Advertorial

Anak Ingin Membeli Barang Impian? Ajarkan Menabung dari Sekarang

Kompas.com - 22/12/2023, 10:06 WIB

KOMPAS.com - Pengelolaan keuangan merupakan keterampilan hidup yang harus dipelajari sejak dini. Dengan mengajarkan kemampuan ini, orangtua dapat membantu anak mengembangkan sikap hemat, bertanggung jawab, dan mandiri.

Salah satu cara yang dapat dilakukan orangtua untuk mengajarkan anak mengelola uang adalah mengenalkan mereka dengan tabungan di bank.

Seperti diketahui, tabungan di bank merupakan produk simpanan yang ditawarkan lembaga perbankan untuk menyimpan uang secara aman. Selain mendapatkan jaminan keamanan, uang yang disimpan di bank juga dapat bertambah jumlahnya berkat bunga.

Selain itu, tabungan di bank juga bisa menjadi sarana mengumpulkan uang untuk membeli barang impian anak, seperti mainan, buku, atau sepeda.

Membeli barang impian

Orangtua bisa membantu anak menentukan target tabungan mereka sesuai dengan harga barang yang diinginkan. Misalnya, jika anak ingin membeli sepeda seharga Rp 1 juta, orangtua bisa mengajak anak untuk menabung Rp 100.000 per bulan selama 10 bulan.

Selain itu, orangtua juga dapat mengajarkan anak membuat anggaran. Bantu mereka memahami berapa banyak yang harus mereka tabung setiap kali mereka menerima uang saku. Langkah ini dapat membantu mereka untuk merencanakan pengeluaran mereka dengan bijak.

Anda juga dapat menjelaskan perkembangan nilai uang yang ditabung di bank derkat bunga yang terus tumbuh seiring berjalannya waktu. Hal ini dapat membantu mereka memahami keuntungan menabung di bank dalam jangka panjang.

Selanjutnya, orangtua dapat mengajak anak menabung secara rutin dalam periode waktu tersebut. Per hari atau per minggu, misalnya. Dengan menabung secara rutin, anak dapat meraih tujuan finansial atau menabung dengan lebih cepat.

Orangtua juga dapat memberikan hadiah atau penghargaan kepada anak ketika mereka berhasil mencapai tujuan menabungnya. Hal ini dapat membantu memotivasi anak untuk terus menabung.

Dengan memanfaatkan tabungan, anak-anak akan belajar tentang prioritas dalam pengeluaran mereka. Mereka akan mempertimbangkan apakah barang yang diinginkan layak untuk dibeli atau ada hal lain yang lebih penting.

Itulah cara memotivasi anak menabung dengan membeli barang impian anak. Salah satu produk tabungan anak yang bisa Anda gunakan adalah Tabungan BRI Junio.

Tabungan BRI Junio merupakan produk tabungan yang ditujukan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun. Tabungan ini memiliki fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak-anak, di antaranya kemudahan bertransaksi online secara real-time lewat aplikasi BRImo, gratis perlindungan asuransi kecelakaan hingga Rp 150 juta, bunga tabungan yang kompetitif, serta kehadiran fitur Tabungan BRI Junio Rencana.

BRI Junio juga memiliki desain buku tabungan dan kartu debit yang menarik. Dengan demikian, anak-anak dapat lebih semangat menabung.

Pemilik Tabungan BRI Junio juga dapat bertransaksi di Kerja BRI dan Aanjungan Tunai Mandiri (ATM) BRI di seluruh Indonesia. Setoran awal minimal tabungan ini juga terjangkau, yakni mulai Rp 100.000.

Untuk membuka Tabungan BRI Junio, Anda bisa melakukannya secara online melalui BRImo. Anda cukup mengunduh aplikasi BRImo di PlayStore, AppStore, atau AppGallery secara gratis. Berikut adalah cara membuka rekening BRI Junio lewat BRImo.

  1. Login ke akun BRImo. Selanjutnya, klik “Rekening Lain” beberapa kali lalu pilih “Buka Rekening Baru”.
  2. Pilih jenis Tabungan BRI Junio.
  3. Selanjutnya, klik “Pilih Rekening”. Di tahap ini, Anda juga akan diminta untuk memilih kantor cabang BRI yang menerbitkan sekaligus mengelola rekening. Pilihlah yang dekat dengan kediaman.
  4. Setelah memilih kantor cabang BRI, Anda akan diarahkan ke halaman informasi data anak. Isi seluruh data yang diminta, mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, hingga nomor Kartu Keluarga (KK), hingga tujuan pembuatan rekening. Selanjutnya, pilih “Lanjutkan”. Pembuatan rekening pun selesai.

Dengan membuka Tabungan BRI Junio melalui BRImo, Anda telah mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Selain itu, nasabah Tabungan BRI Junio juga dapat mengikuti program undian berhadiah BRImo FSTVL 2023 yang berlangsung sejak 1 Agustus hingga 31 Desember 2023.

Melalui program tersebut, nasabah bisa melakukan penukaran BRIpoin yang telah dikumpulkan dengan voucher menarik dari berbagai merchant serta kupon undian. Adapun hadiah utama BRImo FSTVL 2023 yaitu 5 Unit Mini Electric dan 10 Unit MG4 EV.

Segera download BRImo dan buka Tabungan BritAma serta ajak buah hati buka Tabungan BRI Junio, tingkatkan transaksi dan saldo. Raih kesempatan dapat hadiah dari BRImo FSTVL.

Informasi lebih lanjut mengenai BRImo FSTVL, silahkan kunjungi laman bbri.id/BRImoFSTVL

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com