Advertorial

Yogyakarta Jadi Pelabuhan Terakhir COTR 2023, Tampilkan Berbagai Kegiatan Seru

Kompas.com - 21/12/2023, 14:38 WIB

KOMPAS.com – Setelah berlangsung selama hampir tiga bulan, penyelenggaraan Citilink On The Road (COTR) 2023 resmi berakhir di Daerah Istimewa Yogyakarta, minggu (16/12/2023).

Sama seperti dua kota sebelumnya, yakni Semarang dan Surakarta, kegiatan COTR di Yogyakarta juga berlangsung meriah.

Pada hari pertama, masyarakat Yogyakarta diajak untuk mencoba in-flight dining experience atau sensasi makan di atas udara di dalam truk COTR berbentuk pesawat Citilink yang diadakan di Sri Sasanti Restaurant, Jumat (8/12/2023).

Aktivitas tersebut diikuti 20 peserta beruntung yang berkesempatan mencoba hidangan utama dan hidangan penutup dari dalam truk COTR.

Pengalaman in-flight dining experience kian seru lantaran hidangan penutup yang disajikan dibuat secara langsung oleh peserta Top 7 MasterChef Indonesia Season 8, Chef Olivia Tommy, menggunakan es krim Hula Hula dari Campina.

Usai mengadakan in-flight dining experience, COTR 2023 di Yogyakarta dilanjutkan dengan kegiatan Mini Concert Citilink On The Road di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Sabtu (9/12/2023).

Sebelum menikmati penampilan dari para artis pada malam hari, pengunjung yang hadir sejak sore berkesempatan untuk mengunjungi stan-stan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal yang menjajakan berbagai varian kuliner.

Selain produk UMKM, ada juga produk-produk dari sejumlah perusahaan besar Tanah Air, seperti Campina, Nescafe, Ascott, dan Mayora.

Tidak hanya itu, pengunjung juga melakukan menikmati aktivitas game mesin capit yang berisi merchandise Citilink dan Nescafé.

Lalu, masyarakat yang hadir tak ketinggalan untuk mencoba duduk di green seat atau kursi pesawat Citilink dan mengabadikannya dengan 360 angle camera.

Pengunjung pun diberikan wadah untuk menyampaikan pesan dan kesannya terhadap penyelenggaraan COTR melalui tulisan yang dibuat pada dinding komentar.

Pengunjung yang ingin meninggalkan kesan pesan untuk Citilink On The Road juga bisa menuliskannya di bagian Comment Wall.

Ada pula Kids Corner sebagai wadah untuk anak-anak. Di sini, anak-anak dapat melakukan aktivitas melukis dan bermain trampolin secara gratis.

Hiburan yang disuguhkan pun tak berhenti di situ. Sebab, COTR juga menggelar Social Media Photo Competition dengan hadiah tiket Citilink gratis dan uang saku sebesar Rp 5 juta dari Nescafé.

Pada Mini Concert Citilink On The Road itu, Citilink juga menghadirkan kegiatan lelang untuk dua tiket penerbangan ke mana saja. Tiket ini berhasil terjual dengan harga Rp 800.000.

Sebelum acara puncak Mini Concert Citilink On The Road, kegiatan dibuka dengan penampilan dari Papskustik Jogja yang membawakan lagu-lagu dengan aransemen musik akustik.

Setelah itu, penampilan di panggung utama dibuka oleh Ngatmombilung dan dilanjutkan oleh Pendhoza.

Kedua penampilan tersebut cukup memanaskan suasana Mini Concert Citilink On The Road sebelum bintang utama, Yeni Inka, tampil di pengujung acara.

Yeni Inka yang dijuluki “Ratu Ambyar” membawakan lagu berjudul “Jogja Istimewa” sebagai lagu pembukanya.

Lagu itu disambut antusias oleh para pengunjung yang hadir. Ini terlihat dari banyak penonton yang ikut bernyanyi bersama

Energi positif menyebar di sepanjang acara hingga Yeni Inka menutup malam itu dengan lagu ke-8, yaitu “Pamer Bojo”.

Keseruan COTR Yogyakarta masih berlanjut di pekan berikutnya, tepatnya pada hari terakhir event yang diadakan di Plaza Ambarrukmo.

Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya. Kali ini, truk COTR diubah menjadi sebuah pop-up installation. Selain itu, COTR di Plaza Ambarrukmo juga diramaikan oleh seniman Rebellionik.

Pada kegiatan tersebut, pihak Citilink pun memilih 40 peserta untuk merakit Ultraviolla Module Display di dalam truk COTR. Usai perakitan, peserta diperbolehkan untuk membawa pulang modul tersebut.

Untuk diketahui, Ultraviolla Module Display bisa menyala saat gelap atau glow in the dark dan tersedia secara eksklusif sebanyak 80 buah.

Selain merakit Ultraviolla Module Display, pengunjung juga dapat berfoto di truk COTR dan bermain mesin capit. Pada kesempatan ini, terdapat seorang pengunjung yang bermain mesin capit dan berhasil membawa pulang tiket Citilink gratis.

Keseruan malam itu berlanjut dengan pelelangan dua buah koper eksklusif kolaborasi Citilink x Campina x Nevertoolavish.

Dengan berakhirnya pop-up installation, perjalanan COTR usai berkeliling di Yogyakarta, Solo, dan Semarang selama kurang lebih tiga bulan pun berakhir.

Yuk, nantikan kejutan lainnya dari Citilink pada 2024. Sebab, Citilink sudah mempersiapkan berbagai kejutan demi #BikinLebih dekat dengan masyarakat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com