Advertorial

Manfaat Menabung Sejak Dini, Bukan Cuma Ajarkan Hidup Hemat pada Anak

Kompas.com - 22/12/2023, 09:51 WIB

KOMPAS.com - Menabung merupakan salah satu kebiasaan baik yang perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Sebagian orangtua menilai bahwa manfaat utama menabung adalah mengajarkan anak hidup hemat.

Anggapan tersebut tak sepenuhnya salah. Namun, kebiasaan menabung memiliki manfaat yang lebih besar ketimbang berhemat. Bahkan, menabung bisa memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak.

Berikut sejumlah manfaat mengajarkan kebiasaan menabung pada anak.

  1. Belajar menghargai uang

Tabungan anak umumnya bersumber dari uang jajan yang disisihkan, pemberian orangtua atau keluarga, serta hadiah atas prestasi dan upayanya dalam membantu pekerjaan rumah.

Meski jumlahnya tak seberapa, anak bakal mengapresiasi tabungan tersebut karena merupakan hasil usahanya sendiri. Anak juga jadi belajar bahwa mengumpulkan uang bukan merupakan hal mudah karena membutuhkan kerja keras dan kesabaran.

Ke depan, mereka pun akan semakin bijak dalam membelanjakan uang.

  1. Melatih disiplin dan tanggung jawab

Kebiasaan menabung dapat dijadikan salah satu kegiatan wajib bagi anak yang dilakukan secara rutin, misal setiap hari atau setiap minggu.

Konsistensi tersebut akan melatih kedisiplinan pada diri anak. Mereka juga akan belajar untuk bertanggung jawab terhadap komitmen menabung.

  1. Memahami pentingnya dana darurat

Kesadaran terhadap pentingnya dana darurat dapat dipupuk dengan pemahaman mengenai literasi keuangan sejak dini, termasuk lewat menabung.

Sembari menabung, ajarkan anak bahwa akan ada hal tak terduga yang bisa terjadi di masa depan. Adapun tabungan dapat menjadi penyelamat untuk menghadapi hal tersebut.

Untuk memudahkan anak menabung, orangtua dapat membuka tabungan khusus anak. Sebagai informasi, tabungan anak merupakan tabungan khusus yang ditujukan untuk anak. Biasanya, tabungan ini menawarkan fitur menarik dan proses menabung yang disesuaikan dengan segmen anak-anak.

Sebagai rekomendasi, orangtua bisa membuka rekening Tabungan BRI Junio dari BRI.

Adapun Tabungan BRI Junio merupakan produk tabungan yang ditujukan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun. Tabungan ini hadir dengan fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak-anak.

Beberapa keunggulan dari Tabungan BRI Junio adalah kemudahan bertransaksi online secara real-time lewat aplikasi BRImo, kehadiran fitur tabungan Junio Rencana, bunga tabungan yang kompetitif, serta desain buku tabungan dan Debit BRI Junio yang menarik.

Pemilik Tabungan BRI Junio juga dapat bertransaksi di Unit Kerja BRI dan ATM BRI seluruh Indonesia.

Untuk membuka Tabungan BRI Junio, nasabah hanya perlu melakukan setoran awal mulai Rp 100.000.

Pembukaan rekening Tabungan BRI Junio bisa dilakukan secara online melalui BRImo. Anda cukup mengunduh BRImo di PlayStore, AppStore, atau AppGallery secara gratis.

Sebagai informasi, nasabah Tabungan BRI Junio juga dapat mengikuti program undian berhadiah BRImo FSTVL 2023 yang berlangsung sejak 1 Agustus hingga 31 Desember 2023.

Melalui program tersebut, nasabah bisa melakukan penukaran BRIpoin yang telah dikumpulkan dengan voucher menarik dari berbagai merchant serta kupon undian. Adapun hadiah utama BRImo FSTVL 2023 yaitu 5 Unit Mini Electric dan 10 Unit MG4 EV.

Segera download BRImo dan buka Tabungan BritAma serta ajak buah hati buka Tabungan BRI Junio, tingkatkan transaksi dan saldo. Raih kesempatan dapat hadiah dari BRImo FSTVL.

Informasi lebih lanjut mengenai BRImo FSTVL, silahkan kunjungi laman bbri.id/BRImoFSTVL

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com