung misinformasi, akan dihapus dengan bantuan mitra keamanan TikTok.

Selain itu, TikTok juga mengajak publik untuk mengikuti hashtag challenge #SalingJaga. Pengguna dapat berbagi #SalingJaga versi mereka serta bersikap lebih kritis dan bijak dalam lingkungan digital dengan menggunakan tagar #SalingJaga di TikTok.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai #SalingJaga, Anda bisa mengklik tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com