Advertorial

Bridgestone Indonesia Sabet 3 Penghargaan Emas pada Ajang TMC Kaizen Festival 2023

Kompas.com - 25/12/2023, 19:29 WIB

KOMPAS.com – PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) sukses meraih tiga Gold Medal pada kejuaraan 36th TMC Kaizen Festival (TKF) yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

Ketiga Gold Medal tersebut berasal dari kategori Group-Quality Control Circle (G-QCC), Suggestion System (SS) Leader, dan Quality Control Circle (QCC).

Untuk diketahui, ketiga kategori itu merupakan metode yang digunakan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, serta kualitas dari proses produksi yang sesuai dengan semangat Kaizen atau perbaikan yang dilakukan secara terus menerus.

Head of Kaizen and Standard Promotion Bridgestone Indonesia Bambang Kurniawan mengungkapkan rasa bangga terhadap hasil maksimal yang diraih tim perwakilan Bridgestone pada ajang 36th TKF.

Menurutnya, prestasi tersebut merupakan pencapaian luar biasa bagi tim yang telah bekerja keras dalam menerapkan solusi inovatif untuk meningkatkan proses produksi dan produk Bridgestone.

“Kaizen sudah lama menjadi bagian dari DNA Bridgestone. Kami akan terus berkomitmen terhadap perbaikan berkelanjutan untuk kepuasan pelanggan dan kemajuan masyarakat yang berporos kepada Bridgestone E8 Commitment,” ujar Bambang dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Minggu (24/12/2023).

Di luar ajang TKF, kata Bambang, aplikasi teknis dari pencapaian tim Bridgestone terbukti mampu meningkatkan efisiensi dalam mengurangi komponen yang tidak terpakai (waste) dengan mengeliminasi pemborosan, kesalahan, dan kerusakan yang terjadi dalam proses produksi.

Hal itu, imbuhnya, semakin memperkuat upaya perusahaan dalam memberikan produk-produk berkualitas bagi para pelanggan.

Pada TKF 2023, Bridgestone Indonesia mengirimkan tiga perwakilan di tiga kategori yakni, tim Kokimety untuk kategori G-QCC, tim B?The One untuk kategori QCC, and Mohammad Rizki untuk SS. Bridgestone berhasil meraih predikat 2nd winner untuk kategori QCC, mengalahkan 48 tim lain dengan total poin 93,42. dok. Bridgestone Indonesia Pada TKF 2023, Bridgestone Indonesia mengirimkan tiga perwakilan di tiga kategori yakni, tim Kokimety untuk kategori G-QCC, tim B?The One untuk kategori QCC, and Mohammad Rizki untuk SS. Bridgestone berhasil meraih predikat 2nd winner untuk kategori QCC, mengalahkan 48 tim lain dengan total poin 93,42.

Sementara itu, President Director Bridgestone Indonesia Mukiat Sutikno mengatakan, perbaikan terus-menerus, perencanaan yang matang, serta kualitas produk tinggi menjadi kunci keberhasilan Bridgestone Indonesia dalam meraih penghargaan emas di tiga kategori TKF.

Pencapaian tersebut, imbuhnya, sejalan dengan dua dari ‘Bridgestone E8 Commitment’ sebagai evolusi berkelanjutan perusahaan, yakni Efficiency dan Ease.

“Penghargaan ini juga menjadi kado penutup tahun yang manis serta motivasi untuk terus menerapkan prinsip-prinsip Kaizen dalam operasional manufaktur kami ke depan,” kata Mukiat.

Sebagai informasi, TKF merupakan kejuaraan tahunan yang diselenggarakan oleh Toyota Manufacturers Club (TMC) sejak 1987. Ajang ini bertujuan untuk mengevaluasi program QCC, memotivasi vendor dan pemasok Toyota, serta membangun hubungan kerja yang kuat dengan mereka.

Bridgestone Indonesia sendiri telah mengikuti ajang TKF sejak 2017 dan secara konsisten meraih penghargaan emas pada dua kategori, yaitu QCC dan SS.

Tahun ini, Bridgestone Indonesia mengirimkan tiga perwakilan di tiga kategori yakni, tim Kokimety untuk kategori G-QCC, tim B’The One untuk kategori QCC, dan Mohammad Rizki untuk SS.

Istimewanya, pada 2023, Bridgestone berhasil mengalahkan 48 tim lain dan meraih predikat 2nd winner untuk kategori QCC dengan total poin 93,42.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com