Advertorial

9 Tip Memilih Rumah Kontrakan Nyaman untuk Pengantin Baru

Kompas.com - 28/12/2023, 15:50 WIB

KOMPAS.com – Pemilihan tempat tinggal merupakan salah satu keputusan penting bagi pengantin baru.

Tinggal di rumah atau apartemen milik sendiri tentu menyenangkan. Namun, tidak semua pasangan bisa langsung memilikinya di awal pernikahan.

Oleh sebab itu, rumah kontrakan bisa menjadi pilihan untuk memulai kehidupan mandiri bersama, terutama jika dana tabungan belum mencukupi untuk membeli rumah sendiri.

Pemilihan rumah kontrakan harus dilakukan secara selektif dan tidak bisa sembarangan. Banyak hal mesti dipertimbangkan, mulai dari kontrakan terdekat dengan kantor atau rumah orangtua, fasilitas, harga, hingga faktor atau kondisi lingkungan.

Secara lengkap, berikut adalah tip memilih rumah kontrakan yang nyaman.

  1. Pilih lokasi strategis

Pilihlah rumah kontrakan yang dekat dengan tempat kerja, transportasi umum, serta fasilitas umum, seperti pasar, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan. Lokasi yang baik akan memudahkan mobilitas dan mengurangi waktu tempuh.

Pertimbangkan juga untuk memilih kontrakan terdekat dengan rumah orangtua. Dengan demikian, Anda dan pasangan bisa berkunjung secara mudah dan leluasa.

  1. Anggaran keuangan

Tentukan anggaran keuangan yang realistis untuk sebelum memilih rumah kontrakan. Pastikan pula bahwa biaya sewa serta biaya tambahan lain, seperti biaya pindah, tidak melebihi kemampuan finansial Anda.

Alokasikan juga sebagian anggaran untuk keperluan darurat atau perbaikan kecil yang mungkin diperlukan.

  1. Fasilitas dan kelengkapan

Periksa fasilitas dan kelengkapan rumah kontrakan sebelum menempatinya. Agar tidak repot, Anda dan pasangan bisa memilih rumah kontrakan yang sudah dilengkapi perabotan dasar, seperti tempat tidur, lemari, dan peralatan dapur.

Fasilitas lain, seperti instalasi listrik, air, dan WiFi, juga perlu diperiksa agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

  1. Keamanan lingkungan

Keamanan lingkungan merupakan faktor penting dalam hunian, terutama bagi pasangan baru. Sebelum memilih kontrakan, cari informasi mengenai tingkat keamanan di sekitar kontrakan, misalnya terkait keberadaan sistem keamanan yang memadai dan keadaan lingkungan pada malam hari. Periksa juga biaya yang wajib dikeluarkan untuk membayar sistem keamanan lingkungan.

  1. Kondisi bangunan

Perhatikan kondisi fisik bangunan secara keseluruhan. Pastikan tidak ada kerusakan, kebocoran, dinding lembap, rayap, dan hal lain yang dapat mengganggu kenyamanan Anda.

Periksa pula seluruh instalasi yang tersedia serta pastikan bahwa bangunan tersebut memenuhi standar keamanan dan kesehatan.

Kemudian, pilih kontrakan yang mendekati ekspektasi Anda dan pasangan sehingga nyaman ditempati dalam jangka waktu yang diinginkan.

  1. Aturan kontrakan

Sebelum menandatangani kontrak, baca dengan teliti aturan sewa hunian kontrakan. Pastikan Anda memahami semua ketentuan yang berlaku, termasuk masa kontrak, biaya tambahan, dan kewajiban sebagai penyewa.

Jika perlu, lakukan negosiasi dengan pemilik rumah kontrakan jika Anda dan pasangan menginginkan kesesuaian kontrak sebelum menyetujuinya.

  1. Kebijakan hewan peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, tanyakan terlebih dahulu kebijakan terkait hewan peliharaan kepada pemilik rumah kontrakan tersebut.

Beberapa tempat mungkin memiliki aturan ketat terkait hewan peliharaan. Cek juga jika lingkungan setempat mungkin terganggu dengan hewan peliharaan yang Anda miliki.

  1. Ketentuan pembatalan kontrak

Perhatikan ketentuan pembatalan kontrak dan konsekuensinya. Pada situasi tertentu, Anda mungkin perlu meninggalkan kontrakan sebelum masa waktu berakhir.

Pastikan Anda memahami konsekuensi dan ketentuan pembatalan yang berlaku agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

  1. Cek ulasan penyewa sebelumnya

Jika mencari rumah kontrakan melalui platform atau website properti, Anda bisa menemukan ulasan penyewa sebelumnya. Ulasan ini dapat menjadi informasi berharga sebelum menempati kontrakan tersebut.

Itulah sembilan tip memilih rumah kontrakan terdekat untuk hunian bersama pasangan. Guna memudahkan pencarian rumah kontrakan, Anda bisa memanfaatkan platform jual-beli properti Pinhome.id.

Platform tersebut menyediakan berbagai rekomendasi rumah kontrakan, rumah baru, atau rumah second.

Selain itu, Pinhome.id juga menyediakan fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan hunian, seperti fitur kalkulator untuk menghitung anggaran beli rumah sesuai pemasukan, filter pencarian yang memudahkan Anda memilih rumah sesuai kebutuhan, dan panduan transaksi pembelian hingga perawatan rumah (home service).

Tersedia juga fitur konsultasi untuk calon pembeli pertama, pengaturan jadwal kunjungan ke lokasi properti, serta fitur home financing yang berupa panduan pembiayaan dan simulasi kredit pemilikan rumah (KPR), baik dengan sistem syariah maupun konvensional.

Pinhome.id merupakan solusi terbaik untuk cari, jual, cicil, dan rawat rumah agar nyaman dihuni oleh Anda dan pasangan. Pinhome bikin Anda jadi #PintarUrusanHunian.

Yuk, temukan rumah kontrakan terdekat yang sesuai dengan kriteria Anda di Pinhome.id sekarang juga!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com