Advertorial

Mudah dan Cepat, Ini Cara Membuka Rekening Tabungan Anak

Kompas.com - 22/12/2023, 10:29 WIB

KOMPAS.com - Membuat rekening tabungan anak merupakan langkah awal yang baik untuk mengajarkan anak pentingnya keterampilan pengelolaan keuangan.

Pasalnya, menabung dapat membantu anak memahami cara kerja dan pengelolaan uang. Hal ini dapat membawa manfaat jangka panjang untuk kemampuan literasi keuangan anak.

Selain itu, membuka rekening tabungan anak juga relatif mudah. Pasalnya, pihak perbankan umumnya telah menyediakan produk atau layanan untuk memudahkan orangtua dalam membuka rekening tabungan anak.

Meski demikian, orangtua harus mengetahui sejumlah informasi penting agar proses agar proses pembukaan rekening tabungan anak berjalan lancar. Apa saja? Berikut adalah ulasannya.

  1. Pilih produk yang sesuai

Sebelum membuka rekening tabungan anak, orangtua harus meluangkan waktu untuk mengetahui hal-hal penting terkait tabungan anak, seperti suku bunga, biaya administrasi, serta manfaat tambahan.

Orangtua dapat membandingkan suku bunga yang ditawarkan pihak bank. Suku bunga yang lebih tinggi dapat memberikan imbal hasil lebih tinggi untuk tabungan anak.

Selanjutnya, biaya administrasi bulanan atau tahunan juga patut dipertimbangkan. Usahakan memilih rekening dengan biaya administrasi yang rendah atau nol.

Beberapa lembaga perbankan juga menawarkan manfaat tambahan pada tabungan anak, seperti asuransi atau kartu debit dengan desain yang menarik untuk anak-anak.

  1. Siapkan dokumen

Setelah memilih bank yang dituju, orangtua harus menyiapkan berbagai dokumen penting untuk membuka rekening tabungan anak.

Dokumen yang umumnya diperlukan meliputi kartu identitas anak berupa kartu keluarga atau akta kelahiran, kartu identitas orangtua atau wali yang akan mengelola rekening tersebut, bukti alamat terbaru seperti tagihan listrik atau air, serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) orangtua atau wali.

  1. Lakukan pendaftaran

Setelah menemukan produk tabungan anak yang tepat, orangtua dapat mengunjungi kantor cabang bank atau mendaftar secara daring.

Jika memilih pergi ke kantor cabang, pastikan Anda membawa dokumen yang diperlukan dan datang saat jam operasional bank. Di sana, orangtua dapat bertemu petugas bank yang akan membantu proses pembuatan tabungan anak.

Orangtua juga dapat mendaftar tabungan anak secara daring. Caranya, orangtua dapat dapat mengunjungi laman resmi atau mengunduh aplikasi mobile bank tersebut. Ikuti panduan yang ada untuk mengisi formulir aplikasi secara online.

  1. Setoran awal

Rekening tabungan anak memiliki setoran awal dengan nominal minimal tertentu sebagai syarat pembukaan rekening.

Setiap bank memiliki nominal setoran awal yang berbeda-beda. Umumnya, setoran ini mulai dari Rp 100.000. Jadi, pastikan Anda mengetahui jumlah setoran awal supaya dapat segera memproses tabungan.

Setelah pembuatan rekening tabungan anak selesai, orangtua dapat memberikan pemahaman tentang tabungan dan pengelolaan uang. Orangtua dapat melibatkan anak dalam pengelolaan rekening, seperti mengajari cara memantau saldo, mencatat setoran dan penarikan, serta menetapkan tujuan tabungan.

Itulah proses mengajukan pembukaan rekening tabungan anak yang perlu diketahui orangtua. Salah satu produk tabungan anak yang bisa Anda gunakan adalah Tabungan BRI Junio.

BRI Junio merupakan produk tabungan yang ditujukan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun. Tabungan ini memiliki fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak-anak, di antaranya kemudahan bertransaksi online secara real-time lewat aplikasi BRImo, gratis perlindungan asuransi kecelakaan hingga Rp 150 juta, bunga tabungan yang kompetitif, serta kehadiran fitur Tabungan Junio Rencana.

BRI Junio juga memiliki desain buku tabungan dan kartu debit berkarakter khusus. Dengan demikian, anak-anak dapat lebih semangat menabung.

Pemilik tabungan BRI Junio juga dapat bertransaksi di Unit Kerja BRI dan ATM BRI di seluruh Indonesia. Setoran awal minimal tabungan ini juga terjangkau, yakni mulai Rp 100.000.

Untuk membuka rekening Tabungan BRI Junio, Anda bisa melakukannya secara online melalui BRImo. Anda cukup mengunduh aplikasi BRImo di PlayStore, AppStore, atau AppGallery secara gratis. Berikut adalah langkah membuka tabungan BRI Junio lewat BRImo.

  1. Login ke akun BRImo. Selanjutnya, klik “Rekening Lain” beberapa kali lalu pilih “Buka Rekening Baru”.
  2. Pilih jenis tabungan BRI Junio.
  3. Selanjutnya, klik “Pilih Rekening”. Di tahap ini, Anda juga akan diminta untuk memilih kantor cabang BRI yang menerbitkan sekaligus mengelola rekening. Pilihlah yang dekat dengan kediaman Anda.
  4. Setelah memilih kantor cabang BRI, Anda akan diarahkan ke halaman informasi data anak. Isi seluruh data yang diminta, mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, hingga nomor Kartu Keluarga (KK), hingga tujuan pembuatan rekening. Selanjutnya, pilih “Lanjutkan”. Pembuatan rekening pun selesai.

Dengan membuka Tabungan BRI Junio melalui BRImo, Anda telah mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Selain itu, nasabah Tabungan BRI Junio juga dapat mengikuti program undian berhadiah BRImo FSTVL 2023 yang berlangsung sejak 1 Agustus hingga 31 Desember 2023.

Melalui program tersebut, nasabah bisa melakukan penukaran BRIpoin yang telah dikumpulkan dengan voucher menarik dari berbagai merchant serta kupon undian. Adapun hadiah utama BRImo FSTVL 2023 yaitu 5 Unit Mini Electric dan 10 Unit MG4 EV.

Segera download BRImo dan buka Tabungan BritAma serta ajak buah hati buka Tabungan BRI Junio, tingkatkan transaksi dan saldo. Raih kesempatan dapat hadiah dari BRImo FSTVL.

Informasi lebih lanjut mengenai BRImo FSTVL, silahkan kunjungi laman bbri.id/BRImoFSTVL

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com