Advertorial

Bantu Anak Bijak Kelola Uang Saku agar Tak Boncos

Kompas.com - 22/12/2023, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Selain mencukupi kebutuhan dasar, orangtua juga perlu membekali anak dengan life skill yang memadai. Salah satunya, manajemen uang saku.

Pasalnya, seiring pertambahan usia, anak perlu belajar soal tanggung jawab, termasuk mengatur uang saku yang didapatkan dari orangtua. Jika mampu mengelola keuangan secara bijak sejak dini, anak berpeluang besar untuk meraih tujuan finansialnya di masa depan.

Berikut hal yang perlu diajarkan serta dipahami anak dalam bijak mengelola uang saku.

  1. Berikan pemahaman soal kerja keras

Salah satu hal fundamental yang perlu diajarkan kepada anak dalam mengelola keuangan adalah pemahaman soal nilai kerja keras. Setiap individu perlu memiliki karakter ini sebagai landasan untuk mencapai kesuksesan, tak terkecuali dalam hal finansial.

Anak pun perlu diberikan pemahaman bahwa kerja keras dapat membentuk mereka menjadi lebih disiplin, tekun, dan pantang menyerah, termasuk dalam menghasilkan uang.

Dengan demikian, anak memahami bahwa memperoleh uang bukan perkara mudah. Mereka pun jadi lebih termotivasi untuk tidak boros dalam membelanjakan uang saku yang diterima dari orangtua.

  1. Pengelolaan keuangan bijak dapat memudahkan kehidupan sehari-hari

Anak juga perlu memperoleh pemahaman bahwa mengelola keuangan secara bijak dapat membantu mereka merencanakan masa depan secara lebih baik.

Sebagai contoh, mereka ingin membeli mainan idaman yang dibanderol dengan harga mahal. Berangkat dari hal ini, Anda dapat mengajak si kecil untuk memulai rencana menabung guna membeli mainan tersebut.

Dengan strategi tersebut, anak bisa lebih termotivasi untuk disiplin menyisihkan uang saku yang diperoleh. Mereka pun dapat mengasah kemampuan pengelolaan keuangan sekaligus mengenal konsep menabung.

  1. Berhemat dan susun perencanaan pemakaian uang saku

Langkah berikutnya ialah mengajarkan berhemat. Dengan uang saku yang diperoleh, mereka dapat belajar merencanakan penggunaan uang berdasarkan skala prioritas.

Bantu mereka menyusun skala prioritas dari sekarang dalam mengoptimalkan uang saku yang dimiliki. Sebut saja, biaya transportasi, jajan di sekolah, dan alat tulis. Dengan begitu, mereka terlatih untuk menggunakan uang untuk hal-hal krusial.

  1. Atur durasi pemberian uang saku

Hal tak kalah penting dalam mengajarkan anak mengelola keuangan adalah periode pemberian uang saku. Agar mereka dapat belajar mengelola keuangan, Anda dapat memberikan uang saku secara periodik.

Periode mingguan merupakan salah satu durasi ideal untuk membiasakan anak merencanakan keuangan. Anak pun akan berusaha bertanggung jawab mengelola uang saku agar tetap cukup selama sepekan.

Itulah empat tip yang dapat Anda terapkan untuk membantu anak bijak kelola uang saku agar tak boncos.

Selain menerapkan tip tersebut, Anda juga dapat membuatkan tabungan anak. Sebagai informasi, salah satu bank yang memberi kesempatan pada si kecil untuk menabung adalah BRI.

Adapun BRI menghadirkan Tabungan BRI Junio yang dapat memudahkan si kecil belajar menabung.

Dengan membuka Tabungan BRI Junio, si kecil akan mendapatkan Debit BRI Junio dengan tampilan desain menarik. Fasilitas ini pun bisa menambah semangat anak untuk menabung.

Sebagai informasi, Tabungan BRI Junio adalah produk tabungan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun.

Ada beragam manfaat yang ditawarkan tabungan tersebut, di antaranya suku bunga kompetitif, kemudahan bertransaksi online, dan tambahan fitur Tabungan BRI Junio Rencana untuk kemudahan menabung secara rutin setiap bulan sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan. Pembukaan rekening tabungan BRI Junio terbilang mudah dan dapat dilakukan secara daring lewat BRImo, Buku tabungan dan Debit BRI Junio pun memiliki desain menarik. Hal ini akan membuat si kecil lebih semangat menabung.

Selain itu, nasabah Tabungan BRI Junio juga dapat mengikuti program BRImo FSTVL 2023. Program undian berhadiah ini berlangsung sejak 1 Agustus hingga 31 Desember 2023.

Lewat program tersebut, nasabah bisa melakukan penukaran poin di BRImo yang telah dikumpulkan dengan voucher menarik dari berbagai merchant serta kupon undian. Adapun hadiah utama BRImo FSTVL 2023 adalah mobil listrik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai BRImo FSTVL, Anda bisa klik tautan bbri.id/BRImoFSTVL.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com