Advertorial

Catat, Berikut 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Tabungan Anak

Kompas.com - 22/12/2023, 09:56 WIB

KOMPAS.com - Menabung merupakan salah satu kebiasaan yang perlu dipupuk sejak dini. Selain mengajarkan untuk berhemat, menabung juga menjadi salah satu cara untuk melatih disiplin dan tanggung jawab kepada anak.

Lewat menabung, anak juga akan belajar untuk menghargai uang. Sebab, tabungan anak bisa bersumber dari uang jajan yang disisihkan, pemberian orangtua atau keluarga, serta hadiah atas prestasi dan upayanya dalam membantu pekerjaan rumah. Dari situ, anak akan memahami bahwa mengumpulkan uang bukan merupakan hal mudah karena membutuhkan kerja keras dan kesabaran.

Kemudian, menabung juga dapat menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya memiliki dana darurat. Sembari menabung, ajarkan anak bahwa akan ada hal tak terduga yang bisa terjadi di masa depan. Adapun tabungan dapat menjadi juru selamat untuk menghadapi hal tersebut.

Untuk mengajarkan anak menabung, orangtua bisa membuka rekening tabungan khusus untuk anak. Tabungan anak merupakan tabungan khusus yang ditujukan untuk anak. Biasanya, tabungan ini menawarkan fitur menarik dan proses menabung yang disesuaikan dengan segmen anak-anak.

Sebelum memilih tabungan yang sesuai, orangtua perlu mempertimbangkan sejumlah hal. Berikut ulasannya.

  1. Setoran awal dan biaya administrasi

Setiap bank memiliki syarat setoran awal dan minimal yang berbeda. Namun, karena dikhususkan untuk anak-anak, tabungan anak biasanya mensyaratkan nilai setoran yang lebih kecil ketimbang tabungan reguler.

Semakin kecil nilai setoran awal dan minimal, semakin mudah pula anak menyetorkan uangnya ke bank. Hal itu akan memacu semangat anak untuk menabung.

Selain setoran awal, biaya administrasi juga perlu dipertimbangkan sebelum memilih tabungan anak. Biaya administrasi yang terlalu tinggi justru berpotensi menguras tabungan anak.

  1. Bunga kompetitif

Seperti tabungan pada umumnya, tabungan anak juga memiliki suku bunga.

Kehadiran bunga bank bisa membuat anak semakin semangat untuk menabung karena memberikan keuntungan.

  1. Tabungan dan kartu debit khusus anak

Agar anak semangat menabung, orangtua bisa memilih tabungan yang menyediakan layanan buku tabungan dan kartu debit yang menarik untuk anak.

Selain itu, orangtua juga bisa memilih tabungan yang menyediakan buku tabungan dan kartu debit atas nama anak. Hal ini bisa membuat anak merasa bangga memiliki tabungan.

Meski demikian, kartu debit tersebut sebaiknya tidak diberikan kepada anak. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko kartu hilang atau dicuri.

Itulah tiga hal yang perlu dipertimbangkan orangtua saat memilih tabungan anak. Selain itu, pastikan juga bahwa bank yang menyediakan tabungan anak sudah mendapat jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Sebagai rekomendasi, orang tua bisa memanfaatkan layanan Tabungan BRI Junio dari BRI.

Adapun Tabungan BRI Junio merupakan produk tabungan yang ditujukan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun. Tabungan ini hadir dengan fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak-anak.

Beberapa keunggulan dari Tabungan BRI Junio adalah kemudahan bertransaksi online secara real-time lewat BRImo, kehadiran fitur tabungan Junio Rencana, bunga tabungan yang kompetitif, serta desain buku tabungan dan Debit BRI Junio yang menarik.

Pemilik Tabungan BRI Junio juga dapat bertransaksi di Unit Kerja BRI dan di ATM BRI di seluruh Indonesia.

Untuk membuka Tabungan BRI Junio, nasabah hanya perlu melakukan setoran awal mulai Rp 100.000. Nilai ini terbilang ringan bagi anak untuk mulai menabung.

Pembukaan rekening Tabungan BRI Junio bisa dilakukan secara online melalui BRImo. Anda cukup mengunduh BRImo di PlayStore, AppStore, atau AppGallery.

Sebagai informasi, Tabungan BRI Junio juga dapat mengikuti program undian berhadiah BRImo FSTVL 2023 yang berlangsung sejak 1 Agustus hingga 31 Desember 2023.

Melalui program tersebut, nasabah bisa melakukan penukaran BRIpoin yang telah dikumpulkan dengan voucher menarik dari berbagai merchant serta kupon undian. Adapun hadiah utama BRImo FSTVL 2023 yaitu 5 Unit Mini Electric dan 10 Unit MG4 EV.

Segera download BRImo dan buka Tabungan BritAma serta ajak buah hati buka Tabungan BRI Junio, tingkatkan transaksi dan saldo. Raih kesempatan dapat hadiah dari BRImo FSTVL.

Informasi lebih lanjut mengenai BRImo FSTVL, silahkan kunjungi laman bbri.id/BRImoFSTVL

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com