Advertorial

Mengenal Kampanye Toyota “It’s Time for Everyone”, Upaya Industri Otomotif Wujudkan Masa Depan Lebih Baik

Kompas.com - 22/12/2023, 15:18 WIB

KOMPAS.com – Peningkatan emisi gas rumah kaca (GRK) global menjadi perhatian besar bagi seluruh warga dunia.

Di Indonesia sendiri, emisi GRK Indonesia terus meningkat setiap tahun. Menurut data European Commission, volume emisi gas rumah kaca Indonesia pada 2022 mencapai 1,24 gigaton setara karbon dioksida (Gt CO2e) atau sekitar 2,3 persen dari total emisi gas rumah kaca global.

“Ketimbang 2021, angka tersebut meningkat 10 persen,” tulis European Commission dalam laporan bertajuk “GHG Emissions of All World Countries 2023”.

Adapun emisi GRK yang dicatat European Commission merupakan gabungan dari emisi karbon dioksida (CO2), metana (CH4), dinitrogen oksida (N2O), dan gas berfluorinasi (F gases).

Data tersebut mencakup emisi dari sektor pembangkit listrik, transportasi, pembakaran energi untuk industri, pertanian, eksploitasi bahan bakar fosil (pertambangan, produksi, dan pengolahan), proses industri, pembakaran energi untuk bangunan non-industri, serta sektor limbah.

Berkaca pada kondisi itu, seluruh pihak pun berupaya penuh lewat sejumlah aksi dan inovasi. Hal itu pula yang dilakukan pihak swasta. Sebut saja, PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Sebagai salah satu brand otomotif terkemuka di dunia, Toyota ikut berkontribusi langsung terhadap upaya untuk menekan emisi karbon demi masa depan yang lebih baik.

Vice President Director Toyota Henry Tanoto mengatakan, pihaknya menetapkan target Toyota Environmental Challenge 2050 untuk merespons perubahan kondisi iklim. Salah satu target itu diwujudkan lewat gerakan It’s Time for Everyone.

“Lewat gerakan It’s Time for Everyone, Toyota menyediakan akses bagi masyarakat untuk ikut berkontribusi dan bersama-sama mengurangi emisi karbon demi masa depan yang lebih hijau,” ujar Henry seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (4/12/2022).

Henry menjabarkan, gerakan It’s Time for Everyone diimplementasikan Toyota lewat sejumlah strategi multi-pathway.

All New Kijang Inova ZenixDok. KOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Kijang Inova Zenix

Pertama, menghadirkan ragam kendaraan elektrifikasi (xeV) yang sesuai tren, gaya hidup, pengetahuan, dan kebutuhan pelanggan.

Bahkan, kendaraan elektrifikasi Toyota menjadi pioner sejak kehadiran Toyota Prius pada 2009. Dilanjutkan dengan produksi lokal All New Kijang Innova Zenix HEV pada 2022 dan All New Yaris Cross HEV pada 2023 sebagai milestone terbaru.

Saat ini, Toyota telah menghadirkan berbagai kendaraan elektrifikasi lengkap untuk dipilih oleh masyarakat, mulai dari hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), hingga battery electric vehicle (BEV).

Kedua, menyediakan fasilitas charging spot gratis atau Toyota xEV Ecosystem di outlet Toyota. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh pelanggan BEV Toyota bZ4X dan Toyota RAV4 GR Sport PHEV.

Saat ini, fasilitas tersebut tersedia di 50 dealer Toyota. Adapun Toyota akan memperluas cakupan fasilitas charging baterai xEV dengan menyediakan Privilege Charging Spot gratis di area publik, seperti parkiran mal, termasuk Privilege Parking Spots untuk pemilik HEV, PHEV, dan BEV Toyota.

Kemudian, Toyota juga akan membangun fasilitas Ultra Fast Charging Spot di beberapa rest area Jalan Tol Trans-Jawa. Kehadiran fasilitas ini diharapkan membuat pemilik BEV serta PHEV Toyota semakin merasa tenang dan nyaman ketika mobilitas jarak jauh.

Toyota xEV Ecosystem.Dok. Istimewa Toyota xEV Ecosystem.

Ketiga, Toyota juga memastikan bahwa fasilitas bengkel resmi mampu melayani kebutuhan servis dan perbaikan xEV sesuai standar Toyota global.

Toyota pun melengkapi kendaraan elektrifikasinya dengan warranty baterai xEV hingga 8 tahun atau 160.000 km, tergantung yang tercapai lebih dahulu, untuk menjamin kualitas dan daya tahan kendaraannya.

Keempat, Toyota menyediakan ekosistem elektrifikasi EV Smart Mobility yang terintegrasi di dua destinasi wisata unggulan, yakni kawasan Nusa Dua, Bali dan Danau Toba, Sumatera Utara.

Dengan demikian, wisatawan bisa menjajal dan merasakan pengalaman baru dalam bermobilitas menggunakan produk-produk elektrifikasi Toyota.

Kelima, Toyota juga mengusung teknologi Flex-Fuel yang memanfaatkan bahan bakar ramah lingkungan. Dengan teknologi ini, Toyota menghadirkan produk yang lebih fleksibel dalam penggunaan energi alternatif baru dan mempercepat pengurangan emisi karbon.

Masyarakat pun diuntungkan lantaran dapat memilih eco-friendly vehicle yang paling sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan mereka.

Keenam, Toyota mengajak masyarakat untuk mengumpulkan sampah anorganik yang tidak terpakai dan menyetorkan ke sejumlah Toyota Waste Station yang tersebar di Pulau Jawa.

Dari sampah anorganik yang disetorkan, pelanggan dapat memperoleh rewards berupa saldo e-wallet.

Henry mengatakan, keenam inisiatif itu dijalankan Toyota dengan semangat continuous improvement.

“Lewat gerakan It’s Time for Everyone yang menghadirkan carbon-neutral mobility solution lengkap dan edukasi eco-friendly lifestyle, kami berharap, kontribusi masyarakat dalam menekan emisi karbon juga terus meningkat. Masa depan yang lebih baik pun dapat terwujud,” imbuh Henry.

Informasi lengkap mengenai kampanye It’s Time For Everyone Toyota bisa ditemukan pada tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com