Advertorial

3 Cara Mudah Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini, Bisa Jadi Bekal untuk Masa Depan

Kompas.com - 22/12/2023, 09:43 WIB

KOMPAS.com - Masa anak-anak merupakan waktu terbaik untuk menanamkan kebiasaan baik, termasuk kebiasaan menabung.

Kebiasaan menabung sejak dini dapat menjadi fondasi penting bagi pengelolaan keuangan anak di kemudian hari. Menabung juga dapat melatih anak untuk disiplin, hidup hemat, dan menghargai uang.

Sebenarnya, membiasakan anak untuk menabung bukan hal sulit, asalkan orangtua dapat mengajarkannya dengan sabar dan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan.

Berikut tiga cara sederhana untuk mengajarkan anak menabung sejak dini yang bisa dilakukan orangtua.

  1. Mengenalkan konsep kebutuhan dan keinginan

Dengan mengenalkan konsep kebutuhan dan keinginan, orangtua dapat mengajarkan anak untuk memprioritaskan skala kebutuhan. Dari situ, anak akan bisa membedakan kedua konsep tersebut.

Kemudian, orangtua juga harus memberi pengertian bahwa untuk mendapatkan keinginan, ada usaha yang perlu dilakukan. Misalnya, keinginan membeli mainan bisa didapat dengan usaha menyisihkan uang jajan.

  1. Ajarkan transaksi menggunakan uang

Ajarkan konsep jual-beli kepada anak sejak dini, termasuk cara bertransaksi menggunakan uang. Dengan mengenalkan konsep ini, anak akan memahami nilai barang sekaligus mempelajari mata uang.

  1. Buka rekening tabungan khusus anak

Membuka rekening tabungan khusus anak dapat menjadi salah satu cara efektif untuk membiasakan menabung kepada anak. Pasalnya, hal ini membuat anak merasa terlibat secara aktif.

Sebagai informasi, tabungan anak merupakan tabungan khusus yang ditujukan untuk anak. Biasanya, tabungan ini menawarkan fitur menarik dan proses menabung yang disesuaikan dengan segmen anak-anak.

Sebagai rekomendasi, orangtua bisa membuka rekening Tabungan BRI Junio dari BRI.

Adapun Tabungan BRI Junio merupakan produk tabungan yang ditujukan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun. Tabungan ini hadir dengan fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak-anak.

Beberapa keunggulan dari Tabungan BRI Junio adalah kemudahan bertransaksi online secara real-time lewat aplikasi BRImo, kehadiran fitur tabungan Junio Rencana, bunga tabungan yang kompetitif, serta desain buku tabungan dan Debit BRI Junio yang menarik.

Pemilik tabungan BRI Junio juga dapat bertransaksi di Unit Kerja BRI dan ATM BRI di seluruh Indonesia.

Untuk membuka tabungan anak BRI Junio, nasabah hanya perlu melakukan setoran awal mulai Rp 100.000.

Pembukaan rekening Tabungan BRI Junio bisa dilakukan secara online melalui BRImo. Anda cukup mengunduh BRImo di PlayStore, AppStore, atau AppGallery secara gratis.

Tabungan BRI Junio juga dapat mengikuti program undian berhadiah BRImo FSTVL 2023 yang berlangsung sejak 1 Agustus hingga 31 Desember 2023.

Melalui program tersebut, nasabah bisa melakukan penukaran BRIpoin yang telah dikumpulkan dengan voucher menarik dari berbagai merchant serta kupon undian. Adapun hadiah utama BRImo FSTVL 2023 yaitu 5 Unit Mini Electric dan 10 Unit MG4 EV.

Segera download BRImo dan buka Tabungan BritAma serta ajak buah hati buka Tabungan BRI Junio. Tingkatkan transaksi dan saldo serta raih kesempatan dapat hadiah dari BRImo FSTVL.

Informasi lebih lanjut mengenai BRImo FSTVL, silahkan kunjungi laman bbri.id/BRImoFSTVL.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com