Advertorial

Orangtua Wajib Tahu Sebelum Buka Rekening, Ini Jenis-jenis Tabungan Anak

Kompas.com - 22/12/2023, 09:59 WIB

KOMPAS.com - Menabung merupakan kebiasaan baik yang perlu ditanamkan kepada anak sejak dini. Pasalnya, dengan menabung, anak dapat belajar menyisihkan uang untuk keperluan di masa depan.

Untuk mengenalkan anak pada aktivitas menabung, orangtua biasanya membuatkan rekening tabungan anak. Tabungan anak merupakan produk tabungan yang dikhususkan untuk anak usia 0 hingga 17 tahun atau belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Tabungan anak biasanya memiliki persyaratan yang mudah dan ringan serta memberikan berbagai fasilitas dan manfaat, seperti bebas biaya administrasi, bunga yang kompetitif, buku tabungan dan kartu Debit dengan desain yang menarik, serta program edukasi dan hiburan.

Meski demikian, tabungan anak memiliki beberapa jenis yang bisa dipilih orangtua sesuai kebutuhan. Supaya tidak salah pilih, berikut adalah jenis-jenis tabungan anak.

  1. Tabungan pelajar

Tabungan pelajar ditujukan untuk anak yang sudah duduk di bangku taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat.

Adapun tujuan tabungan pelajar adalah untuk menumbuhkan budaya menabung sejak dini sekaligus menyiapkan dana untuk aktivitas sekolah, seperti study tour.

Untuk setoran awal, tabungan pelajar memiliki biaya terjangkau mulai Rp 5.000 hingga Rp 250.000. Jumlah setoran awal tergantung bank penyedia. Bunga tabungan ini juga kompetitif mulai dari 0,5 persen hingga 1,5 persen per tahun.

  1. Tabungan pendidikan

Tabungan pendidikan anak ditujukan untuk menyimpan dana pendidikan anak, mulai dari tingkat TK hingga perguruan tinggi.

Selain itu, tabungan pendidikan anak juga dapat digunakan untuk mengantisipasi kenaikan biaya pendidikan yang terus meningkat setiap tahun.

Untuk setoran awal, tabungan pendidikan relatif rendah mulai Rp 100.000. Tabungan ini biasanya juga gratis biaya administrasi dan berbagai fitur edukasi keuangan.

  1. Tabungan reguler

Tabungan reguler anak merupakan adalah tabungan yang ditujukan untuk menanamkan kebiasaan menabung sejak dini kepada anak-anak. Melalui tabungan ini, anak diajarkan mengelola keuangan dan mempersiapkan dana untuk masa depan.

Tabungan reguler anak biasanya memiliki persyaratan yang mudah dan ringan, serta memberikan berbagai fasilitas dan manfaat bagi nasabah.

Selain itu, tabungan reguler juga memiliki berbagai karakteristik, seperti setoran awal terjangkau, bunga kompetitif, bebas biaya administrasi, serta memiliki berbagai hadiah atau reward.

Itulah jenis-jenis tabungan anak yang perlu diketahui orangtua. Salah satu produk tabungan anak yang banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah Tabungan BRI Junio.

Tabungan BRI Junio merupakan produk tabungan yang ditujukan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun. Tabungan ini memiliki fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak-anak, yakni kemudahan bertransaksi online secara real-time lewat aplikasi BRImo, bunga tabungan yang kompetitif, serta kehadiran fitur tabungan Junio Rencana.

Tabungan BRI Junio juga memiliki desain buku tabungan dan kartu debit yang menarik. Dengan demikian, anak-anak dapat lebih semangat menabung.

Pemilik Tabungan BRI Junio juga dapat bertransaksi di Unit Kerja BRI dan ATM BRI di seluruh Indonesia. Setoran awal minimal tabungan ini juga terjangkau, yakni mulai Rp 100.000.

Untuk membuka rekening Tabungan BRI Junio, Anda bisa melakukannya secara online melalui BRImo. Anda cukup mengunduh BRImo di PlayStore, AppStore, atau AppGallery secara gratis. Berikut adalah cara membuka rekening BRI Junio lewat BRImo.

  1. Login ke akun BRImo. Selanjutnya, klik “Rekening Lain” beberapa kali lalu pilih “Buka Rekening Baru”.
  2. Pilih jenis tabungan BRI Junio.
  3. Selanjutnya, klik “Pilih Rekening”. Di tahap ini, Anda juga akan diminta untuk memilih kantor cabang BRI yang menerbitkan sekaligus mengelola rekening. Pilihlah yang dekat dengan kediaman.
  4. Setelah memilih kantor cabang BRI, Anda akan diarahkan ke halaman informasi data anak. Isi seluruh data yang diminta, mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, hingga nomor Kartu Keluarga (KK), hingga tujuan pembuatan rekening. Selanjutnya, pilih “Lanjutkan”. Pembuatan rekening pun selesai.

Dengan membuka Tabungan BRI Junio melalui BRImo, Anda telah mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Selain itu, Tabungan BRI Junio juga dapat mengikuti program undian berhadiah BRImo FSTVL 2023 yang berlangsung sejak 1 Agustus hingga 31 Desember 2023.

Melalui program tersebut, nasabah bisa melakukan penukaran BRIpoin yang telah dikumpulkan dengan voucher menarik dari berbagai merchant serta kupon undian. Adapun hadiah utama BRImo FSTVL 2023 yaitu 5 Unit Mini Electric dan 10 Unit MG4 EV.

Segera download BRImo dan buka Tabungan BritAma serta ajak buah hati buka Tabungan BRI Junio, tingkatkan transaksi dan saldo. Raih kesempatan dapat hadiah dari BRImo FSTVL.

Informasi lebih lanjut mengenai BRImo FSTVL, silahkan kunjungi laman bbri.id/BRImoFSTVL

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com