Advertorial

Lagi, Taspen Raih Predikat Trusted Company pada Ajang Good Corporate Governance Award 2023

Kompas.com - 21/12/2023, 09:30 WIB

KOMPAS.com – PT Taspen (Persero) berhasil meraih penghargaan sebagai Trusted Company dalam ajang Indonesia Good Corporate Governance Award 2023 yang diselenggarakan The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) dan SWA Media Group. Keberhasilan ini merupakan kali keempat Taspen mendapatkan predikat tersebut.

Penghargaan diserahkan Chairman IICG G Supriyatno dan Chief Editor SWA Media Group Kemal E Gani kepada Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Taspen Diyantini Soesilowati di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

“Apresiasi kami berikan kepada IICG dan Swa Media Group atas penghargaan yang diberikan. Dalam menjalankan setiap langkah operasional dan rencana bisnis, Taspen senantiasa menerapkan good corporate governance melalui beragam kegiatan untuk meningkatkan kualitas perusahaan,” ujar Diyantini dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (21/12/2023).

Ia melanjutkan bahwa penghargaan diharapkan pihaknya dapat membuat Taspen menjadi perusahaan yang lebih tangguh dan berkembang dalam menghadapi berbagai rintangan internal maupun eksternal, serta tetap konsisten mengimplementasikan GCG di lingkungan perusahaan.

“Taspen senantiasa berkomitmen untuk terus mengimplementasi GCG dalam proses menuju Good Governance Citizen pada tahun-tahun yang akan dating,” sambungnya.

Tahun ini, predikat "Trusted Companyyang diraih Taspen mendapat skor 84,50. Penghargaan sekaligus menjadi bukti bahwa penerapan tata kelola Taspen secara konsisten telah membawa perusahaan menjadi perusahaan yang tepercaya.

Selain itu, penghargaan tersebut diberikan kepada Taspen sebagai bentuk pengakuan, penghargaan, dan apresiasi kepada perusahaan atas komitmen dan konsistensi dalam menerapkan GCG secara berkelanjutan.

Sebagai informasi, Indonesia Good Corporate Governance Award 2023 bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas perusahaan, meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan, menciptakan budaya inovasi dan kreativitas, serta meningkatkan daya saing perusahaan melalui penilaian ketangkasan perusahaan dalam kerangka GCG.

Adapun lingkup penilaian dalam penghargaan meliputi pencapaian kinerja keuangan dan non-keuangan perusahaan, keselarasan bisnis perusahaan terhadap norma, etika dan tata nilai, serta kepatuhan terhadap berbagai peraturan perundang-undangan dan melakukan pengendalian manajemen.

PT Taspen telah melakukan beragam upaya untuk mematuhi kepatuhan GCG di perusahaan. Saat ini, Taspen telah memiliki sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu, ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, dan ISO 37301:2021 Sistem Manajemen Kepatuhan, serta telah bersinergi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam bilang Pendidikan dan Pelatihan bagi seluruh Insan Taspen—sebutan karyawan Taspen.

Sebelumnya, Taspen telah meraih penghargaan serupa pada 2020, 2021, dan 2022 dalam program riset dan pemeringkatan praktik GCG bertajuk Corporate Governance Perception Index (CGPI). Ke depan, Taspen senantiasa berkomitmen untuk tetap menjadi perusahaan terpercaya bagi seluruh peserta dengan menerapkan prinsip GCG dalam setiap langkah dan rencana bisnis perusahaan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com