Advertorial

Sambut Momen Libur Akhir Tahun, BSI Siapkan Uang Tunai Rp 12,2 Triliun

Kompas.com - 22/12/2023, 19:08 WIB

KOMPAS.com — PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI siap memfasilitasi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat yang diproyeksikan meningkat jelang akhir tahun.

BSI sendiri telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 12,2 triliun untuk menunjang kebutuhan masyarakat selama periode 22 Desember 2023–3 Januari 2024.

Wakil Direktur Utama BSI Bob Tyasika Ananta mengatakan, menjelang akhir tahun, perseroan akan mengoptimalisasi seluruh layanannya, baik yang berbasis e-channel, seperti ATM dan BSI Mobile, maupun layanan fisik di kantor cabang.

“Akhir tahun menjadi salah satu periode dengan traffic transaksi yang lebih tinggi dari biasanya. Oleh karena itu, BSI akan mengoptimalisasi layanan yang ada. Kami juga memastikan ketersediaan dana tunai, terutama pada mesin ATM, agar dapat memberikan layanan prima selama 24 jam dalam memenuhi kebutuhan nasabah,” ujar Bob dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (22/12/2023).

Bob menambahkan, jumlah uang tunai yang dialokasikan oleh BSI sudah disesuaikan dengan proyeksi kenaikan pengisian kas ATM sebesar 17,5 persen atau Rp 2,7 triliun.

Adapun jumlah transaksi per hari selama periode 22 Desember 2023–2 Januari 2024 diperkirakan mencapai Rp 225 miliar.

“Kami memperkirakan puncak transaksi tunai akan terjadi pada dua pekan terakhir jelang akhir 2023 hingga awal 2024 yang merupakan periode masa liburan. Maka dari itu, kami mengoptimalkan layanan, baik offline di kantor layanan terbatas, e-channel (ATM, BSI Net, BSI Mobile, BSI Smart), maupun layanan lain untuk melayani dan menjangkau nasabah,” terang Bob.

Bob pun mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan layanan digital BSI melalui ATM dan BSI Mobile yang dapat digunakan di mana pun dan kapan pun selama 24 jam.

Hal tersebut diperlukan agar transaksi finansial nasabah dapat berjalan secara real-time dan menjadi lebih efisien.

Terkait layanan offline, sebanyak 484 kantor cabang BSI tetap akan beroperasi. Namun, layanan ini akan beroperasi secara terbatas mulai pukul 08.00-14.00 waktu setempat selama periode 23 Desember 2023–1 Januari 2024.

Pemilihan lokasi operasional BSI pun akan difokuskan pada kantor cabang utama, terutama yang berada di lokasi strategis.

BSI telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 12,2 triliun untuk menunjang kebutuhan masyarakat selama periode 22 Desember 2023?3 Januari 2024. Dok. BSI BSI telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 12,2 triliun untuk menunjang kebutuhan masyarakat selama periode 22 Desember 2023?3 Januari 2024.

“BSI memiliki lebih dari 1.100 kantor cabang, 2.559 mesin ATM, dan layanan transaksi penarikan uang tunai melalui kerja sama dengan gerai Indomaret serta Alfamart di seluruh Indonesia. Untuk daerah yang jauh dari lokasi ATM, BSI memiliki lebih dari 92.000 Agen BSI Smart yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia,” jelas Bob.

Agen BSI Smart adalah kepanjangan tangan BSI untuk membantu nasabah agar mereka lebih mudah dalam melakukan transaksi keuangan, seperti tarik dan setor tunai, transfer antar-rekening dan antarbank lain, pembayaran PLN, pembayaran BPJS, serta pembelian pulsa.

Sebagai informasi, BSI meminta masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada dengan tidak memberikan data pribadi, PIN, OTP, dan dokumen penting lain kepada oknum yang mengatasnamakan BSI.

Nasabah dapat memastikan kebenaran informasi melalui BSI Call 14040, kantor cabang BSI, lamanwww.bankbsi.co.id, serta media sosial resmi BSI, seperti Instagram @banksyariahindonesia, Facebook Bank Syariah Indonesia, dan X @bankbsi_id.

Untuk informasi terkait layanan BSI, silakan kunjungi tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com