Advertorial

4 Aktivitas Seru Ini Bisa Ajarkan Anak Cara Mengatur Keuangan

Kompas.com - 22/12/2023, 09:36 WIB

KOMPAS.com - Mengajarkan anak mengatur keuangan memang gampang-gampang susah. Meski begitu, orangtua tetap harus mengajarkan kemampuan ini agar mereka dapat meraih kesuksesan finansial di masa depan.

Agar anak tertarik, orangtua bisa mengajarkan literasi keuangan dengan cara yang menyenangkan. Berikut adalah empat aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama anak agar mereka semakin pandai mengatur keuangan.

  1. Main peran pembeli vs penjual

Salah satu cara seru yang bisa dilakukan untuk mengajarkan pengelolaan kepada anak adalah dengan bermain peran pembeli versus penjual. Alat yang dibutuhkan pun hanya kasir dan mainan yang dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko mainan.

Si kecil dapat berperan sebagai pembeli, sedangkan orangtua sebagai kasir, atau sebaliknya. Dengan begitu, mereka dapat belajar bertransaksi dengan cara yang menyenangkan.

  1. Ajak anak berbelanja

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun senang melakukan aktivitas belanja. Selain menyenangkan, mengajak anak berbelanja juga bisa jadi medium untuk mengedukasi mereka dalam pengelolaan keuangan.

Anak pun dapat belajar hal-hal fundamental, seperti membuat daftar belanja, menentukan prioritas kebutuhan, dan menyiapkan anggaran sesuai kebutuhan.

Selain itu, Anda juga dapat memberi tantangan pada mereka dengan memberi sejumlah uang untuk belanja. Dengan begitu, Anda dapat mengukur keterampilan anak dalam mengikuti instruksi sekaligus menggunakan uang secara efektif.

  1. Kenalkan konsep berbagi

Aktivitas seru lain yang bisa dilakukan adalah mengajak anak berbagi dengan sesama guna melatih kepekaan anak dalam aspek sosial mereka.

Misalnya, Anda bisa mengajak anak ke panti asuhan sekaligus melakukan bakti sosial, berbagi makanan kepada orang yang membutuhkan, dan berdonasi untuk kelompok tertentu.

Dengan begitu, anak dapat belajar pentingnya berbagi sekaligus memupuk rasa syukur atas setiap rezeki yang diterima.

  1. Ajak si kecil ke bank

Aktivitas yang tak kalah menarik untuk mengajarkan pengelolaan keuangan adalah mengajak anak ke bank. Aktivitas ini bisa menjadi pengalaman seru sekaligus berkesan bagi mereka.

Di sana, mereka dapat belajar sekaligus mencermati banyak hal, mulai dari memahami cara kerja karyawan bank, mekanisme membuka rekening tabungan baru, hingga transaksi keuangan di bagian teller.

Itulah empat aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama anak untuk melek literasi keuangan sekaligus pengelolaan keuangan.

Tak kalah penting, ajak pula buah hati Anda untuk membuat tabungan anak. Sebagai informasi, salah satu bank yang memberi kesempatan pada si kecil untuk menabung adalah BRI.

Adapun BRI menghadirkan tabungan anak Tabungan BRI Junio yang dapat memudahkan si kecil belajar menabung.

Dengan membuka Tabungan BRI Junio, si kecil akan mendapatkan Debit BRI Junio dengan tampilan desain menarik. Fasilitas ini pun bisa menambah semangat anak untuk menabung.

Sebagai informasi, Tabungan BRI Junio adalah produk tabungan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun.

Adapun tabungan tersebut memiliki fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak-anak, seperti kemudahan bertransaksi online secara real-time lewat BRImo, bunga tabungan yang kompetitif, serta kehadiran fitur tabungan Junio Rencana.

Hal menarik lainnya, Tabungan BRI Junio juga memiliki desain buku tabungan dan kartu debit yang menarik. Dengan begitu, anak-anak jadi makin semangat menabung.

Pemilik tabungan BRI Junio juga dapat bertransaksi di Unit Kerja BRI dan ATM BRI di seluruh Indonesia. Setoran awal minimal tabungan ini juga terjangkau, yakni mulai Rp 100.000.

Cara membuka rekening tabungan BRI Junio pun mudah lantaran bisa dilakukan secara online melalui BRImo. Anda bisa mengunduh BRImo di PlayStore, AppStore, atau AppGallery secara gratis. Dengan membuka tabungan BRI Junio melalui BRImo, Anda telah mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Tabungan BRI Junio juga dapat mengikuti program undian berhadiah BRImo FSTVL 2023 yang berlangsung sejak 1 Agustus hingga 31 Desember 2023.

Melalui program tersebut, nasabah bisa melakukan penukaran BRIpoin yang telah dikumpulkan dengan voucher menarik dari berbagai merchant serta kupon undian. Adapun hadiah utama BRImo FSTVL 2023 yaitu 5 Unit Mini Electric dan 10 Unit MG4 EV.

Segera download BRImo dan buka Tabungan BritAma serta ajak buah hati buka Tabungan BRI Junio, tingkatkan transaksi dan saldo. Raih kesempatan dapat hadiah dari BRImo FSTVL.

Informasi lebih lanjut mengenai BRImo FSTVL, silahkan kunjungi laman bbri.id/BRImoFSTVL

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com