Advertorial

Mahasiswa Hukum Unpar dan Kemenpora Gelar Komunitas Fest dan Festival Entrepreneur 2023

Kompas.com - 23/12/2023, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) berkolaborasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Komunitas Fest 2023 x Festival Entrepreneur 3.0 di Cihampelas Walk, Bandung, pada Jumat (15/12/2023) hingga Minggu (17/12/2023).

Pada acara tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Bimo Nandito Ariotedjo menobatkan Unpar sebagai “Universitas Peduli Komunitas Pemberdayaan Pemuda”.

Ketua Panitia Festival Entrepreneur 3.0 sekaligus mahasiswa Jurusan Hukum Unpar angkatan 2021 Said Sadam Suwanda menuturkan, kerja sama Komunitas Fest 2023 dan Festival Entrepreneur 3.0 menjadi wadah bagi anak muda untuk mengeksplorasi dan mempromosikan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Terlebih, Bandung dikenal sebagai kota dengan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan komunitas anak mudanya yang beragam.

“Kerja sama tersebut sangat efektif untuk saling mendukung dan berkembang bersama,” ujar Sadam dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (23/12/2023)

Festival Entrepreneur 3.0, lanjut Sadam, memiliki fokus untuk mewadahi UMKM dalam mempromosikan produknya. Sementara itu, Komunitas Fest mewadahi berbagai komunitas untuk berkumpul dan menjalin relasi.

“Dengan begitu, kerja sama itu ditujukan untuk menaungi anak muda yang memiliki kegiatan positif,” tambahnya.

Sadam berharap, kolaborasi tersebut dapat menciptakan ekosistem yang lebih kuat bagi UMKM dan komunitas anak muda di Bandung. Pasalnya, acara seperti ini dapat mewadahi pertukaran kreativitas serta ide kreatif yang dimiliki oleh komunitas anak muda.

Sebaliknya, anak muda juga memperoleh kesempatan untuk belajar dari pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki pelaku UMKM.

Dengan demikian, kerja sama tersebut dapat menjadi lahan subur untuk inovasi karena anak muda sering kali membawa perspektif baru dan gagasan yang kreatif.

Menurutnya, perpaduan ide kreatif dan pengalaman serta keahlian dari pelaku UMKM dapat menghasilkan solusi inovatif untuk berbagai masalah atau kebutuhan pasar.

“Saya berhadap, kegiatan tersebut dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengadopsi konsep serupa. Sebab, Komunitas Fest dapat menaungi anak muda sekaligus memberikan wadah dan pengetahuan bagi UMKM di daerah tersebut,” tutur Sadam.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com